TINGKATKAN UKHUWAH DAN SHODAQOH MELALUI MPS2 EPISODE 3 TAHUN 2011


Dengan mengusung tema “Dengan Berbekal Keimanan dan Ketakwaan Kita Jalin Kebersamaan untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kota Probolinggo”, pelaksanaan Morning on Panglima Sudirman Street (MPS2) Episode 3 Tahun 2011 yang berlangsung Minggu kemarin (24/7), memang dirasa jauh dari kesan “mewah” sebagaimana biasanya, baik dari segi publikasi maupun tampilan-tampilannya. Kesan sederhana ini bisa dimaklumi karena pelaksanaan MPS 2 kali ini digelar berdekatan setelah event besar SEMIPRO (Seminggu di Kota Probolinggo) dan seminggu menjelang bulan suci Ramadhan 1432 H.

Namun tentunya kesederhanaan –yang disebabkan oleh kerapnya kegiatan, tak lantas menyurutkan langkah pemerintah untuk meniadakan gelaranMPS2. Seperti tertuang dalam SK Walikota No. 17 Tahun 2009, dimana tujuan kegiatan MPS2 adalah untuk menggerakkan sektor riil yang melibatkan seluruh pelaku ekonomi di Kota Probolinggo, baik pengusaha besar maupun Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Pedagang Kaki Lima (PKL) serta seluruh lapisan masyarakat.

“Memberdayakan dan menggerakkan sektor perekonomian riil, mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif masyarakat , serta meningkatkan iman dan takwa dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1432H.” Lapor Imanto, Kepala BLH sekaligus Ketua Pelaksana kegiatan MPS2 Episode 3 Tahun 2011, kepada Walikota Probolinggo mengenai tujuan umum dan khusus pelaksanakan MPS2 kali ini.

MPS2 kali ini, yang di-leading-sector-i oleh BLH dan Diskoperindag, diikuti oleh 116 stan yang terdiri dari sektor perbankan, UMKM-PKL, sekolah, home industri, perhotelan, usaha tempat hiburan malam, parpol, ormas, LSM, dan tentunya jajaran SKPD (Satuan Kerja Pemerintah Daerah) yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Walikota Buchori menyampaikan dua poin penting, yakni meningkatkan shodakoh dan ukhuwah dan kerjasama antar SKPD.

“MPS2 adalah trademark Kota Probolinggo. Dalam pelaksanaannya yang hampir menginjak 4 tahun, selain sebagai ajang silaturahmi, tujuannya semata-mata adalah mengajak masyarakat untuk melakukan inovasi terhadap UKM, budaya dan seni yang ada di Kota Probolinggo. Dan kali ini, momentnya tepat seminggu menjelang puasa. Merupakan awal amalan yang tepat untuk meningkatkan shodaqoh dan ukhuwah menjelang bulan Ramadhan.” Ujar Walikota Buchori.

Walikota Buchori juga mengingatkan peran dan kerjasama antar SKPD, “Jangan hanya Pak Imanto saja yang bingung, sementara yang lain terkesan tak mau tahu. Untuk itu saya ingatkan kembali kepada satker (satuan kerja, red) untuk bekerjasama dalam mensukseskan gelaran MPS2 di Kota Probolinggo ini.”

Disamping menggelar ajang Cangkruk’an bersama Cak Mukadi, cs, sebagai salah satu SKPD, Bagian Humas dan Protokol, juga membagi-bagi 1000 harian pagi Jawa Pos yang berisi tentang keberhasialan Pemerintah Kota Probolinggo di bidang lingkungan hidup kepada seluruh warga masyarakat. (tby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: