PERINGATI KARTINI, SDK MATER DEI TAMPILKAN KEBERAGAMAN DALAM PAWAI BUSANA DAERAH


Peringatan Hari Kartini masih jauh namun SDK Mater Dei rupanya sudah nyolong start untuk lebih dulu menggelar peringatan mengenang jasa pahlawan emansipasi perempuan Indonesia itu. Kemarin (9/4), sekitar pukul 07.30 WIB, sekolah yang terletak di Jl. Suroyo No. 36 tersebut menggelar Pawai Busana Daerah yang diikuti oleh seluruh siswa SDK Mater Dei.

Tampak para siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 berjalan kaki dengan mengenakan beragam busana daerah melewati ruas-ruas jalan Suroyo, A. Yani, Dr. Moch. Saleh, Panglima Sudirman dan kembali masuk ke jalan Suroyo ke arah utara untuk finish di SDK Mater Dei kembali. Tak hanya berjalan kaki, para siswa juga menampilkan kesenian yang mereka pelajari di sekolah, seperti angklung dan harmonika. Mereka pun tak luput membawa spanduk-spanduk yang berisi ajakan bermuatan sadar lingkungan.

Acara yang juga dihadiri dan dibuka langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo, Hj. Rukmini Buchori ini digelar dengan tema Dengan Semangat Perjauangan R.A. Kartini, Kita Tingkatkan Prestasi dalam Menghadapi Dunia Global. Dalam kesempatan tersebut, Rukmini Buchori mengungkapkan kebanggaanya terhadap anak-anak SDK Mater Dei yang telah turut memupuk semangat persatuan dan kesatuan juga pelestarian kebudayaan daerah lewat pawai budaya yang digelar pagi itu.

“Sebagai seorang perempuan dan juga seorang ibu, saya sangat bangga terhadap putra-putri kita ini, putra-putri Kota Probolinggo, penerus gerenasi bangsa. Khususnya pagi ini, saya bangga berada bersama dan melihat putra-putri SDK Mater Dei yang tidak malu untuk menunjukkan kecintaaannya terhadap bangsa Indonesia dengan berbusana daerah” ujar Rukmini Buchori yang juga menjabat sebagai anggota DPR RI dalam sambutannya.

Lebih lanjut Rukmini Buchori pun berpesan kepada para ibu orang tua wali murid yang hadir pagi itu, bahwasannya kemerdekaan yang telah diperjuangkan oleh para pahlawan bangsa, khususnya emansipasi dan peranan perempuan yang telah diperjuangkan oleh Ibu Kartini janganlah diacuhkan begitu saja. Hendaknya para ibu dapat selalu mengisinya dengan kegiatan yang positif yang berguna bagi perkembangan dan pendidikan putra-putri mereka.

Acara pagi itu pun dilanjutkan dengan penampilan bakat dari para anak didik SDK Mater Dei dalam bentuk fashion show, menyanyi dan band.

Sebenarnya peringatan Hari Kartini yang diadakan oleh SDK Mater Dei ini adalah rangkaian acara yang sudah dilaksanakan sejak 8 April lalu. Dalam rangkaian acaranya, SDK Mater Dei juga menggelar lomba melukis, mewarnai, dan juga komputer untuk tingkat Taman Kanak-Kanak se-Kota Probolinggo.

“Acara dalam rangka peringatan Hari Kartini ini kami laksanakan dalam 2 (dua) hari. Kalau kemarin (8/4) lomba-lombanya, hari ini (9/4) perayaannya.” Jelas Yohanes Suyanto, S.Pd, SD., Ketua Panitia Peringatan Hari Kartini SDK Mater Dei.

Rangkaian acara ini pun ditujukan untuk memberikan kesempatan bagi para peserta anak didik dalam mengembangkan bakat dan juga telentanya yang dibuktikan dengan digelarnya juga pameran robot hasil kreasi siswa-siswi SDK Mater Dei. (stebby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: