GELAR POTENSI DAERAH DIHARAPKAN GAET INVESTOR PRODUKTIF DI SEMIPRO 2012


Menginjak tahun ketiga pelaksanaan Semipro, tentunya berbagai terobosan baru kembali digulirkan Pemkot Probolinggo. Mulai dari Bayuangga Batik Carnival (BBC), Pameran Koleksi Unggulan Museum se-Jatim, Kejuaraan Triathlon Tingkat Nasional, sampai pameran produk unggulan Kota Probolinggo yang tesaji dalam Protex (Probolinggo Tourism Expo).

“Mulai dari seni, budaya, olah raga dan lain-lain, kesemua yang menjadi potensi daerah, potensi Kota Probolinggo, sama-sama akan kami tampilkan,” tutur Ketua Panitia Semipro 2012, Sumarji Sarsono kepada Suara Kota.

“Jadi gini, ide dasar dari pelaksanaan Semipro ini adalah mengundang orang untuk datang ke Probolinggo. Dengan begitu pariwisata dapat meningkat. Nah, kalau pariwisatanya meningkat maka imbasnya adalah peningkatan ekonomi kerakyatannya. UKM dan PKL dagangannya laku, dan segara langsung merasakan dampak dari adanya kegiatan ini,” ungkap Sumarji menceritakan latar belakang pelaksanaan Semipro sebenarnya.

Lebih lanjut, Sumarji mengatakan bahwasannya memang harus ada yang berbeda. Sebuah terobosan yang berbeda dari pelaksanaan Semipro sebelum-sebelumnya.

“Dalam beberapa tahun terakhir ini Probolinggo kan sudah banyak prestasinya. Itu potensi. Potensi inilah yang akan coba kita jual kali ini. Khusus tahun ini, kami mencoba menawarkan investasi. Wisata investasi produktif yang kami kemas dalam sebuah event yang bertajuk Gelar Potensi Daerah,” tutur pria yang pernah bekerja di perusahaan perkayuan terkemuka di Kota Probolinggo ini.

“Istilah’e, koyok wong wedhok. Selama ini wes dirumat nang salon. Wes mulus, wes ayu. Saiki waktune ditawakno. Cek payu. Onok seng ngerabi,” candanya menggunakan bahasa Pendalungan, bahasa jawa ngoko.

Gelar Potensi Daerah rencananya akan dilaksanakan hari Selasa, tanggal 26 Juni 2012, dari pukul 9 pagi, di Bromo View Hotel.

Acara yang di-leading-sector-i oleh Bappeda ini akan mengundang para pengusaha, baik dari Probolinggo maupun dari luar probolinggo.

“Dari dalam Probolinggo sendiri ada perbankan, pabrikan dan perusahaan besar macam PAI atau KTI. Kalau dari luar Probolinggo, kami mengundang Asosiasi Pengusaha Perkapalan dan Cold Storage, juga pengusaha yang bergerak di sektor perdagangan,” ujar pria yang kini menjabat sebagai Senior Manager Marketing di PT. Bromo Falcata Indonesia.

Tak hanya para pengusaha, dalam acara itu juga akan dihadiri oleh 11 konsulat asing, di antaranya dari Amerika Serikat, Belgia, Denmark, Jepang, Canada, Perancis, Philiphina, Srilanka, Swedia, Jerman dan Belanda.

“Lahan paling bagus untuk investasi di Kota Proboliggo ada di kawasan utara. Ada laut, ada pelabuhan dan dermaga. Di samping itu ikon mangga harus dimiliki Probolinggo.” ungkap pria yang lahir pada 11 Agustus 1953 silam.

Gelaran ini bertujuan untuk merumuskan Probolinggo di bidang investasi dan mencoba memunculkan beragam investasi baru yang produktif. Maksud dari produktif adalah investasi yang bisa bisa memberdayakan dan menyerap tenaga kerja.

Acara yang juga melibatkan 10 SKPD terkait ini akan menghadirkan Kresnayana Yahya, seorang pakar ekonomi statistik dari ITS Surabaya sebagai narasumber. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: