UNAS DI KOTA PROBOLINGGO BERJALAN DENGAN LANCAR


Tak seperti yang banyak diwartakan di pelbagai media nasional, bahwa pelaksanaan UNAS 2013 di berbagai wilayah di Indonesia berjalan morat-marit, pelaksanaan UNAS 2013 tingkat SMA dan SMP di Kota Probolinggo justru berjalan sebaliknya (baca: berjalan lancar). Bahkan kekurangan sebanyak 30 paket naskah soal untuk mata pelajaran matematika jurusan Teknologi, yang sempat dialami SMKN 4 Kota Probolinggo pun telah teratasi dengan sangat baik.

“Kita patut bersyukur bahwasannnya carut-marut pelaksanaan UNAS 2013 di berbagai daerah di wilayah tanah air tidak terjadi di kota kita tercinta. Kalau kita lihat televisi, pastinya kita miris, ada sekitar11 (sebelas) provinsi yang UNAS-nya terpaksa ditunda karena keterlambatan pengadaan dan pengiriman soal,” ungkap Aziz RM, Ketua Dewan Pendidikan Kota Probolinggo (DPKP) yang ditemui Link Go di ruang kerjanya usai melaksanakan rapat evaluasi terkait monitoring pelaksanaan UNAS 2013 tingkat SMP dan SMA, Rabu (24/4) malam lalu.

Seperti diketahui bersama, jadwal pelaksanaan UNAS 2013 tingkat SMA di sebelas provinsi,  yang harusnya berlangsung dari tanggal 15-18 April 2013, terpaksa diundur karena satu dari enam perusahaan pencetak soal ujian, yakni PT Ghalia Indonesia Prointing yang berlokasi di Bogor, Jawa Barat, belum menyelesaikan pekerjaannya.

“Sayangnya, keterlambatan pelaksanaan UNAS 2013 tidak hanya terjadi di daerah atau wilayah-wilayah di luar pulau Jawa yang memang secara geografis lokasinya sulit dijangkau. Keterlambatan pun terjadi di sekolah-sekolah yang notabene lokasinya tak jauh dari Ibukota Jakarta. Di Sukaraja, Bogor misalnya,” imbuh Aziz, mengungkapkan kecemasannya, terkait pelaksanaan UNAS 2013.

Lebih lanjut Aziz mengungkapkan bahwa dengan tidak adanya kendala dalam pelaksanaan UNAS 2013 di Kota Probolinggo, hingga DPKP tidak merasa perlu untuk menerbitkan surat rekomendasi kepada Walikota terkait dengan pelaksanaan UNAS tahun 2013 ini.

“Jadi tidak sampai seperti pelaksanaan UNAS tahun 2012 lalu, dimana LJK (Lembar Jawaban Komputer, red.) salah satu peserta sempat tertinggal. Nah, tahun ini tidak sampai ada kesalahan-kesalahan fatal seperti itu. Kami memutuskan tidak ada rekomendasi untuk UNAS tahun ini. UNAS tahun 2013 ini, secara umum berjalan dengan tertib dan lancar,” tegas pria yang sehari-hari berpembawaan kalem ini.

Terkait soal kekurangan naskah soal yang sempat dialami oleh SMKN 4, Didik Purwandi, Kepala SMKN 4, mengatakan kekurangan soal sejatinya dialami Sub Rayon 8. Namun, karena sekolahnya berada di urutan buncit, saat pemilahan naskah di Mapolres Probolinggo Kota, akhirya SMKN 4 lah yang mengalami kekurangan. Namun, imbuhnya, semuanya telah teratasi.

Pada sidak (monitoring) ke sekolah-sekolah pelaksanaan UNAS 2013 yang dipimpin oleh Wawali Bandyk Soetrisno, pada Senin (15/4) lalu, Wawali Bandyk Soetrisno pun mengatakan hal yang serupa. “Pelaksanaan UNAS 2013 untuk Kota Probolinggo sejauh ini berjalan dengan tertib dan lancar. Juga aman dan terkendali. Kekurangan naskah soal sudah teradtasi. Dinas Pendidikan Jawa Timur semalam sudah mengantarkan 50 naskah yang dibutuhkan.” Mengingat SMA Nurul Hidayah juga sempat mengalami permasalahan yang serupa untuk pelajaran matematika jurusan IPS sebanyak 20 naskah.

Di lembaga pendidikan yang terletak di Jalan Semeru tersebut, terdapat 183 siswa yang menjadi pesarta UNAS 2013 yang terbagi dalam 10 ruangan. “Mereka adalah siswa SMKN 4 sendiri dan tidak ada peserta dari luar,” terang Didik. “Sampai saat ini tidak ada soal yang cacat.”

Secara umum, Wawali Bandyk Soterisno mengungkapkan, pelaksanaan UNAS pertama dengan mata pelajaran Bahasa Indoneia, yang berlangsung pada hari Senin tersebut, berjalan lancar. Orang nomor dua di Kota Mangga tersebut berharap, peserta UNAS bisa lulus 100 persen sesuai dengan persiapan yang dilakukan sebalumnya.

Tercatat, ada 17 lembaga SMK negeri dan swasta dengan 2.001 siswa yang mengikuti ujian. Sedangkan untuk SMA negeri dan swasta terdapat 11 lembaga dengan 1.134 siswa. Adapun untuk MA, ada 11 lembaga dengan 671 siswa. Pada SMP, ada 24 lembaga dengan total 3768 peserta yang melaksanakan UNAS 2013 tingkat SMP, pada taggal 22-24 April lalu. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: