KOTA PROBOLINGGO LAUNCHING e-KTP


Pagi itu (10/4), suasana di Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, tampak lain daripada biasanya. Maklum, sebab Senin pagi itu, sekitar pukul 9.00 WIB, di kantor kecamatan yang terletak di Jalan Slamet Riyadi tersebut tengah berlangsung Launching Pelaksanaan KTP Elektronik (e-KTP) di Kota Probolinggo Tahun 2012.

Setelah mematangkan persiapan, Pemkot Probolinggo memalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk dan Capil) resmi melaunching pelaksanaan e-KTP masal. Acara yang digelar di kantor Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo tersebut sedikitnya dihadiri oleh 350 undangan, yang terdiri dari: Walikota Probolinggo HM. Buchori beserta Hj. Rukmini Buchori selaku warga Kecamatan Kanigaran, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Para Asisten, Kepala Satker di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Tokoh Masyarakat dan –pastinya, warga masyarakat Kecamatan Kanigaran.

Selaku Kepala Dispenduk dan Capil, Zainullah, mengungkapkan maksud dan tujuan pelaksanaan e-KTP. Menurutnya, berdasarkan UU No. 23 Tahun 2006,  tentang Kependutukan, setiap penduduk wajib memiliki satu KTP.

“Agar tidak terjadi lagi warga masyarakat yang memiliki KTP atau data kependudukan ganda, meminimalisir adanya terorisme, dan tentunya juga guna memudahkan pendataan, baik pendataaan hak suara saat Pilkada maupun pendataan bagi masyarakat yang kurang mampu yang nantinya mendapat perhatian khusus atau bantuan dari Dinas Sosial maupun Kesra (Bagian Kesejahteraan Rakyat, red.), untuk itu, penduduk Kota Proboliggo, mulai hari ini wajib memiliki satu buah KTP saja dan wajib pula mengikuti pelaksanaan perekaman data di kantor kecamatannya masing-masing.” Ungkap Zainullah, panjang lebar, dalam laporannya kepada Walikota Buchori, di hadapan para undangan yang hadir.

Sementara itu, dalam sambutannya yang juga menandai diberlalukannya perekaman data penduduk, Walikota Buchori mengungkapkan, apabila prgram e-KTP ini sukses, maka Indonesia akan menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang berani menerapkan sistem ini secara gratis.

“Tentunya, kalau program ini sukses, Indonesia bisa menjadi teladan bagi negara-negara lainnya, di kawasan Asia Tenggara. Banyak nantinya negara-negara yang akan melaksanakan studi banding ke Indonesia.” Jelas Walikota Buchori.

Senada dengan apa yang diungkapkan Zainullah, Walikota Buchori juga turut nekekankan bawasannya penggunaan e-KTP juga meminimalisir adanya penggunaan KTP ganda dan mempermudah pelayanan masyarakat.

“Dengan mengadopsi basis sitem pelayanan terpadu, yaitu kartu identitas tunggal dengan NIK (Nomer Induk Kependudukan, red.) Nasional, program e-KTP ini bukanlah program yang murah. Membutuhkan anggaran negara yang tak sedikit. Untuk itu saya berharap bahwasannya warga masyarakat Kota Probolinggo dapat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya.” Lanjut Walikota Buchori dalam penjelasannya kepada warga masyarakat yang hadir.

Dalam proses perekaman data yang sebenarnya telah  dilaksanakan serentak sejak tanggal 28 Maret tersebut tampak Walikota Buchori menjadi orang pertama yang mengisi biodata, pas photo dan membubuhkan tanda tangan serta sidik jari kepada petugas pendataan e-KTP. (tby)

Advertisements

3 Responses to “KOTA PROBOLINGGO LAUNCHING e-KTP”

  1. adi purwadi Says:

    sebelumnya salam kenal ya 🙂
    mas, aku mau tanya. Kalau pembuatan kk dan akte dikenai biaya apa tidak ? Kalaupun ada biayanya itu berapa sesuai peraturan yang ada ?

    • KTP dan KK konvenaional pengurusannya, sesuai Perda yg ada, pengurusannya dikenai biaya sebesar Rp. 5.000 per item. Jadi klo misalnya jumlah anggota keluarganya 4 orang, maka biaya administrasi yg hrs dibayarkan kpd kecamatan adalah 25ribu rupiah. 20rb untuk KTP dan 5rbnya lagi untuk KK. Trims dan salam kenal juga. 🙂

  2. salam kenal,,,,,
    banyak yg mengeluh mslh biaya kepengurusan ktp ataupun kk,nah,,,,yg saya tanyakan bagi rakyat yg gak mampu gimana tu mas,?tolong penjelasannya,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: