SDN MANGUNHARJO VI MASUK NOMINASI KMDM TINGKAT NASIONAL


Kurikulum berbasis lingkungan yang memang sudah sejak lama diberlakukan di SDN Mangunharjo VI untuk kesekian kalinya kembali diuji. Kali ini dalam rangka penilaian lapangan Wahana Lestari untuk kategori Kecil Menanam Dewasa Memanen (KMDM) yang digelar oleh Kementrian Kehutanan RI, SDN Mangunharjo VI masuk dalam nominasi event penghargaan bertingkat nasional tersebut.

Rabu kemarin (13/7), sekitar pukul 10.00 WIB, bertempat di SDN Mangunharjo VI tengah berlangsung presentasi oleh Hj. Sudarwati, Kepala Sekolah SDN Mangunharjo VI, kepada tim penilai KMDM yang dihadiri langsung oleh pejabat dari Kementrian Kehutanan RI, Ir. Ali Arsyaf.

Selesai presentasi, penilaian kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan. Tampak juga Ketua DPRD Kota Probolinggo, H. Sulaiman; Kepala Dinas Pertanian, Yudha Sunantya; serta Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, Asin, mendampingi Sudarwati selama penilaian tersebut.

“Kriteria penilaian yang kami pakai ada 3. Perencanaan, pelaksanaan dan dampak yang dihasilkan dari pelaksanaan program. Tentunya kami berharap ini bukan hanya program up to down atau prakarsa dari kementrian, pemerintah atau kepala sekolah saja, tapi juga semua komponen warga sekolah.” Ujar Ali Arsyaf kepada Suara Kota.

Kegiatan penilaian lapangan yang telah d laksanakan sejak pukul 08.00 pagi, telah diawali dengan penanaman pohon jenis glodokan tiang dan sengon di Kelurahan Sumber Wetan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Drs. Matalil yang diikuti pula oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Permata Hijau Kec. Kedopok dan mahasiswa KKN Universitas Panca Marga, Probolinggo.

Untuk dapat menang dalam kriteria KMDM Tingkat Nasional 2011 ini, SDN Mangunharjo VI yang mewakili Kota Probolinggo harus mampu menyisihkan Kab. Pacitan dan Kab. Malang sebagai kompetitornya.

Rupanya torehan prestasi Kota Probolinggo dalam Wahana Lestari 2011 tak hanya dalam kategori KMDM saja. Tersebut juga nama Donny Ike Idul Sofyan, salah seorang anggota masyarakat yang aktif sebagai penyuluh pertanian, yang masuk juga dalam nominasi Penyuluh Kehutanan Swadaya Masyarakat. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: