PESUD NOMAD P-830 TIBA DI MUSEUM PROBOLINGGO


Museum Probolinggo kembali mendapat penghuni baru. Kalau beberapa bulan lalu (28/1), Museum Probolinggo (eks. gedung Panti Budaya/Graha Bina Harja) kedatangan loko tertua peninggalan zaman Belanda yang didatangkan dari PG Wonolangan, kemarin (14/4), museum yang terletak di Jalan Suroyo 17 ini kedatangan pesawat udara (pesud) jenis Nomad P-830 buatan Australia yang dulunya digunakan oleh TNI Angkatan Laut sebagai kendaraan patroli maritim.

Sebenarnya, kedatangan pesawat udara buatan tahun 1982 ini dijatwalkan tiba lusa kemarin malam (13/4), sekitar pukul 23.00 WIB, namun karena kondisi jalur lintas kota Surabaya-Probolinggo rusak parah maka kedatangan pesud harus mundur hingga beberapa jam. Sekitar pukul 02.00 dini hari, bagian demi bagian Pesud Nomad P-830 tiba di halaman depan Museum Probolinggo.

“Semula pukul setengah dua belas (malam, red.) saya perkirakan sudah sampai di sini (Museum Probolinggo, red). Tapi rupanya, saat saya kemari, masih sepi.” Ungkap Drs. Sudi Pramudya, M.Si., Sekretaris Dinas Pemuda, Budaya dan Pariwisata (Dispobpar) kepada Suara Kota.

Rupanya pekerjaan belum selesai sampai di sana. Bagian demi bagian pesawat masih harus dirangkai dan dinaikan di atas sebuah bangunan penyangga untuk didisplay. Dengan disaksikan oleh Kepala Dispobpar, H. Widiharto, SH. M.Si., para pegawai Dispobpar dan juga warga masyarakat yang ingin tahu, pekerjaan perakitan dan pendisplayan pesawat yang dilakukan langsung oleh anggota TNI AL dari pangkalan militer Surabaya ini baru tuntas menjelang sore hari.

Ditemui di sela-sela kesibukannya pagi itu, Widiharto menjelaskan kepada Suara Kota bahwa tujuan dari didahadirkannya Pesud Nomad P-830 yang didapat secara hibah dari TNI AL ini adalah untuk memunculkan landmark baru di Kota Mangga ini.

“Selain untuk mengurai sejarah bangsa, kehadiran pesawat ini juga untuk menumbuhkan kecintaan terhadap kebaharian dan untuk memunculkan lanmark baru di Kota Probolinggo.” Jelas Widiharto.

Saat Suara Kota bertanya lebih lanjut mengenai wujud partisipasi yang bisa dilakukan oleh masyarakat bagi pengembangan museum, Ade Permana, S.Pd., salah seorang staff Bidang Kebudayaan di Dispobpar membenarkan bahwa masnyarakat dapat berpartisipasi dalam menyempurnakan koleksi yang dimiliki oleh musium probolinggo dengan menghibahkan benda-benda purbakala / bersejarah kepada Museum Probolinggo.

“Museummu, Museumku dan Museum Kita Bersama. Museum adalah tempat penyimpanan benda-benda purbakala, benda jaman dulu, yang perlu kita lestarikan bersama. Tentunya, selaras dengan motto tersebut, bahwasannya museum adalah milik kita bersama, masyarakat juga berhak untuk menghibahkan benda-benda cagar budaya yang mereka miliki, yang bermuatan sejarah, langsung ke Museum Probolinggo ataupun ke Dispobpar.” Ujar Ade memberikan keterangan kepada Suara Kota.

Secara umum berdasarkan UU RI Nomor 11 Tahun 2010, Bab III Pasarl 5, syarat-syarat barang/benda cagar budaya yang dapat dihibahkan, adalah: berusia 50 (lima puluh) tahun atau lebih; memiliki masa gaya paling singkat berusia 50 (lima puluh) tahun; memiliki arti khusus bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama dan atau kebudayaan; dan memiliki nilai budaya bagi penguatan kepribadian bangsa.

Sedangkan kriteria khususnya, adalah: diutamakan merupakan benda temuan Probolinggo / benda asli dari Probolinggo; Memiliki informasi sejarah yang jelas dan bukan benda tiruan; benda tidak dalam kondisi bermasalah atau cacat hukum dan memiliki bukti kepemilikan; dan benda dalam kondisi baik dan layak / siap pajang.

Rencanaya Museum Probolinggo akan dibuka pada tanggal 15 Mei bersamaan dengan gelaran Morning on Panglima Sudirman Street (MPS2) Episode 2 Tahun 2011.(stebby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: