DINAS PENDIDIKAN MENGUKUHAN KKTAS KEC. KANIGARAN


Berbicara tentang tenaga administasi sekolah, baik tenaga administrasi akademik maupun non akademik, tentunya sangat kompleks. Profesi Tenaga Administrasi Sekolah senantiasa masih dipandang sebelah mata oleh beberapa pihak (baca: guru), padahal tugas dan tanggung jawab mereka sama berat dan pentingnya kesuksesan proses belajar mengajar di sekolah. Beban kerja, tanggung jawab dan kinerja sebagai tenaga administrasi sekolah harus senantiasa mereka tunjukkan, dalam artian tenaga administrasi sekolah senantiasa dituntut untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan tepat waktu dan tingkat validasi yang sangat tinggi.

Menjawab dan menyikapi tantangan itulah, kemarin (5/4), pukul 08.00 WIB, Dinas Pendidikan Kota Probolinggo melantik dan mengukuhkan Kelompok Kerja Tenaga Administrasi Sekolah (KKTAS) Kec. Kanigaran Kota Probolinggo 2011-2014.

Acara yang digelar di ruang Aula Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, Jl. Basuki Rahmat 20A, ini dihadiri oleh Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Probolinggo, Asin, S.Pd.I, M.M, yang saat itu mewakili Kepala Dinas, Drs. Endro Suroso, M.Si. yang berhalangan hadir, juga sekitar 35 tenaga administrasi sekolah beserta kepala sekolah yang berada di wilayah Kec. Kanigaran, Kota Probolinggo.

“Dinas (Pendidikan, red.) memandang KKTAS ini sebagai suatu wadah komunikasi yang sangat penting. Terutama dalam hal penyebaran informasi dan data-data yang up to date. Baik intern antar tenaga administrasi maupun ekstern kepada masyarakat luas.” Ujar Asin dalam sambutannya.

Lebih lanjut, Asin pun menjelaskan harapannya agar kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kota Probolinggo dapat mencontoh langkah positif yang telah dilakukan oleh KKTAS Kec. Kanigaran.

“Kanigaran ini yang pertama. Harapannya, di kecamatan-kecamatan yang lain bisa terwujud juga KKTAS. Lihatlah atau belajarlah dari apa yang dibicarakan bukan pada siapa yang berbicara.” Lanjut Asin di hadapan para undangan yang hadir pagi itu.
KKTAS Kec. Kanigaran memang dibentuk sebagai perpanjangan tangan Dinas Pendidikan Kota Probolinggo untuk memfasilitasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para tenaga administrasi sekolah di wilayahnya (baca: Kec. Kanigaran) dengan tujuan sebagai wadah atau forum diskusi yang membawahi tenaga administasi sekolah dan sekaligus sebagai perwujudan harapan dari lahirnya tenaga administrasi sekolah yang profesioal dan kompeten.

Saat ditemui Suara Kota setelah acara pelantikan dan pengukuhan, Ketua KKTAS Kec. Kanigaran Feri Riyandoyo, Am.Pd. mengungkapkan kepada Suara Kota mengenai Misi KKTAS.

“KKTAS Kec. Kanigaran dibentuk dengan misi melaksanakan tata kelola administrasi sekolah yang berbasis pada 4 (empat) kompetensi, yakni: Kompetensi kepribadian, Kompetensi Sosial, Kompetensi Teknis dan Kompetensi Manajerial melalui bergagai suber daya, integritas proses dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).” Jelas Feri.

“Sebagai wujud nyata, dalam waktu dekat kami akan membuat website / blogspot yang memudahkan anggota, tenaga administrasi sekolah mengakses informasi terbaru.” Pungkas Feri kepada Suara Kota.

Dengan visi totalitas dalam minimalis, KKTAS Kec. Kanigaran akan berusaha semaksimal mungkin mewujudkan peningkatkan profesionalitas dan kinerja serta dapat meminimalisasi kesalahan bekerja lewat beragam program dan pelatihan yang akan mereka laksanakan. (stebby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: