SISWA MANGUNHARJO VI, PERINGATI SUMPAH PEMUDA DENGAN NGONTHEL KELILING KOTA


Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Jumat kemarin (28/10), puluhan siswa SDN Mangunharjo VI menggelar city tour mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Kota Probolinggo sambil berkampanye tentang penggunaan sepeda untuk mengurani polusi udara.

Tulisan –tulisan, seperti: GUNAKAN SEPEDA, HINDARI ASAP KENDARAAN BERMOTOR;  AYO, SELAMATKAN LINGKUNGAN DENGAN BERSEPEDA!; dan DENGAN SEPEDA, KITA SEHAT, LINGKUNGAN PUN SEHAT, tampak dengan jelas menghiasi sepeda-sepeda yang mereka gunakan saat ber-city tour.

Aksi yang diikuti oleh seluruh siswa kelas 5 SDN Mangunharjo VI ini, dlaksanakan tepat selepas pelaksanaan upacara bendera di sekolah (sekitar pukul 08.00 WIB).

Menurut Umi, salah seorang guru pendamping, kegiatan pagi itu, selain bertujuan untuk kampanye hidup sehat dengan bersepeda juga bertujuan untuk memperkenalkan warisan budaya dan sejarah yang dimiliki oleh Kota Probolinggo kepada anak didik.

“Karena temanya pas. Pas Sumpah Pemuda, pas sekalian ingin memperkenalkan kepada anak didik mengenai warisan budaya, juga warisan sejarah yang dimiliki oleh Kota Probolinggo. Mangkanya kami bawa anak-anak ini keliling kota dengan bersepeda. Biar paling tidak, anak-anak ini tahu tentang lokasi-lokasi bersejarah di kotanya. Nggak hanya melulu tau dari buku-buku atau gambar saja, tapi tahu secara langsung dimana tempatnya.” Terang Umi, yang saat itu ditemui oleh Suara Kota di Museum Probolinggo.

Umi, bersama dengan kedua rekan guru lainya, yang pagi itu mendampingi para siswa, tak hanya membawa mereka ke Museum Probolinggo saja. Sebelumnya mereka telah berkeliling ke sejumlah titik, di antaranya: kawasan Benteng, Stasiun Probolinggo, Loon-Aloon Kota Probolinggo dan Gereja Merah.

“Di Benteng kami melihat sisa-sisa peninggalan Belanda. Lalu ke Stasiun untuk melihat jam kuno, yang juga masih peninggalan jaman penjajahan Belanda, yang angkanya masih menggunakan angka Romawi. Nah, anak-anak senang di situ. Karena selama ini mereka kan sudah jarang menyaksikan penggunaan angka romawi dalam keseharian,” Jelas Umi ketika ditanya oleh Suara Kota mengenai titik atau kawasan mana saja yang mereka kunjungi pagi itu.

Selepas stasiun, Umi mengatakan bahwa dirinya dan anak didiknya masih meneruskan perjalanan mereka ke Loon-Aloon Kota Probolinggo. Tepatnya ke monumen yang berada persis di tengah-tengah kawasan Loon-Aloon Kota Probolinggo itu. Monumen tersebut adalah monumen yang masih menggunakan tulisan dengan ejaan lama dan istilah “P.J.M.” untuk penyebutan “Padoeka Jang Moelia”, gelar bagi Presiden Soekarno ketika itu.

“Setelah dari sana kita ke Gereja Merah. Salah satu gereja dan juga bangunan tertua yang ada di Kota Probolinggo juga. Dibangun di tahun 1862. Dan terakhir kami ke mari. (Museum Probolinggo, red.)”  Jelas Umi panjang lebar kepada Suara Kota.

Suara Kota juga sempat berbincang dengan kedua orang siswa, Sabrina dan Ajeng. Rupanya mereka berdua memang mengaku senang dan sangat menikmati kegiatan city tour mereka kali ini.

“Senang. Apalagi waktu diajak ke Museum. Bisa tau semua-semua peninggalan kuno.” Jawab Sabrina ketika ditanya Suara Kota mengenai perasaannya saat diajak city tour sambil kampanye mengenai kesehatan tubuh dan lingkungan dengan bersepeda pagi itu.

Lain Sabrina, lain pula Ajeng. Gadis yang juga masih duduk di bangku kelas 5 SDN Mangunharjo VI ini mengaku senang saat dirinya diajak ke Stasiun Probolinggo. “Paling seneng waktu di stasiun. Karena bisa lihat jam kuno yang masih pakai angka Romawi. Di rumah kan tidak ada.” Tutur gadis kecil ini polos.

Saat kembali ditanya soal harapan, Umi kembali menjelaskan bahwa sebenarnya harapannya tidak jauh berbeda tujuan pelaksanaan kegiatan ini. Bahwasannya melalui kegiatan ini, dirinya berharap agar anak didiknya semakin sadar akan arti penting kesehatan tubuh dan juga lingkungan. “Mereka semakin mencintai lingkungan mereka, termasuk warisan budaya dan sejarah yang ada di kotanya, Probolinggo.” Pungkas Umi. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: