TOUR DE PROBOLINGGO BERSAMA IMPROSES


Perkenalan Link-Go dengan IkatanMahasiswa Probolinggo di ITS, PPNS dan PENS (Improses) bermula ketika mereka lolos menjadi 10 besar finalis dalam lomba blog yang diadakan oleh Diskominfo. Di dalam lomba blog tingkat nasional yang dihelat pada medio November 2013 tersebut, Improses akhirnya meraih peringkat ketiga atas nama Faiqoh Agustin, Ainil Karomah dan Roys Dirgantara.

improses1

Blog bagi Improsess merupakan alat juang. Bagian dari sarana propaganda anak-anak muda ini untuk memperkenalkan Probolinggo Raya (wilayah Kota dan Kab. Probolinggo, red.)

“Selain lahir sebagai penguat tali silaturahmi, IMPROSES juga dibentuk sebagai wadah kontribusi Mahasiswa Probolinggo untuk mengenalkan Probolinggo,” jawab Roys Dirgantara, Ketua Improses, ketika ditanya Link-Go, Senin (17/2) kemarin, mengenai tujuan Improses.

Rupanya aksi ikatan mahasiswa yang terbentuk sejak 2010 ini lebih nyata ketimbang tuliskan-tulisan mereka dalam blog (baca: probolinggozone.blogspot.com). Terhitung berbagai kegiatan kemanusiaan dan kepariwisataan untuk memperkenalkan Kota Proboliggo ke kancah yang lebih luas telah mereka lakukan, seperti: keikutsertaan dalam ITS Expo, membangun micro hydro untuk masyarakat di Tiris, sumbangan buku bacaan untuk anak-anak sekolah di Gili, sampai membantu pemasaran home industri asal Probolinggo.

“Melalui beberapa event yang bertemakan kedaerahan, kami berharap bisa menjadi duta dalam mempublikasikan dan mempromosikan kebudayaan dan kekayaan alam, juga potensi wisata yang ada di Probolinggo. Awalnya emang hanya kepada teman-teman kami di Surabaya saja. ” imbuh pemuda kelahiran 25 Oktober ini.

Tour De Probolinggo

Awal bulan lalu, tepatnya dari tanggal 1 hingga 4 Februari 2014, Improses menggelar acara yang bertajuk Tour De Probolinggo. Sebuah kegiatan yang mengajak para mahasiswa dari seluruh Indonesia, di antaranya: UI, ITB, UGM, UNSU, dan lainnya melalui proses seleksi untuk berkunjung ke Probolinggo.

“Semenjak ajang lomba blog, kami lebih tertantang lagi untuk membuat kegiatan yang imbasnya lebih luas lagi,” ujar Ainil Karomah, “Tak perlu menunggu nanti. Apa yang bisa kami lakukan sekarang bagi kota kami tercinta.”

Tercatat Bromo, Bremi, Gili telah mereka “jual” dalam acara tersebut. Untuk Kota Probolinggo, rombongan pesertaTour De Probolinggo mengunjungi Museum Probolinggo, Museum Dr. Saleh, Gereja Merah dan eco-wisata Bee Jay Mangrove.

“Semoga kekeluargaan ini tidak putus sampai di sini. Semoga merupakan awal silaturahmi yang nantinya akan berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya. Dan semoga pihak Pemerintah Probolinggo, baik Pemkot maupun Pemkab, mendukung kegiatan ini. Karena selain memperkenalkan destinasi wisata di Probolinggo, juga bermanfaat karena ada aksi penyelamatan lingkungan didalamnya,” pungkas Roys mengakhiri wawancaranya dengan Link Go. (tby)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: