PEMKOT GELAR SOSIALISASI JURNALISME WARGA


Sejak Juli 2011, Pemerintah Kota Probolinggo menjalin kerjasama dengan Kinerja USAID. Tujuan dari kerjasama tersebut adalah peningkatan pelayanan publik, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

Salah satu bentuk bantuan teknis yang diberikan oleh Kinerja USAID adalah peningkatan dan penguatan media melalui Pelatihan Jurnalisme Warga.

Kamis (21/3), pukul 09.00 WIB, bertempat di Sabha Bina Praja Kantor Walikota Probolinggo, berlangsung Pelatihan Jurnalisme Warga yang diikuti 20 insan pendidikan di 20 sekolah percontohan Kinerja USAID.

“Kemajuan teknologi komunikasi dan juga keterbukaan serta kebebasan berekspresi di dunia mendorong lahirnya individu yang memiliki akses yang luas dalam penggunaan teknologi informasi untuk mengangkat berita dan kejadian sebagai penyeimbang dari berita arus utama atau main streim,” ungkap Sukam, Kabag Organisasi Sekdakot Probolinggo, ketika memberikan sambutan dalam acara Pelatihan Jurnalisme Warga pagi itu.

“Bahayanya, kalau individu tersebut, individu penulis berita tersebut menulis berita tanpa bekal. Sehingga pelatihan ini dipandang perlu untuk memberikan bekal kepada warga masyarakat, yang selama ini tidak bekecimpung di bidang publikasi atau media.” lanjut Sukam.

Dalam pelatihan berlangsung selama dua hari ini, peserta dijelaskan mengenai Tiga Isu Penting Kinerja, Dasar-Dasar Jurnalisme dan Praktiknya secara langsung.

Hadirnya Jurnalisme Warga ini diharapkan untuk melengkapi informasi yang selama ini belum ter-cover oleh jurnalisme arus utama.

“Harapannya, jurnalisme warga ini nantinya dapat mengawal perkembangan dan kemajuan dari 20 sekolah di wilayah Selatan (Kota Probolinggo) yang sudah ditunjuk sebagai sekolah percontohan (Kinerja USAID), yang tidak tercover oleh media-media besar,” harap Bambang Widi Santoso, perwakilan Kinerja USAID, mendampingi Sukam, dalam pembukaan Pelatihan Jurnalisme Warga.

Lebih lanjut, out-put dari pelatihan jurnalisme warga ini tidak hanya berhenti di situ saja, titik itu saja. Kedua puluh peserta calon Jurnalis Warga ini akan terus didampingi secara berkesinambungan oleh Kinerja USAID.

“Akan ada talkshow dengan Suara Kota tanggal 19 April nanti dan follow up pertemuan bagi para calon jurnalis warga.” Jelas Bambang Widi kepada Suara Kota. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: