FOKUS DI BIDANG PENDIDIKAN


Setelah Bertamu (Bertatap Muka dengan Masyarakat) terkait dengan bantuan, pupuk bersubsidi dan limbah pabrik, agenda Walikota Probolinggo Hj. Rukmini Buchori berikutnya lebih fokus di bidang pendidikan. Pada helatan Walikota Bertamu jilid 2 yang dilaksanakan Selasa (6/5) lalu, Walikota Rukmini menyidak beberapa sekolah guna menanggapi keluhan warga yang sempat diutarakan melalui radio Suara Kota pada program Walikota Membara (Membangun Bersama Rakyat), Selasa, 22 April lalu.

“Saya berharap sekolah-sekolah ini punya kebijakan lebih, atau inovasi, untuk mengutamakan pendidikan anak kurang mampu. Minimal 20 % dari jumlah total siswa,” terang walikota kelahiran 13 Janurai 1967, menjelaskan tujuannya melaksanakan sidak siang itu.

SDN Wonoasih 1, SMKN 2, SMKN 1 dan SMAN 1 adalah sekolah-sekolah yang sempat mendapatkan inspeksi langsung walikota tersebut.

“Bapak saya pengen tahu jumlah murid di sini berapa? Jumlah gurunya berapa? Dan muridnya yang kurang mampu berapa?” Tanya Walikota Hj. Rukmini pada Kepala SMKN 1, Didik Purwandi.

Didik memaparkan bahwa dari total 1082 siswa SMKN 1, terdapat 641 siswa yang berasal dari keluarga menengah sejahterah dan 439 siswa dari keluarga pra-sejahterah.

“Kami mendasarkannya kriteria tersebut bedasarkan kriteria BPS,” jelas Didik kepada Walikota Rukmini yang saat itu didampingi rombongan dari Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum dan DPPKA.

“SPP di sini tidak ada. Gratis. Tapi dana penunjang pendidikan sebesar Rp. 1.250.000 per siswa yang bisa dibayarkan dengan cara mencicil sampai kelulusan,” imbuh mantan kepala SMKN 4 yang mulai Januri 2014 ini didaulat untuk memimpin SMKN 1.

Lain di SMKN 1, lain pula kebijakan yang diterapkan di SMAN 1. Menurut pemaparan H. Abdullah, Kepala SMAN 1, dari 1591 siswa ada 107 siswa yang mendapatkan Bantuan Keluarga Sehat Mandiri (BKSM) senilai Rp. 65.000,- per bulan dan 17 siswa yang mendapatkan Beasiswa Siswa Miskin (BSM) senilai Rp. 1.200.000,- per tahun.

“3 siswa yang dibebaskan dari SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan, red.),” jelas Abdullah. (tby)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: