berita, budaya, cinta tanah air, hobby, kemanusiaan, keseharian, lingkungan hidup, motivasi, pariwisata, pemerintahan, pendidikan, penghargaan, renungan, sejarah

Kevin Jonathan: Hidup Untuk Melayani Sesama


Kecintaan (baca: hobi) manusia bermacam-macam. Dan (manusia) terbaik adalah mereka yang bisa memanfaatkan kecintaannya bagi kemaslahatan umat.

Kevin Jonathan (17), di usianya yang terhitung masih belia, telah menjadi Ketua Umum Komunitas Railfans DAOP 9 (KRD9) –sebuah komunitas bagi para penggila kereta api di wilayah Pasuruan hingga Banyuwangi. Ia mengaku, kecintaanya pada kereta api telah turut mendewasakan pribadinya. Berbagai pengalaman ia dapatkan, mulai dari menumbuhkan sikap kepemimpinan, tenggang rasa dan rasa kekeluargaan di dalam komunitas, hingga kepeduliannya pada sesamanya, pada lingkungan sekitar, dan melatih kemapuannya dalam berkomunikasi.

4b64c8ca-c9bc-4c73-90e3-b37acb121bbf

Di postingan kali ini, saya mengangkat profilnya. Profil anak muda yang karena kegilaannya pada kereta api, mengantarnya sebagai satu-satunya anak muda asal Probolinggo yang diundang oleh Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro, untuk buka puasa bersama, Juni 2017 lalu. Tak hanya itu, ia pun sempat bertemu Ignasius Jonan, kala Jonan masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan RI.

Ya, berkat kecintaan dan terobosan program-programnya di jawatan kereta api DAOP 9, ia telah banyak diwawancarai media. Koran, radio dan TV-TV swasta (sebut saja Kiss FM, Net TV, Metro TV, TV One, RCTI, Indosiar, Trans 7, Jember TV, dan Pro TV) terhitung bergantian memprofil sosok maupun kegiatan sosialisasi yang dilakukannya. Dan… kini giliran saya, mewawancarainya.

Apa yang membuat Kevin mencintai kereta api?

Waktu kecil, rumah saya terletak di pinggir rel kereta api (Ngagel, Surabaya, red.). Sehingga setiap sore, saya main di dekat rel kereta. Menyaksikan kereta api yang berlalu lalang. Pindah ke Sidoarjo pun sama, meski jauh dari rel kereta, rumah saya malah dekat dengan stasiun. Dan… saat akhir pekan datang, entah kenapa, saya selalu meminta ayah untuk dinaikkan kereta api. Bertamasya dengan kereta api. Kereta komuter Porong – Surabaya yang dulu harganya masih murah, masih 2 ribu rupiah sekali naik.

Bagaimana sejarahnya hingga bertemu kawan-kawan dari KRD9?

Setelah pindah ke Probolinggo di 2009, saya baru bertemu dengan komunitas para pecinta kereta api di tahun 2013. Saat itu usia saya sudah 13 tahun, SMP kelas 8. Ketika itu, saya diberitahu oleh pegawai stasiun bagian sarana prasarana, namanya Pak Didik. “Itu lho ada komunitas pecinta kereta api.” Bahkan saya mendapatkan nomer ketuanya, Mas Arif, dari Pak Didik. Di sanalah saya berkenalan dengan Rama, Aldian, Raka, Didin, Mas Arif dan Mas Yudistira.

Apa yang memotifasi Kevin menolong orang? Melakukan sosialisasi apapun tentang kereta api? Padahal ga dibayar, kok mau-maunya sih?

Agar punya pengalaman untuk melayani orang lain. Karena saya belajar banyak dari kecintaan saya ini. Saya merasa, saya bukan siapa-siapa tanpa mereka (komunitas KRD9, red.). Jadi saya ingin berbagi mengenai informasi atau ilmu yang saya miliki, kepada mereka para pengguna jasa layanan kereta api agar tidak disalahpahami. Seperti, kereta api bukanlah sasaran pelemparan batu, sayangi nyawa Anda, atau ini kereta, alat transportasi masal, alat tranportasi umum, bukanlah kendaraan pribadi Anda, sehingga mari dijaga bersama.

Selain tiket kereta, foto-foto serta video, sampai saat ini, koleksi apa sih yang paling berkesan bagi Kevin mengenai kereta?

Saya punya terompet langsir. Pemberian seorang pegawai kereta saat saya masih tinggal di Sidoarjo.

9ad61532-8156-4568-8841-5340b6c04b76
Kevin bersama Edi Sukmoro, Direktur Utama PT KAI

Kereta apa yang belum pernah Kevin naiki? Dan kereta apa yang menurut Kevin sangat berarti? Kenapa?

Saya belum pernah naik KA Sriwijaya. Itu jurusannya dari Tanjung Karang ke Kertapati, Sumatra Selatan. Juga KA Sribilah, Sumatra Utara. Kalau yang bagi saya berarti adalah KA Mutiara Timur. Jurusan Banyuwangi – Surabaya. Sebab, satu-satunya kereta api ekspres di DAOP 9.

Dari tadi selalu DAOP 9, selalu Probolinggo, kenapa seorang Kevin selalu membanggakan Probolinggo? Padahal lahirnya kan tidak di sini. Seberapa berarti sih Probolinggo ini bagi seorang Kevin?

Sebab saya besar di Probolinggo. Secara pribadi saya merasa bahwa saya orang Probolinggo. Saya tumbuh di sini, saya punya banyak kenalan di sini, punya banyak link, membangun KRD, itu semua berkat kawan-kawan di Probolinggo.

Apakah juga termasuk cinta pertama?

(Kevin hanya tersenyum)

Sebutkan 3 hal yang menggambarkan seorang Kevin?

Profesionalitas, kerjasama dan dedikasi tinggi.

Buku apa yang sedang Kevin baca saat ini?

Kalau saat ini saya sedang menamatkan sebuah komik. Tapi, buku yang paling saya suka berjudul Jonan dan Evolusi Kereta Api. Saya sangat suka buku itu karena memotivasi saya untuk lebih dewasa. Sikap keras Jonan untuk merubah wajah perkeretaapian Indonesia, yang semula Jonan pun sebenarnya ragu akan kebijakannya, tapi dia bisa menyembunyikan hal tersebut dan berhasil untuk membuktikannya. Meski dimusuhi, ia tidak gentar untuk mewujudkan mimpinya. Ya, mewujudkan wajah perkeretaapian Indonesia saat aman, tertip dan nyaman. Hal itulah yang kita semua inginkan, kan?

2d7f302e-e614-48d4-bd2e-8709bdca2245
bersama Ignasius Jonan, Menteri Perhubungan kala itu (sekarang Menteri ESDM)

Ngomong-ngomong soal akhir masa jabatan sebagai ketua umum KRD9, agenda apa yang akan Kevin dan kawan-kawan lakukan dalam waktu dekat ini?

Kita ada kegiatan di INKA, Madiun. 21 Desember (2017, red.) nanti. Edukasi mengenai pembuatan kereta api yang akan dilaksanakan mulai pukul 8 pagi. Tujuannya ya agar teman-teman ini mengerti dan mengenal bahwa kereta api itu tidak impor. Bahwa di Indonesia sendiri ada anak-anak muda yang prestasinya begitu luar biasa. Membuat sendiri, baik itu gerbong maupun lokomotif kereta api. Setelah dari INKA kita silaturahmi dengan jajaran humas DAOP 7 dan Railfans Pecel +63 Madiun.

 

d7fcd419-7521-45e7-b8e8-81aca625334c
bersama KRD9 pada peringatan HUT RI…

Sebagai informasi, di masa jabatan Kevin Jonathan saat masih sebagai Korwil Probolinggo (2015-2016), jumlah relawan Railfans bertambah, dari yang semula 7 orang, menjadi 12 orang. Saat dipercaya sebagai Ketua Umum KRD9, berbagai program telah diikuti dan dilaksanakan oleh putra pertama pasangan Deka Mintorejo dan Junita Indrawati ini. Mulai dari pengibaran bendera di setiap kereta api yang melitasi Stasiun Probolinggo di 17 Agustus 2, sosialisasi bahaya menerobos perlintasan kereta, sosialisasi bahaya pelemparan kereta, aksi penghijauan di Stasiun Probolinggo saat ultah ke-8 KRD9 (2017), pameran foto, dan… pembukaan posko mudik dan angkutan natal. Yang terbaru, Kevin yang kini duduk di kelas 12, SMAK Mater Dei Probolinggo ini juga memberikan informasi pada masyarakat saat terjadi bencana banjir di Porong-Sidoarjo, yang mengakibatkan jalur kereta Probolinggo-Surabaya terputus. Sukses selalu, Vin! Seperti katamu, hidup adalah untuk melayani sesama, itulah arti menjadi pribadi yang dewasa. (stebby julionatan)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s