KETUA TIM PENGGERAK PKK KOTA PROBOLINGGO HADIRI PERINGATAN HCTPSS


Sejak 2008 Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS). Kegiatan tersebut diharapkan akan memobilisasi jutaan orang di lima benua untuk mencuci tangan mereka dengan sabutn. Semakin luas budaya mencuci tangan dengan sabut akan membuata kontribusi signifikan untuk memenuhi target Millenium Development Goal’s (MDG’s) yakni mengurangi tingkat kematian anak-anak di bawah usia lima tahun pada tahun 2015 hingga sekitar 15%.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

para siswa sedang mencuci tangan

Lewat HCTPSS yang diperingati secara global, PBB ingin menyebarkan pesan bahwa kebiasaan mudah ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk mencegah terjangkit penyakit mematikan.

Di Kota Probolinggo sendiri, kegiatan HCTPSS yang dipusatkan di SDN Mangunharjo VI, Sabtu kemarin (15/10), terasa sangat istimesa sebab peringatan HCTPSS Ke-4 Tahun 2011 Kota Probolinggo ini dihadiri langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo yang sekaligus anggota DPR RI Komisi VIII, Hj. Rukmini Buchori.

Selain Hj. Rukmini Buchori, acara yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut, tampak juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan, Agus Subagyono dan para Kepala SKPD di lingkungan pemerintah Kota Probolinggo

Meski pelaksanaannya di SDN Mangunharjo VI, namun bukan berarti hanya siswa-siswa SDN Mangunharjo VI saja yang turut berpartisipasi dalam kegiatan yang digagas oleh Dinas Kesehatan Kota Probolinggo ini, sebab acara ini diikuti juga secara serentak oleh seluruh siswa sekolah dasar yang ada di Kota Probolinggo. Terhitung 200 siswa yang hadir pada acara yang dibuka oleh Hj. Rukmini Buchori tersebut.

Dalam laporannya, dr. Budi Purwohadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Probolinggo menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah unuk menciptakan masyarakat yang mandiri dalam memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatannya.

“Tujuan umum kegiatan ini adalah menciptakan masyarakat yang mandiri dalam memelihara dan meningkatkan kualitas kesehatannya. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan perilaku higienitas dan kualitas kehidupan masyarakat; mewujudkan pencapaian program Strategis Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM); dan menurunkan angka kematian dan penyebaran penyakit yang disebabkan oleh lingkungan.“ jelas Budi Purwohadi di hadapan para siswa dan undangan yang hadir.

Senada dengan yang disampaikan Budi, dalam sambutannya, Hj. Rukmini Buchori juga mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan HCTPSS ini merupakan salah satu bentuk komitmen bersama antara pemerintah dan stake holder untuk mewujudkan pencapaian program Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

“Tema Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Ke-4 Tahun 2011 yaitu CUCI TANGGAN SEBAGAI UPAYA PREVENTIF DAN PROMOTIF TERPADU, MENINGKATKAN KESEHATAN IBU DAN ANAK. Inti peringatan ini merupakan bagian dari upaya promotif dan preventif.”

Hj Rukmini Buchori juga mengungkapkan harapannya agar kegiatan ini dapat menjadi pembiasaan, baik sebelum maupun susudah melakukan kegiatan, agar anak-anak Kota Probolinggo menjadi anak yang sehat.

“Selanjutnya kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa sekolah dasar se-Kota Probolinggo dengan harapan agar siswa-siswi menjadi terbiasa melakukan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan. Saya berharap agar anak-anak dapat melakukakan kegiatan ini dengan baik supaya penyakit yang disebabkan oleh lingkungan dapat diturunkan dan anak-anak Kota Probolinggo menjadi anak yang sehat.” Harap Hj. Rukmini Buchori.

Hj. Rukmini Buchori tampak sangat senang saat mendapatkan sambutan yang meriah dari siswa-siswi peserta peringatan HCTPSS tersebut, bahkan sebelum memulai sambutannya, beliau tak sungkan untuk meminta kepada para siswa, untuk mengulang kembali lagu gubahan milik boyband asal Inggris, Blue, One Love tersebut sambil turut berjoget bersama mereka.

Setelah sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan mencuci tangan secara serentak oleh seluruh peserta dan undangan yang hadir. (tby)

7 langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

  1. Telapak dengan telapak
  2. Telapak kanan di atas punggung tangan kiri dan telapak kiri di atas punggung tangan kanan.
  3. Telapak dengan telapak dan jari saling terkait
  4. Meletakkan punggung jari pada telapak satunya dengan jari saling mengunci
  5. Jempol kanan digosok memutar oleh telapak kiri dan sebaliknya
  6. Jari kiri menguncup, gosok memutar ke kanan dan ke kiri pada telapak kanan dan sebaliknya.
  7. Pegang pergelangan tangan kiri dengan tangan kanan, gerakkan memutar dan sebaliknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: