Kilas Bestari, Super News – Program Baru Radio Suara Kota


SUARA KOTA – “Ya, rekan Yuli.. Saat ini saya sedang berada di lokasi jalan rusak seperti yang dilaporkan salah satu pendengar.., Nampaknya disini memang..” itulah penggalan kalimat reporter di Radio Suara Kota. Dari laporan tersebut nampak reporter berada di jalan yang rusak dan belum ada penanganan dari pemerintah.

Kalimat-kalimat reportase semacam ini kerap terdengar di radio berfrekuensi 101,7 FM setiap pagi. Tepatnya antara pukul 09.00 sampai 11.00 WIB. Bukan sebuah rekaman tetapi inilah program baru radio milik Pemerintah Kota Probolinggo.

Apakah program baru tersebut? Program acara Laporo Rek di Radio Suara Kota bukan hal yang baru. Tapi, di tahun 2012 ini Laporo Rek punya sejumlah inovasi program berbasic informasi masyarakat seperti Kilas Bestari, Super News, KLIS, Kurcaci dan Program 9.
Program-program ini mulai di-launching sejak 1 Januari 2012 lalu. Alhasil, program yang murni tentang informasi ini mendapat respon positif dari seluruh pendengar di sekitar Probolinggo. Pantas saja jika program tersebut bakal menjadi unggulan di Radio Suara Kota yang terletak di kompleks Museum Probolinggo Jl Suroyo itu.

Kilas Bestari dan Super News menjadi satu kesatuan program yang on air saat acara Laporo Rek, setiap Senin – Jumat pukul 09.00 sampai 11.00. “Laporan masyarakat yang masuk ke kami, kami tindaklanjuti langsung ke lokasi seperti yang dilaporkan. Reporter yang ada di lapangan mengecek apakah laporannya sudah sesuai atau tidak,” tutur Yuli Anisah, penyiar radio Suara Kota.

Lebih lengkap dijelaskan, Laporo Rek merupakan program radio yang menampung berbagai aspirasi masyarakat di Kota Probolinggo. Melalui media interaktif ini, masyarakat dapat menyampaikan laporannya (baik positif atau negatif) ke radio melalui pesan singkat, telepon, facebook atau datang langsung ke radio.

Ketika ada laporan yang masuk ke Laporo Rek, penyiar akan memilih laporan mana yang layak untuk Kilas Bestari. Jika sudah ditentukan selanjutnya reporter di lapangan (Stebby, Lina, Sonea) meluncur ke lokasi yang dimaksud, sementara penyiar di studio menunggu hasil reportase.

Usai menginvestigasi kondisi real di lapangan (Kilas Bestari) selesai disusul Super News. Super News merupakan cover both side atau upaya mengklarifikasi pihak yang terkait. Contohnya, jika laporan tentang jalan rusak tentu klarifikasi ditujukan kepada Kepala Dinas PU, tentang pelayanan RSUD langsung ke Direktur RSUD.

“Super News ini solusinya,” sahut Stebby Julionatan. Keistimewaan program ini karena ada tanggapan atau pernyataan dari kedua belah pihak, pihak yang melapor dan dinas yang menangani.

Selain Kilas Bestari dan Super News, fresh program lainnya adalah KLISS (Kilas Informasi Suara Kota) berisi tentang informasi-informasi yang terjadi di Indonesia (nasional). “Ga hanya berita di Kota Probolinggo saja. Berita-berita menarik yang dibacakan di KLIS diambil dari internet atau head line koran,” ujar Okhe, salah satu penyiar.

Menurut Yuli dan Okhe, penyiar yang selalu bersinggungan dengan instansi (Super News) ini mengaku program baru mendapat tanggapan positif dari kepala dinas. “Bagus ini. Balance. Jadi, laporannya bervariasi,” terang Yuli menirukan komentar salah seorang kepala dinas yang dijumpainya.

Okhe menimpali, program baru ini membuat Laporo Rek yang biasanya banyak lagu sekarang hanya lima lagu saja. Semua laporan pun bisa ditanggapi jika laporannya sesuai dengan kenyataan yang ada. “Asal masyarakat ga lebay-lebay laporannya,” jelasnya.

Radio yang mengedepankan informasi ini juga punya program 9 (Sembilan) di jam 9 malam setiap harinya. Program ini dipegang sepenuhnya oleh Stebby. “Kami memberikan 9 informasi, dan ditambah dengan lagu-lagu mancanegara nostalgia pada paruh waktu kedua,” ucap Stebby saat ditemui di radio.

Selain itu, program baru yang segmentasinya untuk anak-anak adalah Kurcaci. Segala macam informasi disampaikan Sonea setiap Minggu mulai pukul 07.00-09.00 WIB. Di jam pertama khusus memutar lagu-lagu anak, satu jam berikutnya dongeng anak.
“Yang mengejutkan ternyata banyak yang sms dan bertanya, tanyanya macam-macam. Kayak mengeluhkan teman di sekolah sampai bagaimana mencari teman yang baik,” beber Sonea.

Kurcaci menggantikan program anak sebelumnya, konsep untuk anak-anak masih tetap hanya menambah jam siaran dan materi yang disuguhkan. Dulu, anak-anak dari TK datang dan bernyanyi di radio, tidak ada dongeng dan variasi seperti sekarang. “Selanjutnya anak-anak TK tetap bisa datang di jam pertama (07.00), sekarang jadwalnya masih disusun PGTKI,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator Radio Suara Kota Suciati Ningsih menegaskan perubahan di radio adalah bentuk inovasi sesuai dengan visi misi. “Inovasi. Supaya pendengar tidak bosan. Sesuai dengan visi misi kita, sebagai radio dengan informasi terdepan, terpercaya, edukatif dan hiburan,” kata dia.

“Sekarang lebih diperbanyak masalah informasi. Tetap ada hiburan. Yang paling beda sekali itu di Laporo Rek karena ada investigasinya langsung,” beber wanita yang juga Kasubag Humas itu. (fa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: