SDN MANGUNHARJO VI TANAMKAN KEDISIPLINAN DI HARI ULANG TAHUN TNI KE-66


Suasana unik pelaksanaan upacara kembali terlihat di SDN Mangunharjo VI, Kamis pagi kemarin (6/10). Sekitar pukul 07.30 WIB, lima orang berseragam doreng-doreng, terlihat sedang turut mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan oleh sekolah tersebut.

HUT TNI Ke-66

Danton Karsono membaca naskah Pancasila

Kedatangan lima orang anggota TNI (Karsono, Tarto, Fahrudin, Huda dan Deni), perwakilan dari Yon Zipur X, ini adalah sebagai bagian dalam rangka peringatan HUT TNI ke-66 dan Hari Habitat se-Dunia yang dilaksanakan oleh sekolah tersebut.

Sekolah dasar yang terletak di jalan Basuki Rahmat tersebut memang sengaja mendatangkan anggota TNI sebagai bagian dari upaya pendidikan karakter.

“Selain mendekatkan TNI dengan murid-murid, tujuannya adalah menumbuhkan rasa kecintaan terhadap tanah air dan sebagai bagian dari pendidikan karakter.” Ujar Sudarwati, Kepala Sekolah SDN Mangunharjo VI yang ditemui selepas upacara oleh Suara Kota.

Dalam sambutanya di hadapan peseta upacara, Danton Karsono yang saat itu ditunjuk sebagai Inspektur Upacara, menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh warga sekolah SDN Mangunharjo VI.

“Ini pengalaman baru bagi saya. Sebelumnya saya bertugas di Aceh selama 14 tahun. Dan terus terang, di sana tidak pernah saya jumpai sekolah dasar yang sebaik ini. Sekolah dasar yang begitu luar biasa. Sekolah dasar yang begitu bersih, serta guru-gurunya ramah. Jangankan melaksanakan program-program yang berbasis lingkungan hidup dan meraih Adiwiyata, melaksanakan upacara bendera saja terkadang tidak ada. Saya berterima kasih, karena sudah diundang untuk dapat mengikuti upacara bendera bersama adik-adik (murid-murid SDN Mangunharjo VI, red.) dan segenap warga sekolah,” jelas Karsono.

Senada dengan apa yang diungkapkan Sudarwati, pria asal Solo ini juga berharap bahwa dengan kehadiran mereka dalam pelaksanaan upacara kali ini, dapat semakin mendekatkan tentara dengan masyarakat.

“Kau selama ini, tentara dilihat serem, tentara dipandang galak, maka pandangan itu tidaklah benar. Karena pada dasarnya tentara itu adalah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat.” Ujar Karsono.

Lebih lanjut, di depan para peserta upacara, Karsono juga menekankan tentang pentingnya fungsi kedisiplinan untuk dapat meraih cita-cita.

“Dalam TNI ada sebuah semboyan. Disiplin adalah nafasku. Dan ini sangat penting untuk bekal kesuksesan adik-adik kelak. Kalau adik-adik bisa disiplin, insyaallah bisa meraih apa yang sudah dicita-citakan.”

Selepas apel, kelima tentara tersebut melakukan penebaran 200 benih lele di kolam sekolah sebagai simbol dari peringatan Hari Habitat se-Dunia yang jatuh pada tanggal 1 Oktober kemarin.

Sudarwati berharap, pembelajaran langsung bersama anggota Zon Zipur X ini dapat berpengaruh terhadap perubahan sikap anak didiknya. Pembelajaran secara langsung, pembelajaran melalui perubahan sikap. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: