MASUKI TAHAP PERTAMA


Pemilihan Duta Wisata Kang Yuk Kota Probolinggo 2014 memasuki seleksi tahap pertama. Selasa (26/8) lalu, bertempat di GOR Mastrip, sebanyak 344 kontestan tampak sangat antusias mengikuti ajang tahunan yang digelar pemkot setempat. Sejak pukul 07.00 WIB, mereka mengantri di depan meja registrasi untuk diukur postur serta tinggi badannya, termasuk melengkapi segala persyaratan administratif.

Selanjutnya, setelah pengukuran postur dan tinggi badan, di dalam gedung peserta sudah dinanti oleh para dewan juri yang terdiri dari senior Kang Yuk dan para juri profesional. Satu per satu mereka menjalani tes wawancara, yang meliputi: komunikasi, pengetahuan umum, budaya dan pariwisata, Bahasa Inggris, psikologi dan unjuk talenta.

““Tahun ini (pesrtanya, red.) memang yang terbanyak,” ujar Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Dispobpar) Awitya Hariyanto yang ditemui Link Go di sela-sela acara.

Masih menurut Awit (panggilan Awitya, red.), pemilihan Kang Yuk merupakan salah satu agenda tahunan pemkot yang bertujuan untuk memilih putra-putri remaja terbaik Kota Probolingo yang kreatif, percaya diri, memiliki karakter dan jati diri yang kuat, berpengalaman serta ditujang oleh penampilan yang baik untuk bisa menjadi seorang public speaker yang profesional.

“Setelah melalui seleksi yang ketat, maka akan dipilih 52 peserta sebagai semifinalis. Dan dari 52 pesera akan dikerucutkan kembali hingga 20 besar. Yakni 20 orang finalis yang akan masuk ke karantina. 10 peserta pria dan 10 peserta wanita, “ jelas Awit.

Lebih lanjut, Awit menyampaikan, para peserta pemilihan Kang Yuk ini, selama karantina akan diberikan bekal berbagai ilmu pengtahuan, khususnya di bidang pariwisata. Grand final Kang Yuk 2014 akan diselanggarakan pada 6 September mendatang. Akan diambil 5 pasang terbaik. Juara I, Runner Up 1 dan Runner Up 2, Kang dan Yuk Persahabatan, serta Kang dan Yuk Favorit.

“Para duta wisata ini akan menjadi figur yang dapat berperan aktif dalam mempromosikan kekayaan seni, budaya dan pariwisata Kota Probolinggo, serta memiliki kepedulian tinggi dan bersedia berperan serta aktif dalam setiap program atau kegiatan yang bertujuan untuk memajukan Kota Probolinggo,” terang pria yang murah senyum ini.

FINALIS KANG

Galih Surya Waskita (Universitas Brawijaya)
Hugo Aditya B. C. (SMAK Materdei)
Haidar Ali (SMAN 4)
Tanto Iswantono (SMAN 2)
Rizkyantana Faisal Zuhri (Apotek Bromo)
Satria Yudha (Universitas Brawijaya)
Fandy Mayoda Ade Halim (Universitas Panca Marga)
Gizzak Machfud (SMKN 1)
Naufal M. Jundan (SMAN 2)
Afit Gunawan Surya (SMAN 1)

FINALIS YUK

Rif’atus Zakiyah (SMAN 1)
Allesandra Aisyah Adianatha (Universitas Brawijaya)
Agnes Serafane Antoni (SMAK Mater Dei)
Fransiska Mayanti Deviana (SMAK Mater Dei)
Juzhinta Pramesti Nurviandini Wirawan (SMAN 1)
Kirana Dewa A. R. (SMAN 2)
Devita Restu Anggraeni (Universitas Negeri Malang)
Shinta Dian Oktaviani (SMAN 1)
Manis Dwi Yuliani (SMKN 3)
Chynthia Febriana Rijadi (KSU Bina Mitra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: