BLH AJAK REMAJA PEDULI LINGKUNGAN LEWAT LOMBA MURAL DAN TEATER


Masih dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-654, Sabtu (28/9) lalu, 08.00 WIB, di GOR Mastir-Kedopok berlangsung Seremonial Pembukaan Lomba Lukis Mural dan Teater Lingkungan Tingkat Pelajar se-Probolinggo Pasuruan. Kegiatan yang digagas oleh BLH setempat ini berlangsung dengan meriah dengan keikutsertaan 49 tim.

“Selain untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup, kegiatan ini juga bertujuan untuk memfasilitasi bakat generasi muda. Baik di bidang lukis mural maupun teater,” ungkap Nurhadi , Ketua Panitia Lomba Mural di hadapan para undangan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, Drs. Endro Suroso, M.Si.  yang saat itu didaulat mewakili Walikota Buchori berharap bahwasannya kegiatan ini dapat memberi contoh kepada generasi muda untuk menyalurkan bakat di tempat yang benar.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberi contoh kepada generasi muda untuk menyalurkan bakat dan minat mereka di tempat yang benar. Bisa dilihat pula di sini, bahwa pelajar yang tergabung di sini adalah yang mencintai lingkunan.  Jauh dari yang namanya kenakalan remaja,” ungkap Endro dalam sambutannya.

Aspek penilaian dalam lomba mural kali ini, adalah: komposisi bentuk, warna, keindahan, harmonisasi dan kekuatan pesan. Dimana, para pelajar dari SMK A. Yani berhasil tampil sebagai yang terbaik dan mempecundangi kawan-kawannya dalam lomba yang langsung dihelat selepas acara seremonial tersebut usai.

Dalam lomba lukis mural tersebut, BLH memilih 10 tim terbaik. Mereka adalah: SMK A. Yani, SMKN 2 Probolinggo, MAN 2 Probolinggo, SMKN 2 Pasuruan, SMAN 1 Probolinggo, SMAN 1 Grati, SMAN 4 Probolinggo dan SMKN 4 Probolinggo.

Berbeda dengan lomba mural yang dirajai oleh pelajar-pelajar Kota Probolinggo, dalam lomba teater lingkungan yang dihelat seminggu setelahnya (5/10), para pelajar Kota Probolinggo dibuat keok oleh peserta-peserta dari luar kota.

Kecuali SMKN 3 Probolinggo sebagai pemenang dengan kategori Properti Terbaik, tak satupun tim teater pelajar Kota Probolinggo menyabet salah satu dari 7 kategori yang disediakan oleh panitia. Kini, giliran SMPN 1 Sukapura dan SMAN 1 Pandaan-lah mendominasi acara tersebut. (tby)

 

Pemenang Lomba Teater Lingkungan

Grup Penyaji Terbaik     : SMAN 1 Pandaan
Ilustrasi Terbaik             : SMPN 1 Sukapura
Naskah Terbaik              : SMPN 1 Sukapura
Sutradara Terbaik          : SMAN 1 Pandaan
Aktor Terbaik                : Rizki Rangga D. (SMAN 1 Pandaan)
Aktris Terbaik                : Intan Wulan P. (SMPN 1 Sukapura)
Properti Terbaik             : SMKN 3 Probolinggo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: