MGMP BAHASA GELAR LOMBA PIDATO DAN BERCERITA


“Pagi hari ini saya mendapatkan banyak perkuliahan politik Bahasa Indonesia.” Itulah yang disampaikan oleh Agus Maryanto, pakar Bahasa Indonesia, salah satu juri dalam Lomba Pidato dan Bercerita Menggunakan Alat Peraga yang digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Kota Probolinggo dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa Tahun 2012, ketika diminta memberikan komentar terkait penampilan siswa, para peserta lomba.

Lomba yang dilaksanakan di SMPN 9, sejak pukul 08.00 WIB, Selasa (30/10) kemarin, mendapat sambutan dan apresiasi yang luar biasa dari segenap undangan yang hadir, khususnya Dinas Pendidikan.

“Nantinya, (mata pelajaran, red.) Agama, PPKN, Bahasa Indonesia dan Matematika , dibuatkan silabus yang terpusat, tersentralisasi. Pemerintah yang akan mengatur hal itu. Dalam kurikulum baru ini (pemerintah, red.) akan menekankan pada model pembelajaran tematik yang mengarah pada pendidikan karakter,” ungkap Sukardi, Kabid Pendidikan Menengah di Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, dalalam sambutannya di hadapan para peserta lomba dan guru-guru pendamping.

“Supaya muatannya sama. Karena di setiap mata pelajaran itu dititipi pendidikan karakter. Berdasarkan penelitian, di tahun ini banyak pelajar yang menjadi korban (baca: tawuran) karena nilai pendidikan karakter tidak berjalan dengan baik,” lanjut Sukardi.

Lebih lanjut, Sukardi berharap kegiatan yang berlangsung pagi itu bisa berjalan dengan baik, jujur dan adil, menjadi awal yang baik bagi pentingnya pendidian karakter, dan munculnya kebanggaan terhadap bangsa lewat Bahasa Indonesia di antara para siswa.

Selain Agus Maryanto, Lomba Pidato dan Bercerita Menggunakan Alat Peraga ini juga dijuri oleh Famy Decta Maulida, staf Humas Pemkot Probolinggo; Stebby Julionatan, Dewan Pendidikan Kota Probolinggo dan Novita Sutanto dari perwakilan seniman (SS. Community) yang juga berprofesi sebagai guru di SDK Mater Dei.

“Bahasa menunjukkan bangsa. Dengan berbahasa kita dapat mengetahui segala identitas seseorang. Mulai dari pendidikannya karekater, suku, dlll. Bahasa termasuk dalam salah satu jenis kecerdasan, kecerdasan lingual. Untuk mengembangkan kecerdasan itu MGMP Bahasa Indonesia melaksanakan kegiatan ini,” ungkap Umbar Wijayatno, Ketua Panitia Lomba, dalam laporannya kepada Pengawas Pendidikan, Kepala Sekolah SMP 9 dan perwakilan Dinas Pendidikan.

Lebih lanjut, Umbar menyampaikan bahwa sebanyak 30 undangan yang dikikirm oleh MGMP ke sekolah-sekolah. Tapi kenyataannya dari 30 undangan itu hanya ada 17 sekolah yang merespon undangan dari MGMP.

“10  dari SMP Negeri, 3 dari MTs dan 4 dari SMP Swasta,” terang Umbar.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan daya saing sebagai bentuk peningkatan kemampuan dan keterampilan peserta didik untuk mengekspresikan diri. Secara umum tujuan yang diccapai adalah peningkatan mutu pendidikan Bahasa Indonesia tingkat SMP di Kota Probolinggo,” jelas Umbar lagi.

Untuk pidato, acara yang dibawakan oleh Arifani dan Rio dari SMP Negeri 4 ini mengambil tema Membudayakan Berbahasa Indonesia dengan Baik dan Benar. Sedang untuk lomba bercerita menggunakan alat peraga, tema yang diusung adalah Kebodohan yang Membawa Kesengsaraan.

“Harapan saya semoga kegiatan ini dapat berlanjut terus secara periodik. Dan hadiahnya dapat semakin bertambah. Misal dapat mobil, dapat rumah.” harap Umbar yang disambut tawa oleh para peserta.

Sebagai penutup, Wiwik Agustin selaku Pengawas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, dalam penutupannya menyampaikan hal yang senada dengan panitia.

“Semoga kegiatan ini menjadi momen rutin untuk peningkatan mutu pelajaran. Mungkin, kedepan kami ingin mengadakan lomba nge-MC, pembawa acara.”

Lomba pidato tercatat nama Santi Chindi Yuliana dari Taman Dewasa sebagai Juara I, Cindi Dewi dari SMPK Mater Dei sebagai juara II dan Al Maratus Sholeha dari SMPN 8 Kota Probolinggo sebagai juara III.

Sedang lomba bercerita menggunakan alat peraga dimenangkan oleh Maria Faradita Bahari dari SMPN 7 sebagai Juara I, Masnu Athul Khoriyah dari SMP 9 sebagai Juara II dan Ummi Amanah dari SMPN 7 sebagai juara III. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: