DEWAN PENDIDIKAN PANTAU PELAKSANAAN UNAS


Dewan Pendidikan Kota Probolinggo (DPKP) yang dilantik oleh Walikota Buchori pada 30 Maret lalu, rupanya tak mau menunggu waktu lama untuk memulai geliatnya.

Lewat rapat-rapat rutin yang digelar seminggu sekali di Kantor DPKP, Jalan Hayam Wuruk No. 2, kesebelas anggota DPKP merumuskan apa saja yang mereka dapat perbuat bagi perkembangan dan kemajuan dunia pendidikan di Kota Probolinggo.

Termasuk pada agenda Ujian Nasional (UNAS) yang digelar dari akhir bulan April sampai awal Mei 2012, DPKP pun tak mau ketinggalan untuk turut mengawal pelaksanaan UNAS tersebut.

“Monitoring adalah salah satu fungsi keberadaan DPKP yang tertuang dalam UU Sisdiknas dan PP Nomor 17 Tahun 2010,” ujar Warnoto, Koordinator Tim Monitoring dan Evaluasi Pelaksanaan UNAS 2012 kepada Suara Kota di sela-sela kesibukannya menyusun rekomendasi pelaksanaan UNAS, Rabu sore itu (16/5).

Dengan kata lain, agenda awal yang dijalankan oleh DPKP adalah pemantauan UNAS dari tingkat SMA (16-19 April 2012), SMP (23-26 April 2012), sampai SD (7-9 Mei 2012).

“Fungsi monitoring adalah memantau pelaksanaan UNAS. Yang mana, nantinya, dari hasil temuan-temuan yang ada di lapangan selama pelaksanaan UNAS kemarin, lantas kami kaji dan kami buatkan rekomendasi untuk Kepala Dinas (Pendidikan, red.)”

Lebih lanjut Warnonto mengaku, sejauh ini, dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang digelar oleh DPKP, pelaksanaan UNAS 2012 di Kota Probolinggo secara umum bisa dikatakan tertib dan lancar.

“Rekomendasi kami hanya menyangkut dua hal penting. Pertama, adalah mengenai kelancaran UNAS yang kami harapkan untuk dapat selalu ditingkatkan pada pelaksanaannya di tahun-tahun mendatang. Kedua, Dinas Pendidikan selaku penanggung jawab teknis pelaksanaan UNAS agar lebih kuat dalam memberi pengarahan dan penekanan kepada pengawas ruang untuk lebih fokus dan teliti sehingga tidak merugikan para peserta ujian,” ungkap Warnoto, yang juga berprofesi sebagai kepala sekolah di salah satu SMK Swasta di Kota Probolinggo ini.

“Tak kalah pentingnya, Dinas (Pendidikan, red.) juga mampu memberi penekanan khusus para kepada kepala sekolah penyelenggara agar setiap hari melakukan briefing terhadap pengawas ruang dan mempersiapkan materi briefing dengan baik,” imbuhnya kepada Suara Kota.

Ketika ditanya lebih lanjut mengenai apa langkah DPKP selanjutnya, Warnoto mengatakan bahwa DPKP juga akan melaksanakan monitoring dan evaluasi pelaksanaan P2DB dan audiensi dengan para kepala sekolah. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: