PUNYA SKATE PARK SENDIRI


Semoga punya skate-park. 14 tahun merintis skate-park tak digubris. Begitulah bunyi spanduk berukuran 6×1 meter yang dibentangkan di Museum Probolinggo pada acara kompetisi skater bertajuk This is June 21, yang digelat untuk memeriahkan event Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) 2014, Sabtu (21/6) lalu.

“Paling tidak dengan acara ini, di Semipro kali ini, kami para skaters merasa mendapatkan tempat. Kami mengucapkan terima kasih kepada Dispobpar (Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata, red) dan Pak Kukuh (sekarang Sekretaris Dispobpar, red.) yang telah mewadahi aktivitas dan aspirasi kami,” ungkap jelas Imron Marta Dhoni, koordinator kompetisi ini, kepada Link Go. “Ya, meski impian untuk memiliki skate-park terhitung masih jauh,” imbuhnya kemudian.

Memang, suasana museum yang terletak di Jalan Suroyo tersebut tak seperti biasanya. Sejak pukul 11 siang, para skater yang memadati halaman Museum Probolinggo tersebut tampak tiga kali lipat dari biasanya. Mereka tak hanya berasal dari Probolinggo, tapi juga dari Bondowoso, Situbondo, Jember dan Banyuwangi. Mereka tengah melakukan persiapan dan pemanasan sebelum kompetisi dimulai. Tak khayal, persiapan mereka mengundang kerumunan masyarakat untuk melihat.

Lasntas kenapa acaranya bertajuk This is June 21? Kepada Link Go, Dhoni, panggilan akrab Imron Marta Dhoni menjelaskan bahwa bertepatan hari itu, 21 Juni, merupakan Hari Skateboard Sedunia.

Seperti diketahui, rangkaian kegiatan hari itu diawali dengan pawai keliling kota yang diikuti tak hanya oleh skaters tapi juga oleh para komunitas extrim sport lain sepertiBMX, low rider dan fixie. Rute yang dilalui adalah Jalan Suroyo, dr. Sutomo, A. Yani dan Panglima Sudirman.

“Sebelum kompetisi, kami melakukan konvoi, keliling Kota Probolinggo sambil membagikan stiker. Dari Jalan Suroyo melewati dr. Sutomo, A. Yani, Panglima Sudirman dan kembali lagi ke komplek Museum Probolinggo. Kompetisi kami gelar di depan Kantor Walikota Probolinggo,” jelas lelaki kelahiran 27 maret itu.

Laki – laki berbadan besar itu menjelaskan bahwa jumlah peserta skater yang berpartisipasi lebih dari 40 orang. “Peserta kompetisi ini lebih dari 40 orang. Dan memang spesial, bertepatan dengan Semipro 2014, kali ini event ini diadakan di Probolinggo. Tahun kemarin di Jember. Pokoknya diundi secara bergantian.”

Masih menurut Dhoni, ada 7 kompetisi yang dilakukan di depan Kantor Walikota Probolinggo yang juaranya diborong oleh pe-skater asal Kota Probolinggo. Kompetisi High Ollie 10 Board (lompatan tertinggi) dan Long Ollie (lompatan terjauh) dimenangkan oleh Aldho. Game of Skate (trik terbaik), Best Trick Box (trik box terbaik) dan Best Trick Rail (trik rel terbaik) diraih oleh Verdy. Untuk Long Jump diraih David, dan Tic Tac Race dimenangkan oleh Dion.

“Hadiah yang dibawa pulang oleh para juara adalah sebuah piagam dan merchandise. Jadi ada 7 piagam dan 7 merchandise yang kami bagikan hari ini,” ujar Dhoni.

Disamping menyemarakkan Semipro 2014 dan memperingati Hari Skateboard Sedunia, kepada Link Go Dhoni juga menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengembangkan potensi para pencinta skateboard di Kota Probolinggo. Baik para anggota lama, maupun bibit-bibit baru.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kota Probolinggo yang telah mendukung kegiatan ini. Semoga kegiatan positif seperti ini selalu mendapat perhatian dan dukungan. Dengan harapan, kita para skater mendapatkan persetujuan dalam mengajukan permohonan tempat khusus untuk berlatih skater. Skater Park,” pungkasnya. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: