SDS ABC Apresiasi Hari Pers Nasional


Pasuruan, FN-online.com – Dunia jurnalistik itu menyenangkan. Bertemu banyak orang dan berkeliling dunia. Begitu kesan para siswa-siswi SDS Anak Bangsa Cerdas yang mengikuti pelatihan jurnalistik bertema “Asyiknya Dunia Wartawan”, Sabtu (2/2-2013). Kegiatan tersebut dalam rangka apresiasi terhadap hari pers nasional yang jatuh 9 Februari mendatang. Siswa kelas 6 dan anggota klub jurnalistik mendapat materi “News Presenter & Reportase Televisi” oleh praktisi broadcasting Kurnia Mayasari. Kemudian kelas 4 & 5 belajar menulis berita sederhana serta praktik membuat buletin, dipandu oleh narasumber dari salah satu media, Rifqi Riva Amalia & penulis yang juga wartawan Stebby Julionatan.
https://bonx.files.wordpress.com/2013/02/pers.jpg?w=300
Dalam paparannya, Maya, panggilan akrab Kurnia Mayasari mengatakan, wartawan itu profesi yang banyak dicita-citakan. Mengapa? Sebab wartawan menjadi saksi setiap peristiwa. Kemudian, wartawan juga bisa kemana-mana dan bertemu banyak orang penting. ”Apalagi kalau kita menjadi reporter TV atau pembaca berita, wajah dan nama kita akan dikenal orang banyak.” Katanya.
Lalu apa kunci bisa menjadi wartawan? Dijelaskan Maya, selain prestasi akademik yang bagus, juga harus suka menulis, membaca dan bergaul. ”Adik-adik bisa menyiapkan diri mulai sekarang,” terang Maya.
Sementara itu, Rifqi mengungkapkan syarat agar karya kita bisa dimuat di media adalah, selain asli kita tulis karang sendiri, ceritanya juga bagus dan berkesan bagi pembaca. Dipaparkan, menulis tidak sulit. Dapat diambil dari pengalaman sendiri maupun orang lain dan diceritakan dengan bahasa kita. ”Tentunya menjadi kebanggaan apabila karya kita dibaca banyak orang,” jelas alumnus Universitas Gajah Mada ini. Kegiatan itu juga diisi dengan belajar menulis berita sederhana yang dipandu penulis dari kota Probolinggo Stebby Julionatan.
Kepala Sekolah ABC, Dian Kusumayanti di sela acara mengungkapkan, pelatihan jurnalistik ini merupakan apresiasi siswa terhadap peringatan Hari Pers Nasional 9 Februari. Dipaparkan, SDS ABC sudah memiliki klub jurnalis yang diharapkan kelak dapat melahirkan bibit jurnalis handal. ”Dengan pelatihan singkat ini, semoga siswa kami mengenal lebih dekat dunia pers,” harap Dian yang didampingi kordinator klub jurnalis, (Yeti Kartikasari/rd)
sumber: FN-online.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: