DEWAN PENDIDIKAN BENTUK KEMBALI FORUM KOMUNIKASI KOMITE SEKOLAH


Dalam Sarasehan Penguatan Komite Sekolah / Madrasah Tingkat SMP/MTs dan SMA/MA/SMK yang digelar di Aula SMKN 1 Probolinggo pada Rabu (8/8) lalu, Dewan Pendidikan Kota Probolinggo (DPKP) membentuk kembali Forum Komunikasi Komite Sekolah (FKKS).

Pembentukan itu dimaksudkan agar warga masyarakat yang tergabung dalam komite sekolah mendapatkan kembali wadah untuk bertukar pikiran, sekaligus penguatan peran komite dalam melaksanaan tugas dan fungsinya.

“Sebenarnya pembentukan FKKS ini tidak termaktub dalam agenda sarasehan yang kami laksanakan pagi ini. Sungguh di luar dugaan,” ujar Aziz RM., Ketua DPKP kepada Suara Kota.

Terbentuknya FKKS berawal dari usulan salah satu anggota Komite Sekolah MAN 1, Samsul Arif, yang menginginkan adanya rekomendasi dari Walikota atau DPKP bagi terbentuknya kembali forum komite sekolah. Forum yang juga mulai vakum sejak 2009 lalu, hingga berakhirnya masa jabatan DPKP periode sebelumnya.

Rupanya tanggapan Samsul Arif tersebut kemudian diapresiasi oleh seluruh undangan yang hadir. Hingga, di akhir kegiatan, mereka “memutar meja”, berkoordinasi, untuk membentuk cikal bakal keorganisasian yang terdiri atas dua unsur penting organisasi, yakni: Ketua dan Sekretaris. Selanjutnya DPKP menyerahkan pembentukan keorganisasian kepada Ketua dan Sekretaris terpilih.

Secara aklamasi, untuk tingkat SMP / sederajat, terpilih Joko Hardiyo (Komite Sekolah SMPN 1) sebagai ketua dan Suparji (Komite Sekolah MTS Unggulan). Sedangkan untuk tingkat SMA / sederajat, Sugianto (Komite Sekolah SMAN 3) sebagai ketua dan Samsul Arif (Komite Sekolah MAN 1) sebagai sekretaris.

“Kami menyerahkan sepernuhnya (baca: pembentukan, red.) kepada Ketua dan Sekretaris terpilih. Tujuan awal kami menggelar kegiatan ini hanyalah untuk penguatan peran komite (sekolah, red.). Tapi jujur, kami akan senantiasa mensuport, mendukung, semua hal yang baik dan berguna bagi kemajuan dunia pendidikan di Kota Probolinggo,” lanjut Aziz RM.

Sarasehan yang berlangsung dari pukul 09.00 WIB, dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan, Paeni Effendi. Dalam sambutannya, Paeni berharap dewan pendidikan dan komite sekolah adalah bagian penting yang tak terpisahkan dengan Dinas Pendidikan.

“Sebagai mitra yang sama-sama bertujuan membangun pendidikan di Kota Probolinggo. Tidak boleh lagi ada pembatas antara Dinas Pendidikan dengan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah,” ungkap Paeni di hadapan para undangan yang hadir pagi itu.

“Kami berharap secara tertulis DPKP dapat menyampaikan pokok pikiran tentang strategi kepentingan publik dan permasalahan yang dihadapi, utamanya terkait dengan keberadaan kegiatan sarasehan di pagi hari ini,” Harap Paeni menutup sambuatannya.

Selain pembentukan kembali forum komunikasi, para anggota komite sekolah menengah yang ada di Probolinggo in, rupanya juga berharap agar SK (Surat Keputusan) Komite Sekolah yang selama ini dikeluarkan oleh pihak sekolah dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah, diubah menjadi dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan atau Ketua DPKP.

“Kami berharap SK komite tidak dari kepala sekolah melainkan dari Kepala Dinas Pendidikan atau Ketua DPKP, agar komite sekolah, setidaknya, memiliki payung hukum yang jelas dan kekuatan untuk dapat memberi masukan bagi sekolahnya. Kalau seperti yang selama ini berjalan kan kesannya kedudukannya berada di bawah kepala sekolah. Padahal kita kan mitra. Yang Sejajar.” Ungkap Joko. Ketua Komite Sekolah SMPN 7 Kota Probolinggo

Dari hasil kegiatan ini DPKP lantas membuat rekomendasi yang ditujukan kepada Walikota Probolinggo dan juga Dinas Pendidikan, yang isinya: pembentukan kembali forum komite sekolah, tersedianya anggaran dari pemerintah untuk komite sekolah dan SK pembentukan komite sekolah tidak lagi berasal dari kepala sekolah melainkan dari Dinas Pendidikan. (tby)

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: