IMPIAN MEMILIKI PTN SEGERA TERWUJUD


Impian warga Kota Probolinggo untuk memiliki perguruan tinggi negeri (PTN) di kotanya sendiri akhirnya terwujud. Hal ini seperti yang dijelaskan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangundan Daerah (Bappeda) Kota Probolinggo, Imanto di ruang kerjanya pada Jumat (30/5) lalu, “Tahun ini Kota Probolinggo akan memiliki Akademi Komunitas.”

Akademi Komunitas, lanjut Imanto, adalah istilah sejenis sekolah lanjutan. Setara perguruan tinggi atau universitas keenam yang diakusi oleh Dikti, di bawah Poltek. Yang menyelenggarakan pendidikan setingkat D2 yang lulusannya memang diarahkan sebagai tenaga kerja yang siap dan terampil.

Sesuai dengan UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, Akademi Komunitas didefinisikan sebagai perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang ilmu dan/atau teknologi tertentu berbasis keunggulan lokal untuk memenuhi kebutuhan kusus.

“Dengan kata lain Akademi Komunitas didirikan sebagai bentuk respon terhadap tingginya permintaan, baik dari masyarakat maupun perusahaan, akan tenaga kerja madya. Tenaga kerja di bidang manajerial. Permintaan inilah yang perlu kita respon dan kita beri kesempatan melalui pendidikan vokasi Akademi Komunitas,” lanjut pria kelahiran Surabaya, 31 Desember 1959 ini saat dimintai keterangan oleh Link-Go seputar Akademi Komunitas.

Imanto yang siang itu didampingi oleh Kasubid Pendidikan Kesehatan Kebudayaan dan Kesejahteraan Rakyat (PK Kesra) Wiwik Susilowati juga menjelaskan bahwa Jumat hingga Minggu (2-4/5) lalu, Kota Probolinggo telah didatangi oleh Tim Verivikasi Pendirian Akademi Komunitas untuk melakukan penilaian (visitasi). Mereka menilai kesiapan Kota Probolinggo di seputar status lahan, gedung, lokasi perkuliahan, pembiayaan operasional dan juga dukungan industri untuk menyerap lulusan Akademi Komunitas selama 3 tahun mendatang.

Wiwik menambahkan bahwa di tahun 2014 ini ada 52 proposal dari kota/kabupaten di seluruh Indonesia yang mengajukan daerahnya untuk dapat dibangun Akademi Komunitas.

“Jadi sampai sekarang kami belum tahu jurusan yang bakal ada. Semua masih menunggu hasil pengumuman visitasi, Juni ini,” jawab Wiwik ketika ditanya soal jurusan apa yang bakal ada di Akademi Komunitas Kota Probolinggo.

Tujuh jurusan yang diusulkan oleh Pemkot Probolinggo adalah: Jurusan Perhotelan, Jurusan Otomotif, Jurusan Perkayuan Industri, Jurusan Teknologi Perikanan Tangkap, Jurusan Pengolahan Pemanfaatan Sampah Limbah, Jurusan Teknologi Informasi dan Jurusan akutansi.

“Kita sudah masuk 20 besar dari hasil visitasi kemarin. Doakan saja semua prosesnya dapat berjalan dengan lancar,” harap perempuan asal Magetan, 11 April 1965 itu.

Imanto juga sempat menyinggung soal studi bandingnya ke Biltar sekitar April lalu, “Di sana kami belajar mengenai kesiapan pemkotnya. Tapi bedanya, ketika mereka (Kota Kediri, red.) mengajukan proposal 2 tahun lalu, program Akademi Komunitas tidak melalui proses seleksi seperti yang sekarang ini kita jalani. Istilahnya, glontoran langsung. Mungkin karena tidak banyak kota/kabupaten yang merasakan manfaat pentingnya memiliki Akademi Komunitas ini. Tidak seperti sekarang.”

“Saya berharap dengan dibukanya Akademi Komunitas, SDM-SDM terbaik di ini tidak perlu keluar jika mereka ingin meningkatkan kompetensinya. Selain itu, semoga lulusan dari Akademi Komunitas Kota Probolinggo dapat bersaing, memenuhi permintaan perusahaan atau dunia industri akan tenaga madya,” harap pria yang diamanahi untuk memimpin Bappeda sejak 12 Desember 2013 ini.

Sebagai bentuk dukungan industri, beberapa perusahaan yang siap menampung lulusan Akademi Komunitas, di antaranya: PT. KTI, Hotel Bromo View, PT. Eratex Djaja, Bee Jay, Bank Jatim, BRI, PT. SKI dan Indofood. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: