ANDA AKAN MENJADI KRISTEN ORTHODOKS KARENA LAHIR DI DAMASKUS


Anda akan menjadi Kristen Orthodoks karena lahir di Damaskus pada abad ke 4 dalam era Kristen. Bila anda lahir beberapa waktu kemudian di tempat yang sama, anda juga menjadi Kristen, tapi mungkin Kristen Monofisit. Bila anda lahir beberapa ratus tahun lagi di tempat itu pula, anda jadi Muslim dengan nama depan Ahmad, Muhammad, atau Abdul. Dan bila anda lahir pada abad ke 2 Hijriah, jadilah anda Muslim Ahlus Sunnah wal Jamaah. Tapi kalau anda lahir beberapa ratus tahun lagi, anda jadi pengikut Imam Syiah. Sama halnya bila anda lahir di Amsterdam tahun 1500, anda menjadi pemeluk Katholik Roma. Tapi bila anda lahir seratus tahun kemudian, anda seorang Protestan.

Rumusan yang nakal tapi penuh humor itu memang belum tentu benar sepenuhnya. Tapi Arnold Toyn Bee yang punya rumusan itu telah menyadarkan kita bahwa sebagian besar orang menganut agamanya tanpa harus melewati pergulatan dengan berbagai keyakinan. Dalam rumusan lain kebanyakan kita ini menganut suatu agama secara kebetulan, atau karena keturunan, atau karena takdir.

Beruntunglah kita karena secara kebetulan berada di tengah-tengah masyarakat beragama. Dan beruntunglah kita karena juga dilahirkan dari keluarga yang beragama. Dan begitu pula beruntunglah kita karena ditakdirkan sebagai orang yang beragama.

Serba memperoleh keberuntungan itu tentu saja perlu kita syukuri dengan meningkatkan kualitas keberagamaan kita (meningkatkan keimanan) secara pribadi, keluarga kita, serta masyarakat kita. Serta menjalin kerukunan dengan saudara-saudara kita yang lain yang tidak seagama dengan kita.

ALANGKAH INDAHNYA KEHIDUPAN BERAGAMA KITA, APABILA KITA SEMUA MENGHAYATI AGAMA KITA MASING-MASING TANPA HARUS MEMPERSOALKAN APAKAH ORANG LAIN ITU SALAH MEMILIH AGAMA ATAU MADZHAB YANG BERBEDA.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: