TP PKK GANDENG SUARA KOTA GELAR LOMBA KARTINIAN


Jrebeng Wetan Sapu Bersih Lomba Kartinian

Tak salah memang pendapat yang mengatakan bahwa bulan April adalah bulan perempuan. Sebab, kita tahu, banyak sekali kegiatan (bertemakan) perempuan dilaksanakan di bulan ini. Mengapa? Tentunya hal tersebut tak lepas dari sosok Kartini, salah satu pahlawan nasional perempuan Indonesia. Kartini yang lahir di tanggal 21 April 1879 adalah pahlawan perempuan nasional Indonesia yang memperjuangan pergerakan emansipasi perempuan Indonesia.

Sabtu kemarin (21/4), pukul 8.00 WIB, bertempat di Puri Manggala Bhakti Kantor Walikota Probolinggo, tampak beberapa perempuan berparas cantik dengan luwes berlenggak-lenggok di atas catwalk dalam balutan kebaya. Tak hanya itu, bebarapa dari mereka juga mahir mendeklamasikan puisi. Di sudut yang lain, tampak pasangan Pak Lurah dan Bu Lurah sedang mengolah mie menjadi aneka olahan kreasi masakan.

Kegiatan yang bertajuk Lomba Kreasi Masak Paklur-Bulur yang diadakan oleh Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo dan bekerja sama dengan Radio Suara Kota ini, dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Kartini. Dengan mengambil tema: Dengan Semangat Kartini Kita Tunjukkan Peran Serta Perempuan dalam Mendukung Tercapainya MDG’s 2015, Utamanya dalam Peningkatan Derajat Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk menunjukkan semangat kartini-kartini modern Indonesia.

“Kartini masa kini tidak hanya cantik parasnya. Tidak hanya cantik hatinya. Tapi juga harus pintar otaknya. Harus mandiri,” Ujar Hj. Rukmini Buchori, Ketua TP PKK Kota Probolinggo yang sekaligus anggota Komisi VIII DPR RI.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah kesadaran kaum perempuan, khususnya perempuan Kota Probolinggo, bahwa mereka juga bisa. Bisa mandiri dan menunjukkan peran sertanya dalam mendukung tercapainya MDGS’s 2015, terutama dalam peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Sesuai dengan tema kita hari ini.” Lanjut Hj. Rukmini Buchori, ketika menyampaikan tujuan kegiatan ini kepada Suara Kota.

Selain Hj. Rukmini Buchori, dalam kegiatan tersebut hadir pula Wakil Ketua TP. PKK dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Probolinggo.

Sebanyak 145 peserta berpartisipasi dalam lomba-lomba Kartiniku Kini ala TP PKK ini. Peserta lomba meliputi 5 orang perwakilan dari 29 Kelurahan yang ada di Kota Proboliggo. Dua orang perwakilan, yakni Pak Lurah dan Bu Lurah, untuk Lomba Kreasi Masak Mie dan sisanya, tiga orang perwakilan, untuk Lomba Kebaya ala Kartini.

Dari 87 peserta yang meramaikan Lomba Kebaya ala Kartini nantinya akan dipilih 10 besar yang nantinya akan ditantang kembali, membuktikan keahlian mereka, membawakan naskah puisi yang sudah ditentukan oleh panitia.

Dari hasil segenap penjurian, baik lomba memasak maupun lomba kebaya, tampak bahwa Kelurahan Jrebeng Wetan menyapu bersih segenap nominasi juara. Catat saja, sebagai Juara Umum Lomba Memasak Kompak atas nama Lurah Suyanto, Juara I Lomba Busana Kartini dan Baca Puisi atas nama Nurbani Ilahiyah, juga Juara Harapan I di lomba yang sama, busana dan baca puisi, atas nama Nuraini.

“Kami menilai dari keseluruhan penampilan. Yakni, cantik dalam berdandan, juga memukau pada saat membaca puisi. Membaca puisi itu tak perlu hafal. Tapi tataplah audience.” Ujar Ibu Imam Suwoko, Ketua Juri Lomba Busana Kartini dan Baca Puisi, memberikan tips kepada para peserta lomba, sebelum dirinya mengumumkan nama-nama pemenang di pagi hari itu.

Juara 2 lomba busana diraih oleh Kiki Mardiana dari Kelurahan Sumber Taman, Juara 3 diraih oleh Jam’iyah dari Kelurahan Kedopok dan Juara Harapan 2 oleh Sri Suiawati dari Kelurahan Jrebeng Kulon.

Untuk lomba kreasi memasak mie, Juara 1 diraih oleh Kelurahan Triwung Lor, Juara 2 oleh Kelurahan Sumber Taman, Juara 3 dari Kelurahan Wonoasih, Juara Harapan 1 dari Kelurahan Wiroborang dan Juara Harapan 2 dari Kelurahan Kedung Asem.

“Harapannya simple, kami berharap dengan adanya lomba-lomba ini bisa memicu semangat gererasi muda perempuan Indonesia untuk bisa lebih peduli terhadap lingkungannya, khususnya dalam mensukseskan goal program MDG’s di 2015” pungkas Hj. Rukmini Buchori mengakhiri wawancaranya dengan Suara Kota.

Tak hanya berlangsung off air, kegiatan dalam rangka peringatan hari Kartini juga diwarnai dengan kegiatan-kegiatan on air di Radio suara Kota, diantaranya adalah talkshow dengan PD Shalimah dan TP PKK Kota Probolinggo. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: