KB2S2, WUJUD KEPEDULIAN WARGA TERHADAP IKON SEJARAH


Tak berhenti di Bebek Pro (Bersih-Bersih Kota Probolinggo), Kamis (3/10) lalu, sekitar pukul 07.00 WIB, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Probolinggo kembali menggugah kesadaran masyarakat melalui kegiatan KB2S2 (Kali Banger Bersih Sehat dan Sejahtera). Aksi bersih-bersih di sepanjang Kali Banger ini bertujuan sebagai wujud kepedulian masyarakat terharap salah satu ikon sejarah kota, disamping juga untuk memperingati HUT TNI ke-68.

“Sebagai wujud kepedulian warga masyarakat Kota Probolinggo terhadap salah satu ikon sejarah. Disamping juga, sebagai wujud sinergitas seluruh pemangku kepentingan dalam rangka HUT TNI ke-68 dan rangkaian Gemas Darling (Gerakan Masyarakat Sadar Lingkungan, red.) untuk Mewujudkan Gerakan Indonesia Bersih (GIB),” ungkap Eko Saputro, Komandan Apel dari Kodim 0820 dalam laporannya.

Sebelum dikelompokkan dan disebar di 9 titik kegiatan, digelar apel pagi yang dipusatkan di Klenteng Sumber Naga. Apel yang dipimpin oleh Sekdakot Johny Haryanto dikuti oleh ratusan warga yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, diantaranya: Kodim 0820, TNI Zipur 10, SKPD, perwakilan perusahaan, perbankan, hotel, sekolah dan warga masyarakat yang tinggal di stren-stren kali Banger.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai revitalisasi kawasan Banger,” ujar Sekdakot Johny Haryanto saat mengawali sambutannya. “Kali Banger hanya tinggal kenangan. Sebagaimana kita ketahui bersama, sekitar tahun 1800 Kali Banger memiliki aliran yang besar. Kapal-kapal nelayan bisa masuk ke pusat kota untuk membawa barang dagangan. Dari pelabuhan (Tanjung Tembaga, red.) ke Pasar Niaga,” sambungnya kemudian.

Sekarang, masih menurut Sekdakot Johny Haryanto, bila masyarakat enggan untuk mengjaga dan membersihkannya, bukan tidak mungkin, salah satu ikon sejarah Kota Probolinggo ini, yang dulunya dikenal sebagai pintu perdaganggan kini menjadi pintu masuknya sampah.

“Untuk itu saya ucapkan banyak-banyak terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Kota Probolinggo, khususnya TNI yang peduli terhadap keberadaan dan kebersihan Kali Banger,” tegas Sekdakot Johny Haryanto.

Dengan tema “Dengan Semangat HUT TNI Ke-68 Kita Menuju KB2S2 untuk Mewujudkan Kota Probolinggo Semakin Luar Biasa Menuju Kota Berkelanjutan” warga masyarakat tampak antusias membantu TNI untuk membersihkan 9 titik yang sudah ditetapkan oleh BLH. 9 titik tersebut meliputi area dari Toko Wolu ke utara sampai Gang Irama, dari Gang Irama ke utara sampai posko Teungku Umar,  Posko Teungku Umar ke utara sampai soto Pak Rachmad, dari Soto Pak Rachmad keutara sampai Imam Bonjol,  dari Toko Restu ke utara sampai Jl. Achmad Yani (RPH), dari Jl. Achmad Yani ke utara sampai Jl. KH. Mansyur (TK ABA I), dari TK ABA I ke utara sampai rel kereta api, dari rel kereta api ke utara sampai Jl. Patimura, dan yang terakhir dari Jl. Patimura ke utara sampai DAM Tajungan. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: