KISAH KETIGA BELAS HERLYN FAROHYATI


BARANG YANG SUDAH DIBELI (memang) TIDAK BISA DITUKAR KEMBALI..

Awal membaca buku ini aku merasakan kebingungan alur dimana bahasan per babnya berbeda dan tidak ada kaitan satu sama lain. Masuk ke tengah buku baru aku merasakan ada sesuatu yang berbeda. Pengarang meletakkan diri pada beberapa situasi dan posisi, yang kesemuanya terangkum dari sudut pengarang. Dengan latar belakang sosial budaya yang melekat dalam kehidupannya, rangkuman itu bisa dibentuk menjadi alur yang beragam. Kecintaan pada sebentuk rasa menjadi ujung dari pemahaman itu.
Berbicara tentang rasa, aku punya pendapat yang tidak jauh berbeda darinya.

Rasa dimana-mana sama, yang membedakan adalah efek yang dirasakan setelah sama-sama merasakan rasa. Semisal itu warna, akan ada warna merah-biru-hijau-dan ungu bahkan hitam. Semisal itu cecapan, akan ada manis-asin-asam dan pahit bahkan masir. Tiap-tiap warna dan cecapan memiliki karakteristik dan variabel yang sudah terstandar. Sudah terspesifikasi menjadi semacam pola dengan ciri khasnya tersendiri. Bagiku itu manis tetapi bagi dia bisa berasa asin. Baginya hijau tetapi bagi mereka itu bisa berwarna kuning.

Rasa adalah apa yang diinginkan oleh sang perasa. Gambaran apa yang diinginkan, diharapkan bahkan dipuja dan dinantikan. Sama bentuknya seperti apa yang ada dalam gambaran kita ketika kita menginginkan sesuatu. Ketika sesuatu itu datang mendatangi kita, dia akan berwujud sebagaimana yang kita inginkan darinya. Dia akan berasa manis karena kita menginginkan dia manis dan dia akan berwarna merah karena kita memikirkan dia sebagai warna merah. Maka ketika rasa itu datang, terimalah dia sebagaimana dia ingin berwujud padamu. Rasa bukan segalanya tetapi tanpa rasa kita adalah bukan apa-apa.

( Bandung, Maret 2012 )

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: