Ngangenin!


Kalau ada yang meminta saya untuk mendeskripsikan Probolinggo dalam satu kata, hanya satu yang paling cocok: Ngangenin!

 Ngangenin! Tagline itulah yang “dijual” oleh Retno Palupi Primawestri dalam Lomba Blog Nasional Pemkot Probolinggo 2013. Dan berkat tagline yang berani itu, Retno berhasil menyisihkan 40 kontestan lainnya dan menjadi jawara pertama di kategori Mahasiswa / Umum.

“Karena blog ini bikin lapar,” canda Yeti Kartikasari, salah satu anggota Dewan Juri, saat menjawab pertanyaan Link-Go, kenapa darmedusa.blogspot.com  milik Retno dipilih menjadi juara, pada Kamis (12/12) lalu melalui sambungan telepon.

Jadi begini, lanjut Yeti mendadak serius. Kenapa blog ini menang? Karena orisinal. Artinya, isi blognya adalah hasil pengalaman dari si blogger sendiri dan punya keunikan dibanding yang lainnya. Mengangkat kuliner. Siapa sih yang ga suka kuliner? Blog ini mampu menjembatani keinginan banyak orang yang pengen makan enak khas Probolinggo tanpa harus jauh-jauh ke Probolinggo. Cukup baca blog ini, sudah merasakan sensasi dan akhirnya menarik orang untuk datang berkunjung ke Kota Probolinggo.

“Satu lagi, blog ini berani menjual satu tagline yang mudah diingat. Ngangenin!,” ujarnya cepat.

“Dibandingkan dua pemenang yang lainnya, darmendusa dari sisi tampilan enak dinikmati. Dari segi pilihan bahasa juga dipahami sehingga orang awampun bisa memahami. Sangat membumi,” pungkas juri perwakilan dari Komunitas Menulis (Komunlis) ini.

Di batas akhir pengumpulan karya (25 November 2013), panitia menerima pendaftaran 63 peserta yang dilakukan secara online, terdiri dari 40 peserta kategori umum / mahasiswa dan 23 peserta kategori pelajar.

Kemudian, selama seminggu para dewan juri yang terdiri dari perwakilan Pemkot Probolinggo, Komunlis, Blogger Probolinggo (Binggo), pengamat IT, dunia pendidikan dan media melakukan proses penyaringan yang cukup ketat. Ada 5 faktor yang  yang dinilai oleh para juri, antara lain: kesesuaian blog dengan tema, komunikatif, menarik, kedalaman isi dan tata bahasa. Dan terpilihlah 20 blog milik peserta, 10 dari kategori umum / mahasiswa dan 10 dari kategori pelajar yang melaju ke tahapan presentasi di hadapan kelima dewan juri tersebut.

“Sesuai visi dan misi Diskominfo, kami ingin generasi muda ini semakin melek IT. Lewat lomba ini, kami bertujuan untuk memacu kreativitas generasi muda, baik di bidang literasi maupun melek IT. Menjadikan keduanya menjadi virus yang positif di kalangan muda Indonesia,” terang Aman Suryaman, Kabid  Telematika Diskominfo, saat membuka putaran final lomba blog pada Kamis (5/12) lalu di hadapan para finalis di Ruang Rapat Diskominfo Kota Probolinggo.

Di hadapan kelima dewan juri, masing-masing peserta diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan karyanya. Dari presentasi peserta tersebut, para dewan juri menilai peserta berdasarkan orisinalitas karya, pemahaman dan pengetahuan peserta pada blog yang sudah ia buat dan teknik presentasi.

Hasilnya, pada 9 Desember 2013, diumumkanlah 3 peserta terbaik. Di kategori Umum / Mahasiswa terpilih Retno Palupi Primawestri sebagai juara I, Riyan Wicaksono sebagai juara II dan Faiqoh Agustin dari tim Improses sebagai Juara III.

Sedang di kategori Pelajar, Bryan Pandu dari SMAN 2 Kota Probolinggo sebagai Juara I, Fitrah Izul Falaa dari SMKN 2 Ktoa Probolinggo sebagai Juara II dan Ade Yahya Prasetyo dari MA UMMUL QURO Bantaran Kab. Probolinggo.

“Kalau Bryan keunggulannnya, isi blognya komperhensif dan penuh informasi. Padat. Dengan bahasa yang mudah dipahami. Blognya juga kreatif, menampilkan foto-foto yang mendukung tulisan dan tentunya itu sangat “menjual”,” jelas Rifqi Rifa Amalia, juri dari perwakilan media.

“Terus terang kami banyak mendapatkan input positif dari peserta dengan diadakannya kegiatan ini. Ke depan tentunya kami ingin “virus” ini menyebar dan menduplikasi ke makin banyak lagi generasi muda,” pungkas Aman saat menutup perbincangannya dengan Link-Go. (tby)

Advertisements

2 Responses to “Ngangenin!”

  1. Waaaa muncul di blognya mas Stebby! *sok ngartis* *ketinggalan banget*
    Thank You mas! 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: