SDN MANGUNHARJO VI GELAR KANG YUK ADIWIYATA


 

Tak hanya pemilihan duta wisata Kang Yuk Kota Probolinggo saja yang akan kembali digelar di tahun ini. Mengakhiri bulan April 2011 kemarin (22/4), SDN Mangunharjo VI kembali menggelar pemilihan Kang Yuk Adiwityata 2011. Agenda yang dimulai dari pukul 08.00 WIB ini adalah agenda tahunan yang dilangsungkan dalam rangka memperingati Hari Bumi.

DSC01762

Pemilihan Kang Yuk Adiwiyata di tingkat sekolah ini diawali dengan tes tulis sebanyak 50 soal untuk kelas atas (siswa kelas 4 dan 5, red.) dan 20 soal untuk kelas bawah (siwsa kelas 1,2 dan 3, red.), yang pelaksanaannya dilaksanakan sehari sebelumnya (21/4).

“Tujuannya adalah mencari calon duta lingkungan yang akan senantiasa kami libatkan dalam setiap kegiatan lingkungan, yang dilaksanakan sekolah.” Ujar Hj. Sudarwati, S.Pd., Kepala Sekolah SDN Mangunharjo VI.

Lebih lanjut, Sudarwati berharap, selain tumbuhnya kecintaan siswa terhadap lingkungan, Kang Yuk Adiwiyata juga dimaksudkan sebagai wakil para murid atau corong sekolah kalau nantinya ada tim penilai adiwiyata maupun kunjungan dari sekolah-sekolah lain yang ingin belajar mengenai lingkungan .

Dalam agenda tahunan ke-4 yang melibatkan mantan kepala sekolah, Drs. Sukirlan, M.Pd. sebagai juri tamu, diikuti oleh 21 pasang Kang Yuk yang merupakan perwakilan dari setiap kelas.

“Hal-hal yang diujikan meliputi pengenalan lingkungan sekitar, isu global dan kebersihan diri.” Jelas Nunik Arisandi M.Mpd., Guru Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Mangunharjo VI.

“Di sini kami juga menekankan pemanfaatan barang bekas guna mengurangi momok sampah. Itu sebabnya kenapa finalis duta lingkungan juga diwajibkan membuat fashion dari daur ulang limbah.” Lanjutnya kepada Suara Kota.

Pemilihan yang berakhir pukul 11 siang ini, akhirnya terpilih Azarico dan Ela dari kelas 5 sebagai Kang Yuk Adiwiyata 2011 yang menggantikan Rizky dan Riris, Kang Yuk Adiwiyata tahun sebelumnya. Untuk kelas Kecil, terpilih Feriko dan Rosa dari kelas 3.

“Kang Yuk Adiwiyata ini juga merupakan upaya menggembleng mental anak didik supaya mereka berani untuk tampil di depan umum. Harapannya, nantinya tumbuh keberanian untuk mengikuti ajang serupa di tingkat kota seperti Kang Yuk Kota Probolinggo” Pungkas Sudarwati mengakhiri wawancaranya dengan Suara Kota. (tby)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: