SEMIPRO 2012: ANGKAT TEMA TINGKATKAN POTENSI DAERAH


Mengangkat tema Dengan Semangat Nasionalisme Kita Tingkatkan Potensi Daerah Sebagai Penggerak Pariwisata, Ekonomi dan Investasi Menuju Probolinggo Luar Biasa, Semipro 2012 yang akan digelar dari tanggal 24 – 30 Juni 2012, dirasakan sudah siap 100% oleh panitia.

“Memang, ada beberapa kendala. Tapi itu ga teknis. Cuma masalah komunikasi saja. Tapi semua itu bisa diatasi. Sekarang, kalau ditanya apakah panitia sudah siap untuk melaksanakan Semipro 2012, saya jawab, kami siap 100%,” ujar Sumarji yang Selasa pagi (23/5) itu ditemui oleh Suara Kota di kantor Dispobpar.

“Semipro kan melibatkan banyak orang, baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat. Jadi kendalanya di sana. Menyamakan persepsi dan keinginan ketiganya. Tapi alhamdulillah, berkat koordinasi-koordinasi yang kami lakukan hampir setiap hari, selama tiga bulan belakangan ini, sekarang dah selesai semuanya. Sudah terang titik temunya,” imbuh pria yang tinggal di Jalan Diponegoro 11 ini.

Hasil yang diharapkan pada Semipro kali ini adalah meningkatnya iklim investasi produktif di Kota Probolinggo.

“Mungkin beberapa suara miring yang muncul di masyarakat, bahwasannya Semipro tak ubahnya seperti gelaran pesta panen, hanya berisi hura-hura, tidaklah bijak,” ungkap Sumarji.

“Terlebih soal investasi, bagaimanapun investor harus tahu dulu, Probolinggo ini seperti apa,” sanggah pria yang lahir di Solo, 59 tahun silam ini.

Lebih lanjut, Sumarji mengungkapkan bahwa investasi tidaklah seperti jualan kacang goreng. Beli sekarang untung sekarang. “Setelah melihat dan tahu, mereka (para investor, red.) pasti akan mempertimbangkan terlebih dahulu, kira-kira investasi apa yang cocok untuk bisa dikembangkan di Probolinggo.”

Untuk persiapan awal, Sumarji mengungkapkan bahwa promosi Semipro sudah dilakukan. Banner sudah dipasang di 12 Kota/Kabupaten seluruh Jatim, di antaranya: Malang, Pasuruan jember, Blitar, Tulungagung, Trenggalek, Kediri, Surabaya, Banyuwangi, Situbondo dan Bondowoso.

Banyak acara yang juga sudah dipersiapkan yang akan menjadi gaung Kota Probolinggo dalam event Semipro 2012. Mulai dari Bayuangga Batik Carnival (BBC), Pameran Koleksi Unggulan Museum se-Jatim, Kejuaraan Triathlon Tingkat Nasional, pameran produk unggulan Kota Probolinggo yang tesaji dalam Protex (Probolinggo Tourism Expo), sampai Gelar Potensi Daerah yang akan mengundang 11 perwakilan konsulat asing dan Prof. Kresnayana Yahya, seorang pakar ekonomi statistik dari ITS Surabaya, sebagai narasumber.

“Jadi selama ini, contohnya di bidang seni dan budaya, selama ini masyarakat Probolinggo hanya menjadi penonton saja. Tapi kali ini, masyarakat Kota Probolinggo sendirilah yang akan jadi penampil. Tentunya bukan penampil yang seadanya. Bukan hanya bisa bawa kentongan terus jalan,” harap Sumarji.

“Memanfaatkan paguyuban-paguyuban seni budaya yang ada di Kota Probolinggo. Memanfaatkan dan meningkatkan potensi daerah.” Tegasnya kepada Suara Kota yang Senin pagi (22/5) itu ditanya mengenai prospek Semipro 2012. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: