PEMANFAATAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI (JEJARING SOSIAL) DI TINGKAT KECAMATAN


Teknologi informasi dewasa ini sudah berkembang dengan sangat pesat. Saat ini, setiap pribadi, setiap elemen masyarakat rasanya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet, website, facebook, twitter, youtube dan jejaring media sosial lainnya. Tak perlu menggembol perangkat berat berupa komputer (PC) kemana-mana, karena saat ini berbagai kemajuan dapat mengaksesnya melalui HP. Apalagi di tahun ini (2013), Pemkot Probolinggo sudah memiliki instansi khusus membidangi masalah teknologi informasi, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo). Namun bagaimana pemanfaatannya di dalam pemerintahan, khususnya di tingkat kecamatan? Apakah kecamatan-kecamatan yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo sudah memanfaatkannya dengan cukup baik untuk penyebaran informasi?

Sebelum melakukan penelusuran, terlebih dahulu Link-Go memantau aktivitas media online masing-masing kecamatan melalui internet. Pada umumnya, kecamatan-kecamatan ini menggukanan jenis page di media jejaring facebook sebagai media penyebaran informasi mereka. Dari pantauan Link-Go, kecamatan yang paling aktif dalam memanfaatkan jejaring sosial ini untuk penyebaran informasi mereka adalah Kecamatan Wonoasih, dengan update terakhir tertanggal 8 Maret 2012 dengan berita Sosialisasi Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Program MDG’s, disusul oleh Kecamatan Kanigaran (update terakhir 2 November 2011), Kecamatan Kedopok (update terakhir 23 Juli 2010).

Peringkat selanjutnya adalah Kecamatan Kademangan yang memiliki akun (baca: bergabung di) facebook sejak 7 Januari 2013 namun belum pernah dimanfaatkan sama sekali sejak tanggal pembuatannya pembuatannya. Dan yang paling bontot adalah Kecamatan Mayangan, kecamatan yang terletak di wilayah utara Kota Probolinggo ini tampak belum memiliki akun sama sekali.

Ditemui di ruang kerjanya pada Jumat (22/3) lalu, Camat Mayangan, Acep Arief Hidayat  menjelaskan kepada Link-Go mengenai kendala, mengapa sampai saat ini, kecamatan yang memiliki penduduk paling produktif di Kota Probolinggo ini belum memiliki sistem media informasi online sama sekali, baik yang berupa website maupun akun pada facebook.

“Pengadaan sistem informasi berbasis teknologi masih kami rencanakan tahun depan. 2014. Kendala kami ada pada support jaringan, pengadaan hardware dan anggaran,” ujar Acep yang saat itu didampingi Veronica, salah seorang staf Kecamatan Mayangan yang membidangi teknologi informasi kecamatan.

“Semoga saja tahun 2014 bisa terealisasi. Sehingga bisa mengimbangi, atau tidak ketinggalan, dalam penyebaran informasi seperti kecamatan-kecamatan lainnya,” imbuh Acep.

Lain Mayangan, lain Kanigaran. Erni Yusnita, Kasubag Umum dan Program Kecamatan Kanigaran, yang ditemui Link-Go pada Senin (18/3) siang pun mengungkapkan alasan mengapa di tempatnya belum memaksimalkan pemanfaatan teknologi atau media jejaring sosial dalam penyebaran informasi.

“Selama ini masih sedikit masyarakat Kademangan yang mengakses informasi kecamatan melalui internet. Sehingga kami masih memanfaatkan media-media konvensional seperti papan pengumuman, surat dan banner. Malah seringnya, penyebaran informasi melalui pengadaan papan pengumuman itu saja tidak terbaca kok. Masyarakat masih lebih suka mendapatkan informasi secara langsung, melalui mulut. Dari mulut ke mulut,” tutur perempuan kelahiran Pontianak, 1976 silam.

“Selain itu kecamatan masih memiliki keterbatasan di bidang SDM. Tenaganya kurang, terlebih tenaga yang memiliki kemampuan mumpuni di bidang LAN/WAN,” lanjut Erni.

“Saya sih berharap Diskominfo dapat mensosialisasikan, atau memiliki program, untuk melatih para pegawai-pegawai di tingkat kecamatan agar memiliki keterampilan dan kompetensi yang lebih di bidang IT. Sehingga nantinya, sistem informasi teknologi di Kota Probolinggo, khususnya di tingkat kecamatan, dapat terintegrasi dengan baik,” harap Erni di akhir wawancaranya kepada Link-Go.

Sebagai kecamatan yang paling aktif dalam meng-update datanya, Link Go pun bertandang ke Kecamatan Wonoasih untuk mengetahui apa di balik motivasi kecamatan yang terletak di sisi paling Selatan Kota Probolinggo ini.

Edwin Bahtiar, staf Kecamatan Wonoasih yang menangani IT, menjelaskan bahwa penggunaan IT melalui akun facebook  jenis page memang sengaja digunakan karena dirasa lebih familiar bagi masyakrat.

“Sejak booming facebook, sekitar tahun 2010 lalu, kami memang berinisiatif untuk menggunakan media sosial ini bagi efektivitas penyebaran informasi. Kenapa facebook dan bukan website yang kami gunakan? Ya karena kan untuk sementara ini facebook lebih familiar penggunaannya bagi masyarakat,” jelas Edwin

Berdasarkan pantauan Link-Go, Kecamatan Wonoasih memiliki akun facebook sejak 24 Maret 2010, dengan first post-nya tertulis: “Halaman di Facebook ini adalah salah satu upaya agar berbagai informasi positif tentang kecamatan Wonoasih dapat diterima masyarakat luas secara lebih obyektif. Harapan kami pula agar kec. Wonoasih dapat melakukan introspeksi dan evaluasi bagi kemajuan wilayah.”

Lebih lanjut, pria kelahiran Maret 84 menjelaskan, meski mungkin dipandang sebelah mata: Lha wong masyarakatnya banyak yang belum bisa baca, apalagi pake internet? Tapi pihaknya optimis bahwa beberapa tahun mendatang (saat ini, red.), generasi mudanya pasti dapat membantu orang tua mereka dalam pemanfaatan informasi melalui internet tersebut.

“Anak-anak mereka kan sekolah. Di sekolahan pasti mereka mengenal komputer. Mengenal internet. Sehingga dari situ mereka bisa mengakses informasi di akun kami. Dan dapat membantu memberikan informasi kecamatan kepada orang tuanya. Dan ” ungkap Edwin.

Menutup wawancara, pria yang bertempat tinggal di jalan Serma Abdul Rahman ini pun berharap, Kecamatan Wonoasih dapat memiliki website yang terintegrasi dengan milik Pemkot sehingga dapat menjadi media yang efisien dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, khususnya dalam mendata indeks kepuasan masyarakat. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: