242 WISMAN KUNJUNGI MUSEUM PROBOLINGGO


Bulan November ini, rupanya Museum Probolinggo senantiasa menjadi bahan pembicaraan yang hangat. Kalau di awal bulan kemarin, menjadi topik pembicaraan terkait dengan lokasi pelaksanaan Jazz at the Museum dan Pameran Lukis Lintas Generasi, di pertengahan bulan, museum kembali menjadi topik pembicaraan dikarenakan hujan pertama yang mengguyur Kota Probolinggo sempat membuat rusak beberapa bagian museum hingga menarik perhatian dewan untuk melakukan sidak, kemarin (23/11), Musium Probolinggo kembali menjadi pusat perhatian.

Kemarin pagi, sekitar pukul 09.00 WIB, sekitar 242 wisatawan mancanegara yang kebanyakan berasal dari Inggris, yang merapat ke pelabuhan Tanjung Tembaga menggunakan kapal pesiar Spirit of The Adventure, berkunjung ke Musium Probolinggo. Kontan saja, gedung museum yang berukuran kecil tersebut mendadak sempit dengan kehadiran mereka. Tak hanya museum, rupanya rombongan yang dibagi ke dalam 18 grup ini, juga melakukan city tour ke beberapa titik yang ada di Kota Probolinggo, seperti: Gereja Merah dan SDK Mater Dei.

Menurut Sherly, salah seorang kru travel agent Bali Prestige yang mendampingi mereka, kunjungan city tour ke Kota Probolinggo adalah tambahan program dari program wisata yang mereka miliki selama ini.

“Kami sudah lama menghandle tour ke wilayah Probolinggo. Bukan kali ini saja. Tapi biasanya kami ke Bromo, tidak ke kota. Dan kali ini, karena kota sudah memiliki museum, mangkanya kami punya tambahan program wisata untuk mereka yakni kunjungan ke objek-objek yang punya nilai sejarah, objek-objek yang mempunyai arsitektur yang mewakili jamannya atau memiliki arsiterktur kolonial.” Jelas Sherly panjang lebar kepada Suara Kota.

David, salah seorang wisman yang memang baru pertama kali ini datang ke Kota Probolinggo, menyatakan kegembiraannya. “Saya senang berada di sini. Masyarakatnya sangat ramah dan cuacanya pun juga sangat ramah.” Ungkap David ketika ditanya mengenai tanggapannya saat pertama kali datang ke Kota Probolinggo yang memang baru kemarin diguyur hujan deras.

Lain David, lain pula Greg. Wisatawan yang sudah berusia manula ini sangat terkesan pada saat kunjungannya ke Gereja Merah. Di tempat itu dia bisa melihat pohon mangga, yang menjadi varietas unggulan Kota Probolinggo, berbuah dengan begitu lebatnya, dan berukuran besar-besar.

“Di negara kami, kami tidak pernah menemukan buah mangga yang berukuran sebegini besar. Dan juga bergerumbul seperti itu. Kalau mau makan mangga yang berukuran besar dan bergerumbul banyak seperti itu ya kami harus ke supermarket.” Canda Greg kepada Suara Kota.

Memang, tak hanya di Museum Probolinggo saja mereka mendapatkan perlakuan yang istimewa (baca: disambut oleh Duta Wisata, Kang dan Yuk Kota Probolinggo), tapi juga saat mereka mengunjungi Gereja Merah ataupun SDK Mater Dei. Sebagai contoh, saat mengunjungi Gereja Merah, rupanya para majelis (baca: petugas) gereja GPIB “Immanuel” Probolinggo itu juga mempersiapkan sajian yang istimewa. Di sana, mereka disambut dengan teh hangat dan polopendem. Sedangkan di SDK Materdei mereka disuguhi pertunjukan angklung dan paduan suara siswa yang sangat memukau.

“Saya sangat puas berkunjung ke sini.” Ujar Silvi, salah seorang wisman juga.

Ditanya soal harapan atas keberhasilan Dispobpar (Dinas Pemuda, Olah Raga, Budaya dan Pariwisata) menarik sejumlah wisman kemari, Ade Permana, salah seorang staff Museum Probolinggo, mengatakan bahwa harapannya ke depan harus lebih baik lagi.

“Ke depan, museum harus mampu menyedot lebih banyak lagi wisatawan. Bekerjasama dengan lebih banyak stake holder dan menjual paket wisata yang melibatkan museum sebagai salah satu cagar budaya yang dikunjungi.” Ungkap Ade.

Memang benar, mengingat sebelum dikunjungi oleh para wisman ini, dalam tahun ini, jumlah kunjungan pengunjung di Museum Probolinggo hanya 777 pengunjung. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: