Kang Kota Probolinggo Diprotes


Senin, 08/08/2011 | 10:19 WIB

PROBOLINGGO – Gara-gara mengucapkan kata-kata tidak etis melalui akun facebook (FB)-nya, Bagas Satrio Wibisono (18), Kang Kota Probolinggo menuai protes. Bahkan muncul usulan agar Pemkot Probolinggo mencopot status Kang Kota Probolinggo yang disandangnya sejak Juli 2011 lalu.

Pelajar SMAN 1 Kota Probolinggo itu ”dikeroyok” sejumlah facebookers. Sebenarnya, bukan kali ini saja akun FB memakan korban pelajar di Probolinggo. Pada 2010 silam, empat pelajar SMAN 2 di-DO (drop out) dari sekolahnya gara-gara menghujat sekolahnya melalui FB.

Kembali ke kasus FB Bagas. Bagas melontarkan kata-kata tidak etis kepada seorang sahabatnya, yang juga pelajar SMAN 1 Kota Probolinggo berinisial FP. FP sendiri dalam pemilihan Kang-Yuk Kota Probolinggo 2011 lalu terpilih sebagai Kang Berbakat.

Dalam statusnya yang diposting sejak 3 Agustus lalu, Bagas menuliskan. Krena dua status mautku tadi pagi, R dan D mmbwa mslah ni ke BK…. bener2 ssuai rncana … dan besoklah saatnya kartu AS yg kupunya akan aku keluarkan untuk menjatuhkan mantan sahabatku … si FAP…. namamu akan bner2 hancur!!!!! LOL.

Bahkan Bagas sampai menuliskan kata kasar dalam bahasa Inggris seperti bitch. Kata makian yang diposting pada Sabtu (6/8) itu karuan dikomentari sebanyak facebookers. Salah satu facebooker yang berkomentar adalah Stebby Julionatan, mantan Kang Kota Probolinggo 2006. Stebby menilai, status Bagas tidak etis.

Dalam komentarnya, Stebby pun menasihati Bagas agar menjaga ikon ribuan pemuda di Kota Probolinggo. Bagas pun menanggapi dengan enteng bahwa sebagai manusia biasa dirinya bisa salah. Stebby pun mengingatkan, predikat Kang Kota Probolinggo yang disandang Bagas tidak boleh dianggap sepele. Predikat itu melekat sebagai duta wisata sehingga tidak bisa sembarangan berkomentar di FB.

Bahkan Stebby mengilas balik kasus sejumlah pelajar SMAN 2 yang dikeluarkan dari sekolahnya gara-gara menghujat sekolahnya. ”Prita Mulyasari yang mengeluhkan pelayanan RS Omni Internasional dengan bahasa santun saja bisa berakibat fatal,” ujarnya.

Terkait kata-kata Bagas yang tidak etis di FB, Stebby mengusulkan kepada Dispobpar Kota Probolinggo mencopot predikat Kang Probolinggo 2011 yang disandang Bagas. ”Sebenarnya kami di paguyuban sering memberikan nasihat agar Kang dan Yuk Kota Probolinggo menjaga predikat yang disandangnya,” ujar staf Bagian Humas dan Protokol Pemkot Probolinggo itu.

Bagas sendiri mengaku, dirinya memang membuat status yang dinilai tidak etis itu. ”Saya kesal karena difitnah, akhirnya keluarlah kata-kata kalimat itu,” ujarnya kepada wartawan.

Sementara itu terkait usulan predikat Kang Probolinggo 2011 yang disandang Bagas agar dicopot, Kabud Pariwisata pada Dispobpar, Hariyono mengaku, belum membaca status FB tersebut. Namun terkait adanya polemik internal Kang-Yuk, pihaknya sudah mengantisipasi. isa

sumber: Surabaya Post Online

 

berita terkait:

Sebuah Pendapat, oleh Ketua Dewan Pendiri Paguyuban Kang Yuk

Testimonium Kang Kota Probolinggo 2006

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: