TOURING KOSELA DI PERINGATAN HANI 2011


Dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Ke-65 dan memeriahkan event Seminggu di Kota Probolinggo (SEMIPRO) 2011, Badan Narkotika Kota (BNK) Probolinggo menggandeng Komunitas Sepeda Lama (Kosela) dan Polres Probolinggo Kota menggelar Touring Kosela dengan tema “Think Health Not Drugs, Hidup Tanpa Narkoba” pada Minggu (26/6) kemarin. Acara yang dipusatkan dipusatkan di depan Halaman Kantor Walikota Probolinggo ini diikuti oleh sekitar 750 peserta dari segala unsur, baik itu para pejabat dan staff di lingkungan pemerintah, Dewan, Polri, pimpinan dan karyawan perusahaan, anggota komunitas sepeda lama, maupun masyarakat biasa.

“Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Badan Narkotika Kota probolinggo bersama Polres Probolinggo Kota dan Komunitas Sepeda Lama, sebagai bentuk tanggung jawab bersama dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)” lapor Suharjoto, Kabid Kajian Stategis Kesbangpolinmas Kota Probolinggo yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia peringatan HANI 2011 dalam laporannya kepada Walikota Probolinggo, HM. Buchori, SH. M.Si.

“Dalam kegiatan peringatan ini, BNK Kota Probolinggo juga telah melaksanakan beberapa kegiatan, antara lain: Tes Urine bagi siswa SMA/MA/SMK se-Kota Probolinggo; Sosialisasi P4GN pada saat pelaksanaan Upacara Bendera pada siswa SMP dan SMA di Kota Probolinggo; Lomba Karya Tulis Ilmiah tingkat SMA dengan tema “Peran Pemuda dalam Upaya P4GN”; serta sebagai agenda pamungkas pada peringatan HANI 2011, dilaksanakan pemusnahan barang bukti berupa 5097 botol minuman keras yang bertempat di depan Kantor Walikota Probolinggo” lanjutnya.

Acara yang juga digelar dalam rangka peringatan HUT Bhayangkara Ke-65 ini bertujuan untuk menggalang solidaritas antar para penggemar sepeda lama, sebagai sarana penyaluran hobby yang sehat dan rekratif bagi para anggotanya, memberi contoh serta sebagai sarana menggalang masyarakat untuk menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan, dan sebagai sarana mengenang masa lalu, bahwasannya dahulu sepeda juga digunakan oleh masyakarat dan aparatur pemerintahan sebagai alat transportasi dalam bekerja.

Dalam sambutannya, Walikota mengingatkan kembali peserta tour bahwasannya event SEMIPRO 2011 adalah event yang layak untuk dinikmati, utamanya gelaran Grand Opening SEMIRPRO dan Grand Final Pemilihan Duta Wisata, Kang dan Yuk Kota Probolinggo 2011 yang akan digelar nanti malam, pukul 19.00 WIB di Loon-Aloon Kota Probolingggo.

“Event SEMIPRO 2011 adalah event kebanggaan. Event yang layak untuk dinikmati oleh seluruh warga masyarakat, utamanya warga masyarakat Kota Probolinggo. Dan pastinya, jangan lupa, jangan lewatkan, untuk bersama-sama kembali menyaksikan dan menjadi saksi pada acara pembukaan, Grand Opening SEMIPRO 2011 yang di Loon-Aloon Kota Probolinggo, pukul 7 malam.” Ungkap Walikota Buchori dalam sambutannya.

Touring sepeda yang pagi itu dilepas langsung oleh Walikota Buchori pukul 06.40 WIB menempuh rute, start di Kantor Walikota Probolinggo – Jl. Panglima Sudirman – Jl. Pahlawan – Jl. Cokroaminoto – Jl. Mastrip – Jl. Bengawan Solo – Jl. Brantas – Jl. Soekarno Hatta – Jl. Panjaitan – jl. Imam Bonjol – Jl. Suroyo, dan kembali lagi finish di depan Kantor Walikota Probolinggo.

Selesai touring, Walikota bersama Wawali, Ketua DPRD, Kapolres Probolinggo dan juga anggota komunitas Kosela -yang berdiri pada tahun 1999 dan saat ini sudah beranggotakan 250 orang, beramai ramai memusnahkan ribuan miras hasil siataan pada Operasi Miras dan Narkoba sepanjang tahun 2011 yang sudah ditata rapi di depan Kantor Walikota dengan menggunakan siliner.

Ajang ini tidak hanya diikuti oleh komunitas Kosela dari Kota Probolinggo saja, melainkan juga komunitas pecinta sepeda dari luar kota seperti Kraksaan, Pasuruan dan juga Lumajang.(tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: