ENDANG SULISTYONINGSIH DI PERINGATAN HARI KARTINI SDN KEDUNGASEM IV


Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Dan R.A Kartini adalah salah satu dari sekian banyak para pahlawan Indonesia yang berjasa besar dalam mengangkat derajat bangsa, utamanya kaum perempuan. Maka tak heran, kalau dalam setiap tanggal 21 April –hari lahir Kartini, setiap komponen masyarakat mengadakan peringatan Hari Kartini untuk mengenang jasa-jasa beliau.

Kamis kemarin (21/4), pukul 07.00 WIB, bertempat di SDN Kedungasem IV Kota Probolnggo, berlangsung juga upacara peringatan Hari Kartini yang dihadiri dan dibina langsung oleh Endang Sulistyoningsih, S.Pd., Peraih Kalpataru Tingkat Nasional Tahun 2010 asal Kota Probolinggo untuk Kategori Pembina Lingkungan.

Endang Sulistyoningsih

Endang Sulistyoningsih saat menerima Kalpataru

Dalam amanatnya di hadapan para peserta upacara, Endang mengungkapkan kebanggaannya kepada sosok Ibu Kartini. “Kalau Ibu kartini tidak berbuat apa apa, tentu SDN kedungasem IV tidak akan sebanyak ini jumlah muridnya. Karena apa? Karena tidak ada anak perempuan yang bersekolah.”

Dalam upacara yang pagi itu juga diikuti oleh Kepala Sekolah Agus Lithanta, S.Pd. M.Pd., anggota Komite Sekolah dan Paguyuban Orang Tua Wali Murid, lebih lanjut Endang juga secara interaktif bertanya kepada murid-murid perempuan SDN Kedungasem IV mengenai cita-cita mereka. “Boleh ga anak perempuan jadi anggota DPR? Boleh ga anak perempuan menjadi Gubernur? Atau boleh tidak anak perempuan jadi Presiden???” Yang dijawab kompak dengan seruan “Boleh…” panjang dari para murid SDN Kedungasem IV. “Kalau boleh, kira-kira masih inget ga, sosok perempuan yang pernah menjadi peresiden Republik Indonesia?” Maka dengan serempak pula para murid tersebut berteriak “MEGAWATI!!! (Megawati Soekarno Putri, red.)”

Sebenarnya di hari itu pula, Endang mendapat undangan dari Ibu Negara Any Yudhoyono untuk menghadiri Malam Penganugerahan 50 Tokoh Perempuan Inspiratif Indonesia 2011 di Balai Kartini, Jakarta, namun rupanya Endang lebih senang dan lebih memilih untuk bersama dengan murid-murid dari SDN Kedungasem IV.

“Bukannya bermaksud untuk mengecilkan arti sebuah penganugerahan. Tapi saya merasa bahwa moment ini lebih penting ketimbang sekedar acara makan malam. Karena di sini (SDN Kedungasem IV, red.) ada sekitar 231 siswa, di mana mereka adalah generasi penerus bangsa yang tentunya lebih membutuhkan perhatian dan tanggung jawab kita untuk mendidiknya,” jelas Endang kepada Suara Kota saat ditemui usai pelaksanaan upacara peringatan Hari Kartini.

“Bagi saya nama Kartini senantiasa memunculkan semangat baru. Berkat beliau, perempuan diberi kesempatan yang sangat luas di segala bidang. Sangat sayang jika kita hanya berpangku tangan dan malas-malasan saja. Dan tentunya, jika dikaitkan dengan bidang yang saya geluti, Kartini menginspirasi saya untuk terus selalu berjuang di bidang kelestarian lingkungan.” Tandasnya.

Ditanya soal harapannya terhadap generasi muda Endang berharap bahwa generasi muda, khususnya siswa-siswi SDN Kedungasem IV dapat menjadi generasi muda yang berkualitas dan menjadi generasi penerus yang dapat membangun Indonesia.

“Saya berharap mereka bisa menjadi generasi muda yang berkualitas. Generasi muda yang dapat membangun Indonesia. Melanjutkan perjuangan-perjuangan kami yang sudah tua-tua ini. Dan tentunya muncul Kartini-Kartini baru.” Ungkap Endang dalam harapannya.

“Yang terpenting dalam peringatan Hari Kartini adalah bahwa peran ibu dalam mendidik putra-putri mereka, diingatkan kembali.” Imbuhnya kepada Suara Kota.

Senada dengan apa yang telah disampaikan oleh Endang, Agus Lithanta juga menambahkan bahwa tugas dan tanggung jawab pendidikan pada generasi muda adalah tugas bersama seluruh elemen masyarakat. “Pendidikan adalah tugas kita bersama. Dan dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Suara Kota, yang selama ini juga telah mengiring dan berjuang bersama kami untuk memajukan dunia pendidikan di Kota Probolinggo.” (stebby)

Advertisements

One Response to “ENDANG SULISTYONINGSIH DI PERINGATAN HARI KARTINI SDN KEDUNGASEM IV”

  1. saya bangga menyebutnya Ibu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: