BURSA BACAWALI DAN WAWALI KOTA PROBOLINGGO


Minggu (19/5) lalu, tepat pukul 21.00 WIB, genap sudah 4 pasangan Bakal Calon Walikota (Bacawali) dan Wakil Walikota Probolinggo mendaftarkan diri ke KPU Kota Probolinggo. Diawali dengan pasangan Harus Pas (Hj. Rukmini – Suhadak), lalu Deras (Dewi Ratih – As’ad Ansari), Zam-Zam (Zulkifli Chalik – Maksum Subani) dan terakhir adalah pasangan Handalanku (Habib Hadi – Kusnan).

Seperti diketahui, KPU Kota Probolinggo yang beralamat di Jl. Panglima Sudirman 514, menerima pendaftaran sejak 13 Mei dan ditutup pada 19 Mei 2013.

“Kedatangan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota ini biasanya diiringi oleh masa partai yang mengusungnya,” ujar Ketua KPU, Drs. Sukirman WHP, saat memberi gambaran kepada Link-Go mengenai pelaksanaan proses pendaftaran di KPU. “Bisa sampai ribuan (masa pendukung, red.), tapi syukurlah, kesemuanya berjalan dengan aman, tertib dan lancar.”

Seperti kehadiran pasangan Pasti Pas –yang merupakan akronim dari Hj Rukmini-Suhadak Profesional Amanah Santun, Kamis (16/5) itu, mereka diiringi oleh dominasi barisan merah PDI Perjuangan juga masa dari PKS dan PPP sebagai partai yang mengusungnya.

“Setelah kita tunggu beberapa hari ini, akhirnya sudah ada yang mendaftarkan diri sebagai bakal pasangan calon. Dan ini baru yang pertama. Kami sampaikan selamat datang. Beginilah kondisinya, dan seperti inilah penyambutannya. Dan ini berlaku bagi semua bakal pasangan calon yang mendaftar. Tidak ada perbedaan,” tegas Yahya Ulumuddin, Divisi Perencanaan Program dan Data KPU Kota Probolinggo saat menerima mereka, mewakili Ketua KPU.

Rukmini pun yang pagi itu mendaftar untuk pertama kalinya mengungkapkan perasaannya untuk tetap menjaga situasi kondusif selama pelaksanaan Pilkada.

“Alhamdullilah saya mendaftar pertama kali, dengan harapan masyarakat juga mendukung dan berpartisipasi aktif  kegiatan demokrasi ini. Yang terpenting tetap menjaga Kota probolinggo aman dan kondusif. Mari kita teruskan perjuangan untuk memajukan Kota Probolinggo ini,” tutur Rukmini, yang juga anggota Komisi VIII DPR-RI ini.

Lain Rukmini, lain pula yang dilakukan oleh pasangan Deras. Dengan mengenakan mobil sedan kap terbuka, pasangan Dewi Ratih dan As’ad Ansari ini melakukan pendaftaran pada keesokan harinya, hari Jumat (17/5), pukul 08.00 Wib.

Selanjutnya, bakal calon yang didukung oleh PKPI, PKNU dan Gerindra ini menyerahkan berkas pencalonan kepada 4 orang staf Pokja Pencalonan yang sudah bersiap di sisi barat ruang Media Center KPUD Kota Probolinggo.

“Saya merasa terpanggil. Menggali potensi Kota Probolinggo untuk bisa lebih berkembang, makmur dan sejahtera,” ungkap Dewi Ratih di sela-sela acara penyerahan berkas tersebut.

“Ini (Pemilu, red.) adalah sebuah pendidikan politik yang penting untuk seluruh warga masyarakat, khususnya warga masyarakat Kota Probolinggo.  Yang penting harus tulus, jujur, anti KKN, dan dilandasi dengan niatan untuk terus mengembangkan potensi Kota Probolinggo,” imbuh As’ad Ansari.

Berselang dua hari berikutnya, di hari terakhir penyerahan berkas pencalonan tersebut, dimanfaatkan Zulkifli Chalik – Maksum Subani (Zam-Zam) untuk melakukan pendaftaran. Tepatnya Minggu (19/5), pukul 09.00 WIB, dengan menggunakan betor (becak motor) Zam-Zam mendaftar sebagai bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo Periode 2014 – 2019.

Didampingi oleh ratusan simpatisannya, pasangan yang hadir dengan mengunakan warna dominan kuning, batik dan liaison officer (LO) ini langsung diterima oleh Ketua dan Anggota KPU Kota Probolinggo. “Ini adalah pendaftaran ketiga yang dilakukan oleh bakal pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota,” ungkap Sukirman.

Bakal calon yang didukung oleh tiga parpol, yakni: Golkar, Demokrat, dan PPP ini juga langsung menyerahkan berkas pencalonan kepada Pokja Pencalonan setibanya di Kantor KPU. Ketua DPC PPP Achmad Sholeh juga hadir dalam pendaftaran pasangan Zam-Zam.

Pasangan Zam-Zam menargetkan 60 persen suara, “Sekitar 50 sampai 60 persen, yang pasti kami berdua dengan Pak Maksum dan pendukung akan berjuang bersama,” terang Soleh.

Sementara itu, di hari yang sama, pukul 20.00 WIB, pasangan Habib Hadi – Kusnan (Handalanku) mendaftar sebagai pasangan Bacawali dan Wakil Walikota.

“Dengan Menggandeng Kusnan, kami berharap meraih simpatisan dari kalangan Nasionalis,” ungkap Hadi Zainal Abidin, nama lengkap Habib Hadi. “Terkait Strategi, Hadi tidak terlalu banyak mengumbar, ia hanya menyatakanakan memberikan layanan yang baik dalam meraih simpatisan dengan mendatangi masyarakat. Target Hadi sendiri menargetkan 100 persen suara,” tegas pria muda itu.

Seperti diketahui, KPU Kota Probolinggo, menerima pendaftaran Bakal Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota sejak tanggal 13 Mei hingga berakhir 19 Mei 2013, dan melakukan verifikasi pada Senin (20/5). Verifikasi tersebut termasuk memeriksa keabsahan dokumen seperti ijasah dan pemenuhan dokumen yang kurang dan syarat yang lain.

“Alhamdulillah, semua proses baik pendaftaran dan verifikasi sudah berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Yahya menutup wawancaranya dengan Link-Go. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: