MUDA: KESUKSESAN ADALAH KEBERANIAN UNTUK MEMULAI DARI NOL


Kesuksesan adalah keberanian untuk memulai dari nol. Mungkin seperti itulah pelajaran yang dapat kita petik dari kehidupan Muda, 42, seorang mantan petinju professional di era 70-an.

Kanser Muda di depan sebuah karya reliefnya yang terbuat dari "ban bekas"

Bagaimana tidak, setelah karirnya di tinju mandeg akibat cidera yang dialaminya pada sebuah pertandingan, mantan petinju yang berjuluk Kanser Muda ini tak patah semangat meski harus banting setir menjadi kondektur di sebuah perusahaan otomotif di Probolinggo.

Pekerjaan barunya sebagai kondektur pun harus terhenti di tahun 1998 akibat resesi. Namun sekali lagi, laki-laki yang telah memiliki 2 anak dari hasil pernikahannya dengan Ana Sundusia ini, tak putus asa. Mengembangkan hobby lukisnya yang dia mulai sejak duduk di bangku sekolah dasar, Muda mengawali karier barunya sebagai pelukis dengan menerima pesanan pembuatan relief pada tembok atau kolam dari kenalannya.

“Pokoknya bisa dibuat makan dan menyambung hidup sehari-hari.” Ujar warga Curah Grinting yang tinggal di pertigaan antara jalan Kapuas dan Ki Hajar Dewantoro ini kepada Suara Kota.

Kanser Muda di tengah kesibukannya melukis

Nasib memang tak selalu ada di atas dan kehidupan sebagai seorang pelukis tak membuatnya hidup berkecukupan sehingga selain menerima pesanan lukisan, Muda pun bekerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Disinggung soal cita-citanya semasa kecil, lelaki yang saat ini mendalami profesinya di lukisan relief berseloroh bahwa dirinya ingin menjadi tentara.

alat lukis Muda yang terbuat dari suluh bambu muda sebagai pengganti kuas

“Cita-cita saya menjadi tentara. Tapi karena biaya ga ada, akhirnya ya cita-cita itu harus kandas.” Jawab Muda.

Uniknya, di tengah segala kekurangan dan keterbatasannya, Muda dapat memanfaatkan beragam bahan yang ada di sekitarnya untuk menyelesaikan sebuah lukisan pesanannya. Untuk membuat sebuah lukisan khasnya yang berupa relief dari bahan karet ban bekas, Muda mampu memanfaatkan teknik percampuran warna dan batang bambu yang masih muda untuk pengganti kuas. (stebby)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: