MPS2 MAKIN DIMINATI


Dari Tahun Ke Tahun Partisipan Bertambah

“Lagu di awal tadi. Lagu Barakallah milik Maher Zein yang saya nyanyikan di awal tadi merupakan doa Nabi (Muhammad SAW.) kepada putrinya, Fatimah, saat beliau menikahkan putri kesayangannya itu. Isinya adalah doa orang tua, doa yang baik-baik, orang tua kepada anaknya agar anaknya tersebut hidup berbahagia.” Ungkap Walikota Buchori mengawali sambutannya di Pembukaan Morning on Panglima Sudirman Street (MPS2) Episode I Tahun 2012 pada Minggu (18/3) pagi kemarin.

“Kalau hal tersebut (lirik lagu Barakallah Maher Zein, red.) ditarik pada tema MPS (MPS2, red.) pagi ini, yakni Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Kemudahan Investasi dan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah, seperti itulah yang harus dilakukan pemerintah sebagai orang tua kepada rakyatnya, kepada masyarakatnya. Pemerintah harus melakukan segala yang terbaik, melaksanakan program-program yang tepat guna dan bermanfaat untuk meningkatkan taraf hidup warga masyarakatnya.” Lanjut Walikota Buchori kepada para undangan yang hadir di titik start, depan Rumah Dinas Walikota.

Acara pembukaan yang dimulai sekitar pukul 05.30 WIB, seperti biasa, dihadiri oleh anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD), Wawali Bandyk Soetrisno, Sekdakot Jhoni Haryanto dan Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Rukmini Buchori, para kepala SKPD, serta Camat dan Lurah di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Lebih lanjut Walikota Buchori juga menyayangkan ketika ada komentar salah satu warganya di sebuah surat kabar yang menilai bahwa dalam gelaran MPS2, unsur pemkot lebih banyak terlibat ketimbang UMKM dan PKL.

“Saya menyayangkan ada salah satu warga yang berkomentar di surat kabar bahwa lebih banyak unsur pemkot yang ikut MPS (MPS2, red.) ketimbang PKL dan UMKM,” keluh Walikota Buchori.

Walikota Buchori pun langsung membantah hal tersebut dengan mengatakan bahwa dalam gelaran MPS2, unsur pemkot yang berpartisipasi hanya terdiri dari 34 satker, sedangkan sisanya, sebanyak lebih dari 124 stan adalah milik

“Ini berarti kan jumlah unsur pemeritah kota cuma sekitar 30 persennya saja,” tandas Walikota Buchori.

Pagi itu, Walikota Buchori juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada para pimpinan instansi vertikal yang dari tahun ke tahun semakin meningkat saja jumlah keikutsertaannya.

“Saya juga berterima kasih kepada para pimpinan instansi vertikal yang ikut serta menyemarakkan gelaran MPS (MPS2, red.) tahun ini, yang mana jumlah angka partisipasinya, saya tengarai, makin banyak dari tahun ke tahun. Kalau biasanya cuma 5 sampai 10 saja instansi yang ikut berpartisipasi, maka di tahun ini jumlah partisipasinya mencapai lebih dari 30 instansi.” Ujar Walikota Buchori.

“Ini adalah bagian dari CSR. Coorporate Social Responsibility. Bagian dari kegiatan sosial perusahaan untuk warga masyarakat sekitar. Mudah-mudahan program ini dapat bermanfaat.” Harap Walikota Buchori mengakhiri sambutannya.

Tak terasa memang, sudah 3 tahun ini (sejak 2009) kegiatan MPS2 turut mewarnai agenda kegiatan pariwisata Kota Probolinggo. Dan menginjak tahun keempat, acara yang terinspirasi dari gelaran Morning on Thamrin Street di Jakarta tersebut, tentunya semakin memberikan dampak yang positif bagi perputaran roda perekonomian warga masyarakatnya. Selain untuk peningkatan sektor pariwisata dan perekonomian daerah, ajang MPS2 juga bermanfaat untuk sarana promosi produk-produk unggulan daerah.

MPS2 Episode I Tahun 2011, diikuti oleh 375 peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat. Kegiatan-kegiatannya, meliputi: penjualan produk unggulan, pembagian sembako gratis, pengobatan gratis dan sosialisasi masalah kesehatan, check up gula dan tekanan darah, donor darah dan pengurusan SIM di tempat.

Yang menarik, dalam pelaksanaan MPS kali ini juga berlangsung peresmian Gerakan Gemar Makan Ikan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Walikota Buchori di belakang stan Dinas Kelautan dan Perikantan (DKP) yang terletak di halaman Benglap. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: