CSR AWARD, WUJUD APRESIASI PEMKOT TERHADAP PERUSAHAAN MITRA PEMBANGUNAN.


Untuk kali pertama Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Coorporate Social Responsibility (CSR) Award 2012. Penganugerahan Program CSR Kota Probolinggo yang digelar Selasa (5/3) kemarin, 08.00 WIB, di Aula Bayuangga, Hotel Bromo View Kota Probolinggo bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan mitra (stakeholder) atas peran serta mereka terhadap pembangunan Kota Probolinggo.

Walikota Probolinggo, HM. Buchori, yang hadir dalam acara tersebut, menyerahkan secara langsung apresiasi yang bernama CSR Award Kota Probolinggo 2012 itu kepada 3 perusahaan peraih nominasi: PT Bank Jatim Cabang Probolinggo untuk nominasi Biggest Nominal of CSR; Bromo View Group untuk Nominasi Best Creativity of CSR dan Bank Mandiri Cabang Probolinggo CSR Award nominasi Best Event Distribution of CSR.

“Komitmen, sikap proaktif, serta tanggung jawab sosial para stakeholder terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar ini semakin bertambah di tahun 2012. Dari 15 (perusahaan, red.), tahun ini ada 40 perusahaan (stakeholder) yang melaksanakan program CSR,” ungkap Sanuni Sapuwan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Probolinggo, di hadapan para undangan, sesaat sebelum Walikota Buchori memulai sambutannya.

Dari data yang dimiliki Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Probolinggo selaku leading sector program ini, tercatat ada 7 perusahaan yang melaporkan kegiatan CSR selama 2010. Jumlah itu sedikit mengalami penambahan di tahun 2011, yaitu 15 perusahaan yang merencanakan program CSR.

Selain Walikota, sedikitnya ada 130 undangan mulai dari SKPD, stakeholder, hingga perusahaan swasta yang hadir dan turut menyaksikan penganugerahan CSR yang digelar secara meriah di hotel yang juga peraih nominasi CSR Awards dan terletak di sisi paling timur Kota Probolinggo itu.

“Semuanya harus terlibat, bahkan pelaku usaha, perusahaan swasta / stakeholder harus berpartisipasi memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat Kota Probolinggo melalui kegiatan CSR. Keterlibatan stakeholer yang terus meningkat akan mengiringi pembangunan Kota Probolinggo. Saya berharap apa yang telah dicapai Kota Probolinggo dapat terus ditingkatkan. Sehingga, Kota Probolinggo tetep menjadi kota yang makin LUAR BIASA,” harap Walikota Buchori.

Lebih lanjut, Walikota Buchori dalam sambutannya menyampaikan bahwasannya CSR membantu pembangunan ekonomi dan merupakan bentuk tanggung jawab sosial dalam pembangunan kota yang berkelanjutan.

Ditemui di tempat yang berbeda, Safril Mahendra, salah seorang staf Bappeda bidang Sosial Budaya mengungkapkan, selain memberi apresiasi, acara ini memang digagas untuk semakin meningkatkan partisipasi perusahaan-perusahaan di Kota Probolinggo dalam program CSR.

“Dari data kami, baru 40 dari 90 perusahaan di Kota Probolinggo yang berpartisipasi dalam program CSR. Ya, mungkin selama ini ada, atau lumayan banyak perusahaan yang tidak terekspost karena tidak melaporkan kegiatannya. Sehingga harapan kami, semoga dengan adanya reward seperti ini, perusahaan-perusahaan yang selama ini nampak enggan mengirimkan laporan jadi tergerak untuk lebih aktif,” ungkap Safril.

“Khusus CSR Award, mungkin kedepannya kami akan menambahkan nominasi bagi perusahaan yang paling aktif memberikan laporan kegiatan CSR-nya kepada Bappeda. Seperti yang dilakukan oleh PT. SKI, Sumbertaman, tanpa kita minta atau tanpa kita surati, mereka sudah memberikan laporannya kepada kami,” jawab pria kelahiran 26 April ini, saat ditanya Link-Go mengenai inovasi apa lagi yang akan dilakukan oleh Bappeda pada kegiatan CSR Award mendatang.

Ketiga perusahaan peraih nominasi mendapatkan penghargaan berupa trophy dan sertifikat, sedangkan para perusahaan peserta CSR lainnya mendapatkan sertifikat penghargaan dari Bappeda. (tby)

Advertisements

2 Responses to “CSR AWARD, WUJUD APRESIASI PEMKOT TERHADAP PERUSAHAAN MITRA PEMBANGUNAN.”

  1. artikel ini menarik dan bisa menambah wawasan baru, salam kunjungan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: