FORKOPETAMA: GELIAT PARA PECINTA MANGGA


Akhir Oktober (30/10) tahun 2012 lalu, sebagai upaya mempertahankan karakteristik kota Probolinggo yang Bayuangga (baca: bayu=angin, anggur dan mangga), Pemkot Probolinggo, melalui kegiatan semiloka yang digagas dan difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), membentuk Forum Komunitas Peduli Tanaman Mangga (Forkopetama).

Forum ini digagas karena Pemkot sadar bahwa saat ini keberadaan tanaman mangga sebagai ikon Kota Probolinggo sudah semakin berkurang, baik dari segi jumlah maupun kualitasnya. Tanaman mangga sudah sangat jarang dijumpai lagi di pekarangan rumah-rumah penduduk, apalagi di rumah-rumah penduduk yang ada di daerah perkotaan.

“Dahulu tanaman mangga banyak dijumpai di pekarangan rumah. Di satu pekarangan saja, bisa kita lihat ada beberapa tanaman mangga yang tumbuh di sana. Sekarang, bisa dilihat sendiri kan? Berapa banyak tanaman mangga yang ada di dalam pekarangan tersebut? Apalagi yang ada di kota,” kenang Kepala Bappeda, Sanusi Sapuwan, saat meresmikan terbentuknya Fokopetama.

Melalui terbentuknya Forkopetama, Pemkot berharap, bahwa selain dapat mengembalikan ikon kota Probolinggo yang sudah semakin punah tersebut, Forkopetama diharapkan dapat meningkatkan laju roda perekonomian masyarakat melalui usaha-usaha kecil dan mikro berbahan dasar mangga sehingga berakibat pula pada peningkatan nilai dan harga jual tanaman mangga asli Kota Probolinggo.

Kini, 100 hari telah berlalu, bagaimanakah keberadaan mereka? Program-program apa saja yang sudah Forkopetama lahirkan? Dan lakukan?

Ditemui Selasa (19/2) lalu di salah satu warung rawon di jalan Dr. Saleh, M. Hisbullah Huda, Koordinator Forkopetama Kota Probolinggo, menjelaskan kepada Link Go mengenai beberapa program yang telah mereka siapkan, dan siap mereka luncurkan di awal Maret nanti.

“Dalam pertemuan peningkatan kapasitas kelembagaan yang juga digelar oleh Bappeda Rabu (13/2) lalu, kami juga sudah diminta untuk menjelaskan dan mempresentasikan program-program apa saja yang ingin kami perbuat dan apa saja yang akan kami lasksanakan di awal tahun 2013 ini,” jelas Huda, nama panggilan Hisbullah Huda.

Kepada Link Go Huda juga menjelaskan bahwa dirinya membagi program kegiatan tersebut ke dalam dua garis besar, yaitu program kelembagaan dan program action (baca: aksi).

“Untuk program kelembagaan, kami ingin mem-berak down formatur kepengurusan di tingkat kota ini sampai ke tingkat-tingkat terkecil, yakni kelurahan. Jadi, inginnya nanti di setiap kelurahan ada forumnya. Punya kepengurusan sendiri, punya ciri khas dan keunggulannya sendiri-sendiri (baca: terkait dengan produk-produk UKM, red.),” ungkap pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini.

“Tujuan forum kan sebagai sebagai media, sebagai jembatan, ruang dialog antar stake holder.” Imbunya.

Di bidang action, Huda sudah menyiapkan sejumlah program, diantaranya: Satu Rumah Satu Pohon (One House, One Tree); Seminar dan Pelatihan Penanaman Pohon Mangga; Festifal Pohon Mangga dan Mangga in Action.

Malah dalam waktu dekat, lelaki yang lahir pada 27 Juli 1975 silam ini, akan menggandeng ormas dalam kegiatan bersi selokan dan penanaman pohon mangga di Kelurahan Kanigaran dan Mayangan.

“Mimpi besar saya ini nantinya mangga ini tidak hanya dinikmati seperti sekarang. Matang, dikupas dan dimakan. Saya berharap ada teknologi tepat guna  yang bisa mengolah mangga ini menjadi produk-produk lainnya. Sehingga kalau ada tamu dari luar kota datang, kita tak lagi kesulitan untuk mencari buah yang sudah menjadi ikon Kota Probolingggo ini, kalau tidak musim.” ungkap Huda.

Lebih lanjut Huda berharap bahwa nantinya juga akan ada regulasi tentang tanaman mangga. “Perlu ada aturan, dalam bentuk PP atau Perwali yang mengatur dan melindungi keberadaan tanaman mangga di Kota Probolinggo. Saya juga ingin nantinya ada koperasinya, yang dapat menjaga kestabilan harga mangga, baik buah maupun pohonnya,” pungkas Huda. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: