SEMINAR PENDIDIKAN SEHARI UNTUK CIPTAKAN GENERASI EMAS INDONESIA


“Bukan pendidikannya yang carut marut, tapi kacamatanya yang perlu diubah.” Begitulah sanggahan Prof. Djoko Suyono yang diungkapkannya dalam Seminar Sehari Pendidikan yang dihelat dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Puri Manggala BhaktI, Kantor Walikota Probolinggo, Senin kemarin (30/4).

Dengan tema “Meretas Isu Inovatif Pendidikan untuk Mewujudkan Bangkitnya Generasi Muda Indonesia”, seminar yang ditujukan untuk para pemangku kepentingan dan kebijakan di bidang pendidikan ini dibuka langsung oleh Wakil Walikota Probolinggo, Bandyk Soetrisno.

Tak hanya Wawali Bandyk Soetrinso, dalam seminar yang berlangsung selama 3 jam tersebut juga tampak Ketua Komisi A DPRD Kota Probolinggo dan para pengurus Dewan Pendidikan Kota Probolinggo (DPKP).

“Banyak orang yang menyatakan bahwa dunia pendidikan saat ini carut marut, tapi sebenarnya tidak,” tegas Djoko.

“Hal tersebut terjadi karena guru dan tenaga pendidiknya masih menggunakan pengalamannya sendiri saat mereka “menjadi” siswa dan bukannya merasakan apa yang siswa mereka alami saat ini,” lanjut pria yang juga merupakan rektor di fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Malang ini.

Djoko juga memberikan data-data tambahan yang mendukung pendapat dan teorinya, diantaranya: teori mengenai Adversitory Question oleh Skulls, The Culture of Speed, In praise of Slownes, Virtual Citizen City, Econometry, Creative Capital, Coopetition dan Blue Ocean Strategy, yang mana dalam teori-teori yang baru tersebut tentunya memutuskan teori-teori lama yang ada.

Seminar yang bertujuan menambah wawasan para pemangku kebijakan pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Probolinggo ini dihadiri oleh 340 kepala sekolah dan 26 pengawas sekolah.

Dalam sambutannya Wawali sempat curhat mengenai kondisi pendidikan yang ada di kota probolinggo yang menurutnya mulai timpang antara perkembangan iptek dan imtak.

“adahal harus seimbang. Tawuran pelajaran. Narkoba dan hamil di luar nikah adalah contoh-contoh

Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional, Dinas Pendidikan Kota Probolinggo melaksanakan 4 agenda penting. Diawali dengan Jalan Santai jumpat lalu (27/4), Lalu Seminar Pendidikan. Upacara Bendera di Aloon-Aloon Kota Probolinggo dan gelaran Expo Pendidikan dari tanggal 2-5 Mei yang dipusatkan di GOR A. Yani. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: