BELLE


Saya sampai dua kali datang ke Pasuruan, hanya untuk menonton Beauty and The Beast. Ya, kisah Belle, seorang putri petani yang diperankan oleh Emma Watson ini seolah mewakili keadaan saya: Terkukung di sebuah kota kecil!
.
Belle dikisahkan tinggal di pinggiran kota Paris, ia akrab dengan buku, namun hal itulah yang justru membuatnya tampak aneh di mata penduduk desanya. Ya, di kala gadis lain gemar berdandan, dia gemar membaca dan berkhayal. Di kala anak-anak perempuan seusianya mengalami kekhawatiran akan pasangan hidup –hingga berebut perhatian Gaston, ia malah menolak Gaston mentah-mentah. She want more! Ia ingin sesuatu yang lebih dari sekedar kehidupan “provincial life”.
.
So do I.
.

 

Hopeless. Tak ada yang bisa ia harapkan dengan kondisi masyarakat di kampungnya yang demikian terpencil. Bahkan ia sempat diusir dari tempat cuci umum hanya karena mengajar anak gadis lain membaca.
.
Memang, hidup saya tidak sedramatik Belle, tapi saya rasa masih sama anehnya. Saya memang masih bisa melihat wajah “dunia” menlalui internet dan gawai yang saya miliki, tapi justru lewat internet dan gawai itulah yang membuat saya semakin geregetan, semakin gemas memandang hidup saya. I want something more. Saya ingin sesuatu yang lebih!
.
Saya enggan membicarakan masalah jodoh, pasangan hidup… atau bahkan pernikahan meski usia saya sudah kepala tiga. I want more! Kalau ditanya, “Apa yang kamu tunggu?” Dalam hati saya hanya bisa menjawab (mungkin lebih tepatnya berteriak), “Saya ingin menjadi sastrawan terbaik dunia!” “Saya ingin penghargaan Nobel Sastra!” (Ya, silahkan tertawa)
.
Dalam contoh kecil, saya ingin kota saya Probolinggo bisa seperti Surabaya, Jogja atau Jakarta. Dimana saya tak perlu repot-repot atau bahkan jauh-jauh berkendara pakai motor hanya untuk nonton film di bioskop, hanya karena di kota sendiri tidak ada. Saya ingin bisa ngemall, beli barang-barang branded dan nenteng banyak buku dari Gramedia. Langsung! Tanpa terlebih dahulu memesan via onlineshop-onlineshop yang bertebaran di FB dan instagram. You know, nenteng langsung beda kalik rasanya sama beli lewat online shop!
.
Saya ingin apa saja yang membuat saya lebih pintar!
.
Saya ingin kuliah. Saya ingin melihat pertunjukan-pertunjukan… baik drama, sendratari maupun konser musik. Saya ingin mendatangi forum-forum sastra, diskusi-diskusi filsafat terbaik, bahkan kelas memasak. Saya ingin ikut seminar, ikut yoga, ikut pelatihan ini itu yang membuat saya bersemangat dan menyenangkan. But, I am trap as Belle…
.
So, what can I do?
.
Dalam contoh kecil, kembali ke soal film misalnya, kalau lagi tidak bisa keluar kota, maka yang saya lakukan adalah memesan hasil download’an. Padahal saya tahu, bahwa mendownload film di ganool atau nontonfilm itu pekerjaan ilegal. Dan yang ilegal ini rupanya selama ini secara sadar saya lakukan dan menjadi budaya. How come?
.
Lantas bagaimana? Apakah aku hanya bisa ngersulo saja melihatnya sambil terus melakukan perbuatan ilegal itu?
.
Pernah sampaikan dalam tulisan saya sebelumnya, Pindahkan Kota Roma. Banyak jalan menuju Roma, namun jika Roma sulit digapai, nggak sampai-sampai, maka satu-satunya hal yang harus saya lakukan adalah memindahkan romanya ke sini! Ke Probolinggo!
.
Tapi rupanya saya seperti Bandung Bondowoso. Saya perlu bantuan seluruh pasukan jin untuk membangun seribu candi dalam semalam. Untuk membangun kota ini menjadi kota yang saya cita-citakan, saya perlu bantuan seluruh warga masyarakat Kota Probolinggo.
.
As Belle, I need a miracle to break the curse. And a miracle, just come tho those who carry and believe as a return. And love… love what you done. Begitulah keajaiban bekerja.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: