GEMILANG PRESTASI WALIKOTA BUCHORI WARNAI SIDANG PARIPURNA


Luar biasa prestasi Walikota Probolinggo, HM. Buchori, SH. M.Si. Seperti yang disampaikan oleh Ketua DPRD Kota Probolinggo, H. Sulaiman, dalam Sidang Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Kota Probolinggo ke-654 Tahun 2013, pada Kamis (5/9) kemarin, 09.00 WIB, prestasi Walikota ke-26 ini jauh mengungguli prestasi walikota sebelum-sebelumnya.

“Dalam Kiprahnya Saudara Walikota HM. Buchori, SH. M.Si. telah banyak mengukir prestasi yang secara nyata telah berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat Kota Probolinggo menjadi lebih baik,” ungkap Sulaiman di hadapan para peserta sidang.

Ada 20 poin yang dibacakan Sulaiman terkait dengan prestasi Walikota Buchori selama masa kepemimpinannya, di antaranya: pemekaran kecamatan (dari 3 kecamatan menjadi 5 kecamatan), pembangunan Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP), pembangunan GOR Mastrip, pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa), raihan penghargaan 7 kali berturut-turut Adipura untuk Kota Sedang, penghargaan WTN Peringakat Pertama selama 5 tahun berturut-turut dan  Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Keuangan Daerah (LKPD) Tahun 2013 untuk yang kedua kalinya.

Tak hanya itu saja, prestasi itu masih berderet dengan suksesnya kegiatan Semipro ke-5 Tahun 2013, predikat Kota Seribu Taman, penghargaan Swasti Saba Wiwerda (Kota Sehat tingkat Nasional) tahun 2011, penghargaan Ketahanan Pangan tingkat Nasional yang diberikan langsung oleh Presiden RI dalam rangka Percepatan Swasembada Lima Komoditas Pangan Pokok, Adiwiyata Nasional, Adiwiyata Mandiri bagi sekolah yang telah meningkatkan kinerjanya selama 3 tahun berturut-turut, Otonomi Award tahun 2012 di bidang inovasi publik, Juara 3 Bidang Penilaian Kinerja Pemanfaatan Jalan dan IGRA (Indonesia Green Region Award) di tahun 2012.

“Peringkat ke-6 Penyusun Dokumen Status Lingkungan Hidup Tingkat Nasional, penghargaan Green City (Kota yang Hijau), penghargaan dari Kementrian Pekerjaan Umum Kategori Kota Sedang/Kecil Sub Bidang Cipta Karya, dan yang terakhir adalah Penghargaan Dukungan Pemerintah Kota terhadap Pembangunan Perikanan dan Kelautan di Jawa Timur 2012,” lanjut Sulaiman dalam pembacaan sambutannya.

Dengan tema, “Dengan Memperingati Hari Jadi Ke-654 Kota Probolinggo Tahun 2013, Kita Tingkatkan Perekonomian Kerakyatan Menuju Masyarakat Probolinggo Sehat dan Sejahtera”, sidang yang dihadiri juga oleh Mantan Walikota Soeprapto dan Banadi Eko, serta Mantan Wakil Koentjoro Soehadi tersebut berlangsung dengan hikmat.

Sulaiman berharap bahwasannya semua perstasi tersebut bukanlah sekedar penghargaan semata.

“Kami berharap prestasi yang telah diraih Kota Probolinggo itu bukan sekedar penghargaan semata tetapi akan berdampak positif bagi pembangunan dan kemakmuran seluruh lapisan masyaraakat serta membawa kota Probolinggo menjadi luar biasa saat ini dan tahun-tahun yang akan datang, sesuai tema hari jadi ke 654 tahun ini,” harap Sulaiman.

Kota Probolinggo memang memiliki potensi sejarah dan budaya yang cukup besar untuk dijadikan aset di bidang ekonomi kreatif. Untuk mewujudkan misi tersebut diperlukan kepekaan, kebanggaan, apresiasi dan rasa memiliki yang tinggi dari segenap warganya terhadap warisan sejarah. Dan, menurut Sulaiman, figur walikota yang sudah memimpin selama dua periode ini, memiliki semua hal tersebut secara lengkap.

“Kerjasama yang telah terbangun dengan baik selama ini, khususnya antara Eksekutif dan Legeslatif, hendaknya dapat terus dipertahankan. Kami berharap hubungan harmonis ini dapat ditingkatkan. Karena hubungan baik, tentunya akan lebih memudahkan pencapaian dan peningkatan seluruh program-program yang ada,” pungkas Sulaiman mengakhiri sambutannya pagi itu.

Sementara itu, saat diberi kesempatan untuk memberikan sambutan, mewakili Pemerintah Kota Probolinggo, Wakil Walikota Bandyk Soetrisno menyampaikan rasa terima kasih terhadap seluruh elemen masyarakat.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pimpinan maupun anggota Dewan, aparatur pemerintah, tokoh masyarakat, alim ulama dan cendekiawan serta seluruh elemen masyarakat Kota Probolinggo yang telah mendorong terbangunnya pelaksanaan pembanguann daerah kita dengan sebaik-baiknya,” ungkap Wawali Bandyk Soetrisno.

“Mulai dari awal pembentukan hingga saat ini menunjukkan peran dan fungsinya sebagai kota investasi sesuai dengan visi RPJPD Kota Probolinggo tahun 2005-2025.” lanjut Wawali Bandyk membacakan Sambutan Walikota.

Sidang yang berakhir tepat pukul 11.00 WIB ini merupakan rangkaian agenda dalam rangka Hari Jadi Kota Probolinggo ke-654. Nantinya sidang tersebut akan disambung dengan agenda lainnya, antara lain: Tasyakuran dan Apel Hari Jadi, MPS2, Pawai Budaya dan Panggung Hiburan sebagai pamungkas kegiatan yang akan dilaksanakan pada 20 September mendatang. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: