PARA PELAJAR RAMAIKAN EKSEBISI MEMBATIK HALAMAN MUSEUM


Selasa (13/11) lalu, puluhan pelajar SMA se-Kota Probolinggo meramaikan kegiatan Eksebisi Membatik Halaman Museum di halaman Museum Probolinggo. Kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 WIB ini, menjadikan halaman Museum Probolinggo kini tampak lebih berwarna. Potongan-potongan lantai paving, khususnya di bawah Nomad, yang selama ini nampak pucat, kini telah berhias beragam mural corak batik Manggur yang berwarna-warni dan segar.

“Kegiatan ini diikukti oleh 10 sekolah menengah atas. Masing-masing mengirim dua tim. Sehingga, dari sekolah, ada 20 tim yang berpartisipasi. Selain sekolah, kegiatan ini juga diikuti 1 elemen masyarakat. Dari kami sendiri, Kampung Seni. Juga dari pihak sponsorship. Total, ada 38 petak yang telah kami siapkan sebagai media,” jelas Moch. Abduh Ad’dai Ilal Haq, Ketua Panitia Pelaksana Eksebisi Membatik Halaman Museum, yang biasa disapa Abdu ini kepada Suara Kota.

Dalam kegiatan ini, Museum Probolinggo memang sengaja menggandeng komunitas seni Embrio dan Saluank Art dalam kepanitiaan. Menurut Koordinator Museum Probolinggo, Ade Sidiq Permana, tujuan keterlibatan elemen masyarakat ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keberadaan museum sebagai pusat kesenian dan kebudayaan.

“Mengapa kita perlu melibatkan masyarakat? Dan mengapa kita perlu mengelar kegiatan ini? Tentu, sebagaimana program museum, salah satu fungsi Museum Probolinggo adalah sebagai pusat kesenian dan kebudayaan. Sebagaimana tulisan di atas sana,” ujar Ade sambil menunjukkan bagian atap Museum Probolinggo. “Fungsi museum sebagai ruang publik. Ruang dialektika masyarakat Probolinggo,” terangnya.

Yang unik, kegiatan ini memindahkan kegiatan membatik yang selama ini dikenal masyarakat pada bidang kain ke lantai.

“Batik yang selama ini kita kenal luas di masyarakat dilukis di atas bidang kain, dengan menggunakan media lilin panas dan canting, juga mural yang biasanya kita kenal dalam media dinding, kali ini, kita coba satukan. Bagaimana kita membuat atau memindahkan media batik tersebut, yang sebelumnya kain, ke atas lantai dengan kuas dan juga cat.” lebih lanjut Ade, memberikan penjelasan mengenai detail kegiatan yang berlangsung hingga siang hari itu.

Kontan, kegiatan unik ini mengundang perhatian dari masyarakat yang melintas di depan Museum Probolinggo.

Ditanya mengapa perlu berbeda, Ade berharap bahwa agar kegiatan ini lebih mudah diingat, dikenal dan dipahami oleh masyarakat.

“Agar lebih mudah diapresiasi masyarakat. Mudah-mudahan ide ini bisa menjadi pemacu bagi rekan-rekan seniman lainnya, maupun masyarakat. Paling tidak di wilayah tapal kuda lah,” ungkap Ade.

Tak hanya membatik, pagi itu juga berlangsung pameran lukisan dan batik yang ditampilkan oleh para seniman Kota Probolinggo, komunitas UKM dan siswa-siswi SMKN 3.

Sebuah pagelaran kesenian pun telah dipersiapkan oleh panitia pada malam harinya. Pagelaran yang bertajuk Gala Batik Night “How Art are You Today?” ini akan menampilkan koleksi batik karya siswa-siswi SMKN 3. Selain itu, juga akan diramaikan oleh pegelaran aneka kesenian khas Kota Probolinggo dan launching Kawan Museum.

“Kawan Museum adalah salah satu kelompok masyarakat yang peduli terhadap perkembangan Museum (Probolinggo, red.),” terang Ade.

Saya berharap, upaya pelestarian (seni dan budaya, red.) ini benar-benar mendapat dukungan dan partisipasi dari masyarakat. Lewat Kawan Museum, lewat tagline museum: Museumku, Museummu, Museum Kita, kami berharap masyarakat yang memiliki ketertarikan di bidang sejarah, seni budaya dapat memanfaatkan ruang yang ada di museum ini sebagai ruang dialektika untuk mengangkat kebudayaan kota kita,” Pungkas Ade menutup sesi wawancaranya dengan Suara Kota pagi itu. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: