RIZQA MENANGI LOMBA MENULIS TINGKAT KOTA


Bahkan saat daun-daun kamboja itu tanggal dari dahannya, dan membelai bahunya, lelaki itu hanya terus menjamah tanah. Sebelum hari ini ada banyak sekali orang serupa dia. Orang gila memang suka menangis tiba-tiba, tertawa tiba-tiba. Tapi ini? Orang-orang gila menangis di Kurburan Abah Kaji Muzaqi.

Begitulah penggalan cerpen Doa di Pucuk Daun Kamboja karya Rizqa Ruviana, siswi SMAN 1 Probolinggo, yang memenangi Lomba Menulis Cerpen Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo dalam peringatan Bulan Bahasa 2013.

Lomba menulis cerpen yang dihelat bagi para siswa SMA sederajat ini bertujuan untuk mengembangkan potensi siswa di bidang sastra.

“Dalam rangka menyambut bulan bahasa, memeriahkan hari jadi (Kota Probolinggo ke-654, red)  serta sebagai upaya mengembangkan potensi siswa di bidang sastra, kami, Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Probolingggo, menggelar lomba menulis.” ungkap Anwar Fanani, Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Probolinggo kepada Link Go.

“Ada dua kriteria lomba menulis yang kami helat tahun ini. Yakni lomba menulis puisi untuk SMP, dan lomba menulis cerpen untuk tingkat SMA,” lanjut Anwar yang baru beberapa bulan ini mengepalai Perpuskot.

Lomba menulis cerpen dengan tema Mari Berbagi, Mari Menginspirasi Kotaku Tercinta Probolinggo mulai dibuka pada 9 September silam. Sampai di hari penutupan (12/9), terjaring sebanyak 45 karya yang masuk di meja dewan juri.

Selanjutnya, dewan juri yang terdiri dari Ahmad Sunyoto (Tito), Siti Khotijah dan Stebby Julionatan mulai menyeleksi karya tersebut menjadi 10 besar saja. Wawancara terhadap 10 besar peserta dilakukan pada Jumat, 29 Oktober 2013.

“Wawancara tersebut kami lakukan hanya sebagai langkah untuk membuktikan keaslian karya. Termasuk juga untuk melatih keberanian peserta dalam mempresentasikan karya tulisnya,” ujar Tito, nama panggilan Ahmad Sunyoto.

Barulah, di akhir bulan Oktober (31/10), akhirnya para pemenang diumumkan.

“Nggak menyangka kalau menang. Rasanya waktu wawancara saya tidak bisa menjawab pertanyaan para juri dengan baik,” jawab Rizqa saat Link-Go bertanya kesannya sebagai pemenang.

Di peringkat kedua, bertengger nama Isyana Rosita dengan cerpennya yang berjudul Kapsul Cintaku di Probolinggo, dan Fiona Putri dengan Pondok Bayu di peringkat ketiga. Keduanya merupakan rekan satu sekolah Rizqa di SMAN 1 Probolinggo.

Ada 10 kriteria yang dinilai juri pada lomba tersebut. Yakni, kesesuaikan dengan tema, setting, pilihan kata, penokohan, perwatakan, plot, sudut pandang, amanat, ending dan tata bahasa.

Tujuh peserta lainnya di luar pemenang, adalah: Inocentius Ruing dari SMAK Mater Dei dengan Kidung Gelombang (peringkat 4), Elsa Firmandani dari SMAN 1 dengan Tentang Impianku (peringkat 5), Devi Dwi A. dari SMKN 1 dengan sebuah janji (peringkat 6) dan Ika Diah W dari SMKN 1 dengan Meski Terbatas (peringkat 7).

Peringkat 8 adalah Renny Analisa D. dengan Negeri Sejuta Senja dari SMAN 4, Karunia Akbar G dengan Pahlawan Sampah dari  SMAN 1 di peringkat 9 dan terakhir, Chusnul Chotimah dari SMKN 1 dengan cerpennya yang berjudul Pelangi yang Indah.

Sedangkan untuk puisi, tiga besar tersebut diraih oleh Ummi Amanah (SMPN 10) Goresan Tinta Kota Probolinggo sebagai juara I, Oktavia Tri W. (SMPN 5) Temukan Kisah di Kota yang Damai sebagai juara II dan Lailatus Syarifah (SMPN 3) Pesona Tanjung Tembaga sebagai Juara III. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: