PERHELATAN LARUNG SESAJI BUMI MEMACETKAN JALUR PANTURA


Perhelatan Larung Sesaji Bumi 2012 yang dipusatkan di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Kota Probolinggo, Minggu (18/11) lalu, sempat memacetkan Jalur Pantura. Kemacetan ini tejadi sejak pukul 09.00 WIB, dimana rombongan kirab kesenian mulai dilepas dari kantor Kelurahan Mayangan, dan menyusur di sepanjang Jalur Lingkar Utara (JLU) menuju pantai.

Baru sekitar pukul 12.00 WIB, kemacetan yang terjadi di pertigaan jalan menuju dan keluar dari PPP ini bisa diurai oleh petugas. Berdasarkan pantauan Suara Kota, kemacetan ini lebih disebabkan oleh banyaknya masyarakat pesisir yang turut mengiringi para peserta pawai ketimbang mereka yang bergerombol menonton saja dari badan-badan jalan. Kontan, dengan kondisi merayap seperti ini, rombongan kirap memerlukan waktu sekitar dua jam untuk sampai ke garis finish yang jaraknya hanya sekitar 500 meter dari titik start.

“Ada tiga agenda kegiatan yang kita laksanakan dari pagi hingga siang hari ini. Pawai, Petik Laut yang didalamnya juga ada Lomba Hias Perahu, dan Larung sesaji bumi,” ujar Haryono, Kabag Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Dispobpar), yang sempat Suara Kota temui sebelum perhelatan larung sesaji dimulai.

Perhelatan Larung Sesaji Bumi sendiri baru dimulai sekitar pukul 13.00 WIB. Acara yang dibuka oleh Sekdakot Johny Haryanto ini, dihadiri juga oleh Asisten Pemerintahan (PLT Kadispobpar), Didik Sunaryoto, perwakilan dari FKPD, para kepala Satker, serta Camat dan Lurah se Kota Probolinggo.

Salam sambutannya Sekdakot Johny Haryanto menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu alternatif wisata Kota Probolinggo.

“Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1434 H dan tahun Jawa 1 Suro 1946 Saka, seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dispobar menyelenggarakan Petik Laut. Even Petik Laut dan Larung Sesaji Bumi ini melupakan salah satu alternatif wisata. Kita tahu, Kota Probolinggo ini kan minim wisata alamnya. Jadi harus diciptakan wisata-wisata alternatif seperti ini yang mampu mendongkrak sektor pariwisata kota,” ungkap Sekdakot Johny Haryanto dalam sambutannya.

Setelah sambuatan, upacara sakral larung sesaji pun dimulai. Diawali dengan masuknya iring-iringan para penari reog, jaran bodhak, dan pembawa pusaka ke dalam aula pelelangan ikan, rombongan tersebut kemudian disambut oleh Mbah Guco, pimpinan Pirukunan Mardi Luhung dan atraksi gemulai dari empat orang penari Gamyong. Selepas tarian, tepat dari bawah panggung, Mbah Guco yang saat itu sudah duduk bersila di tengah-tengah beragam hasil bumi pun mulai merapalkan doa.

“Upacara ini dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan. Mensyukuri berkah yang didapat, dan agar bertambah. Juga dimaksudkan untuk menghindari balak,” jelas Mbah Guco kepada Suara Kota.

Upacara tersebut ditutup dengan melarungkan sesaji yang berupa hasil bumi ke tengah laut. Dengan mengenakan kapal milik Polisi Laut, gethek yang berisi beraneka macam hasil bumi itu ditarik ke tengah laut dan dilarung.

Sebelumnya, dalam Lomba Perahu Hias yang diikuti oleh 100 perahu ini, tercatat perahu Putra Tunggal milik H. Hassan sebagai juara pertama. Diikuti kemudian oleh perahu Sumber Abadi milik H. Adi sebagai Juara II dan perahu Pancoran Mas milik H. Hambali.

Rangkaian kegiatan Larung Sesaji Bumi 2012 ini sebenarnya sudah dimulai sejak dua hari sebelumnya (16/11), beraneka kegiatan sudah dimulai di kediaman Mbah Guco yang terletak di jalan Juanda 76 Probolinggo. Kegitan-kegiatan tersebut, diantaranya: pertunjukan Reog Mini, Khataman Al Quran, Macapatan dan wayang kulit semalam suntuk.

Malam harinya, rangkaian kegiatan Larung Sesaji Bumi 2012 ini ditutup dengan OM. Araya yang menampilkan artis-artis Jawa Timur. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: