33 RELAWAN IKUTI KELAS INSPIRASI PROBOLINGGO


Suasana aula Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan (BPMPP), Sabtu (2/11) kemarin penuh sesak. Pasalnya, di ruangan seluas 4×6 meter persegi tersebut sebanyak 33 relawan –baik relawan pengajar maupun relawan foto-videografer, mengikuti pelaksanaan briefing yang dihelat mulai pukul 09.00 WIB oleh panitia Kelas Inspirasi Problinggo.

Briefing tersebut merupakan ajang koordinasi dan persiapan bagi para relawan sebelum pelaksanaan Hari Inspirasi yang digelar serentak se-Jawa Timur 11 November mendatang.

Tak hanya relawan, panitia Kelas Inspirasi Probolinggo juga mengundang para Kepala Sekolah SD sasaran, Kepala UPT Pendidikan, bahkan Kepala Dinas Pendidikan setempat.

Ada 6 sekolah, 2 di wilayah kota dan 4 di wilayah kabupaten yang tahun ini menjadi tempat pelaksanaan Kelas Inspirai Probolinggo. Yaitu, SDN Pakistaji 1, SDN Sumber Wetan 2, SDN Wonokerto 2, SDN Negororejo 2, SDN Gili Ketapang 2 dan SDN Bremi 1.

“Kelas Inspirasi (KI) adalah gerakan yang mengajak para professional di seluruh Indonesia untuk meluangkan satu hari saja waktu mereka. Tujuannya, adalah untuk berbagi pegalaman tentang profesi yang mereka geluti kepada para siwa sekolah dasar di sekolah-sekolah dasar marjinal,” jelas Stebby Julionatan, Pilot KI Jatim kepada Link Go.

Masih menurut Stebby, keterlibatan para relawan pengajar ini bersifat sukarela dan individu. “Jadi tidak mengatasnamakan instansi atau lembaga. Mereka harus turun tangan secara langsung, tanpa diwakilkan. Sama seperti kami di kepanitiaan, mereka secara sukarela mendedikasikan waktu, biaya, tenaga dan pemikiran untuk masa depan dunia pendidikan tanah air.”

Sebagaimana diketahui bersama, Indonesia Mangajar yang digagas oleh Anies Baswedan (sekarang Wakil Mentri Pendidikan RI, red.) merupakan sebuah gerakan inisiatif di bidang pendidikan yang merekrut, melatih dan mengirimkan lulusan terbaik untuk mengajar sekolah dasar di deaerah-daerah pelosok Indonesia selama 1 tahun.

Indonesia Mengajar telah aktif berkontribusi pada perbaikan dunia pendidikan di Tanah Air sejak pertengahan tahun 2010. Salah satu misi utama dari gerakan ini adalah mengajak berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, untuk turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan bangsa.

Sehubungan dengan hal tersebut, Indonesia Mengajar mencetuskan program Kelas Inspirasi yang dapat mewadahi para professional, yang tidak memiliki banyak waktu, sebanyak para mahasiswa hasil penjaringan Indonesia Mengajar untuk turut terlibat dalam kemajuan dunia pendidikan di Indonesia.

“Dengan kata lain, Kelas Inspirasi merupakan program breakdown dari Indonesia Mengajar,” ungkap Stebby yang sehari-hari berprofesi sebagai staf Bidang Informasi di Diskominfo Kota Probolinggo.

Keterlibatan Stebby dengan Kelas Inspirasi Jawa Timur diawali ketika dirinya aktif diundang sebagai narasumber di acara-acara literasi di Surabaya. Di sana, dia berkenalan dengan Ficky A. Hidayat, salah seorang External Relations KI Jatim, yang kebetulan menjadi moderator dalam acara yang Stebby hadiri. Di sanalah perkenalan mereka berlanjut, hingga Stebby dikenalkan Ficky dengan Kelas Inspirasi tiga bulan yang lalu.

Gayung pun bersambut. Tak perlu waktu lama bagi Stebby untuk mengiyakan ajakan Ficky. “Saya pikir ini program yang bagus. Sudah lama saya mengenal dan ingin berpartisipasi dalam program ini. Dan mungkin inilah timmingnya, saat inilah kesempatannya, ketika saya dipertemukan dengan Ficky,” jelas Stebby.

“24 November lalu, saya diundang Ficky ke Ivy Schol Surabaya untuk rapat persiapan panitia. Ada banyak perwakilan kota/kabupaten yang hadir di sana. Saya sempat minder, karena cuma saya sendiri yang dari Probolinggo. Mindernya tuh gini, bisa nggak ya saya menggelar dan mengemban tanggung jawab sebesar ini? Siapa ya yang nantinya mau saya ajak bekerja sama di Probolinggo? Soalnya ini kan voluntary. Ga ada uangnya,” kenang pria yang pernah menjadi Duta Wisata, Kang Kota Probolinggo 2006.

“Untungnya, begitu sampai di Probolinggo, begitu program ini dishare, teman-teman langsung mensuport dan merapat. Untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih buat Mbak Lilik (Lilik Handayani, guru SDN Sukabumi 2, red) yang sudah rela ketiban sampur, jadi PIC (baca: koordinator, red.) di Probolinggo ini,” lanjut Stebby.

Tahun ini, dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, tercatat masih 14 kota/kabupaten yang telah benar-benar siap menggelar Hari Inspirasi secara serentak pada 11 November mendatang. Kota-kota tersebut diantaranya: Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Jember, Banyuwangi, Situbondo, Malang, Gresik, Kediri, Madiun Tulungagung, Ponorogo dan Bojonegoro. (tby)

 

Advertisements

2 Responses to “33 RELAWAN IKUTI KELAS INSPIRASI PROBOLINGGO”

  1. Halo mas Bonx (saya panggil mas saja ya daripada bapak :D)..
    Tulisannya bagus! Saya dulu mendaftar untuk ikut Kelas Inspirasi ini di Probolinggo namun tidak terpilih, mungkin belum waktunya aja ya 🙂 *padahal SD-nya deket rumah 😦 *

    Diluar tulisan mas yang sangat menginspirasi ini, ada satu kesalahan (yang menurut saya mengganggu). Boleh ya saya koreksi? 🙂

    Di paragraf tujuh tertulis “Sebagaimana diketahui bersama, Indonesia Mangajar yang digagas oleh Anies Baswedan (sekarang Wakil Mentri Pendidikan RI, red.)”, saya baru tau lho Pak Anies jadi Wa-Men Pendidikan. Infonya dari mana ya hehe?
    Setau saya sampai sekarang Wa-Men masih dijabat oleh Pak Musliar Kasim (Bid. Pendidikan) dan Bu Windu Nurhayati (Bid. Kebudayaan). Sumber: http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/struktur-organisasi/

    Keep writing, kalau sempet mampir ke blog saya ya hehe..

    Salam.

    • terima kasih atas koreksinya, mas elsaryan. memang menjadi kesalahan saya ketika menulis tanpa mengkonfirmasi atau mengecek kembali segala informasi yang diberikan ke saya. sekali lagi terima kasih atas informasinya dan salam literasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: