GERUS TAWURAN PELAJAR LEWAT POR KOTA


Jika banyak pelajar ibukota Jakarta sibuk dengan tawuran, maka ribuan pelajar Kota Probolinggo di tingkat SD dan SMP malah sibuk untuk berlomba, membuktikan dirinya sebagai yang terbaik dalam gelaran Pekan Olah Raga (POR) Kota II Tahun 2012 yang berlangsung di GOR Mastrip sejak Kamis (27/9) lalu.

Dalam multi event olah raga yang akan berlangsung hingga tanggal 4 Oktober mendatang ini, tercatat sebanyak 2449 atlet pelajar akan berkompetisi dalam 10 cabang olah raga (cabor), di antaranya: bola voli, bridge, bulu tangkis, catur, panjat tebing, pencak silat, renang, sepak takraw dan tenis meja.

Walikota Probolinggo, HM. Buchori, yang hadir untuk meresmikan kegiatan ini berharap bahwasannya POR Kota II dapat meningkatkan prestasi olah raga yang dimiliki oleh atlet-atlet Kota Probolinggo.

“Saya berharap dengan adanya GOR Mastrip, gedung olah raga yang baru saya resmikan ini, dengan keberadaan sarana olah raga yang mumpuni yang sudah kita miliki ini, maka keberadaannya bisa berbanding lurus dengan prestasi olah raga yang dimiliki oleh atlet-atlet Kota Probolinggo,” harap Walikota Probolinggo, HM. Buchori, yang saat itu mengenakan setelan training berwarna orange dan hitam, lengkap dengan topinya.

Memang, dalam acara yang berlangsung sejak pukul 8 pagi itu, tidak hanya diwarnai dengan perhelatan upacara pembukaan POR Kota belaka, namun juga diawali dengan peresmian GOR Mastrip, sebagai tanda dibukanya gedung tersebut secara resmi untuk khalayak umum.

Di samping itu, di awal sambutannya, Walikota Buchori juga banyak bercerita mengenai kejayaan olah raga yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia di even-even internasional, yang telah mengangkat harkat dan martabat bangsa sebagai Macan Asia melalui nama-nama, seperti: Cristian Hadinoto, Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

“Sayangnya, prestasi yang pernah dimiliki oleh Indonesia itu kini terpuruk. Jauh ketinggalan dengan bangsa-bangsa lain. Bahkan pada cabang-cabang olah raga yang dulunya sangat didominasi, seperti: bulu tangkis, pencak silat dan renang,” ungkap Walikota Buchori, di hadapan ribuan undangan yang terdiri dari siswa, kepala sekolah dan guru olah raga itu.

Selain Walikota Buchori, di deretan undangan VIP yang hadir pagi itu, juga tampak Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Hj Rukmini Buchori; Wawali Bandyk Soetrisno dan Sekda Johny Haryanto beserta ibu; anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD), kepala Satker serta Camat dan Lurah se-Kota Probolinggo.

Dalam laporannya, Ketua Panitia POR Kota 2012, Tjuk Soemarsono menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan POR Kota adalah sebagai sarana pembibitan atlet-atlet berbakat yang dapat menjadi andalan Kota Probolinggo di masa depan.

“Tiga tujuan inti dari kegiatan ini, adalah: pembentukan sikap dan pribadi yang bugar jasmani dan rohani, serta kompetitif dan sikap sportif yang mau dan mampu menghargai prestasi orang lain; sebagai ajang talenta scouting atlet-atlet yang dapat menjadi andalan Kota Probolinggo di masa depan; serta mewujudkan keterpaduan sistem keolahragaan sejak dari permasalahan, pembibitan dan peningkatan prestasi,” terang Tjuk Soemarsono dalam laporannya kepada Walikota Buchori.

Kali ini, dalam perhelatan event multi olah raga kedua yang dilaksanakan secara berkala setiap dua tahun sekali ini, tampak makin meriah dengan penampilan obade paduan suara dari 350 siswa tingkat SMA / sederajat se-Kota Probolinggo dan juga penampilan tarian Reog Balon yang dibawakan oleh siswa SMP dan SMA.

Berkali-kali tampilan mereka mendapatkan applaus dari para undangan yang hadir kerena terpukau akan keindahan dan kelucuannya.

“Lho, tibak’e wedhok. (Lho, ternyata perempuan),” ujar Silvy, salah satu penonton yang hadir, kecele karena mengira para penari reog yang rancak dan tegas tersebut laki-laki, ketika para penari Reog Balon akhirnya membuka topeng reog mereka di saat menari.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Buchori juga secara simbolis menyerahkan penghargaan kepada 65 atlet berprestasi Kota Probolinggo, diantaranya: Rindy Sufriyanto (peraih medali emas cabang olah raga panjat tebing di Asian Continental Champ di Guangxi China serta PON  Riau); Dandi Sukmana (peraih Medali Emas 400M Gaya Ganti dalam Invitasi Nasional Renang 2012) dan Indira Widiyanti (peraih Medali Perak dalam cabang Senam di Kejurda Jatim yang berlangsung Maret lalu di Gresik).

Yang tak terlupa, sebagai hiburan di acara pembukaan pagi itu, Dispobpar dan KONI sebagai penanggungjawab pelaksana kegiatan POR Kota juga telah menyiapkan pertandingan eksebisi bola voli antara Mars Kota (Probolinggo) melawan Indomart Sidoarjo yang berlangsung sesaat setelah upacara pembukaan berakhir.

“Pertandingan ini kami sediakan untuk masyarakat. Gratis. Tidak dipungut biaya bagi warga masyarakat Kota Probolinggo yang ingin datang untuk menyaksikan eksebisi voli ini,” ujar Kukuh Suryadi yang ditemui di sela-sela kegiatan kepada Suara Kota. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: