PERESMIAN KANTIN KEJUJURAN DI SDN MANGUNHARJO 6


“Kejujuran adalah modal awal kedisiplinan, dan kedisiplinan adalah awal dari keberhasilan.” Begitulah petikan amanat yang disampaikan oleh Wakapolsek Mayangan, AKP Triyono Susanto, S.Pd. dalam Upacara Bendera sekaligus Peresmian Kantin Kejujuran yang berlangsung Senin kemarin (24/1) di SDN Mangunharjo 6 Kota Probolinggo.

Upacara bendera yang dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB tersebut memang merupakan salah satu agenda spesial yang kembali digelar oleh SDN Mangunharjo 6 di awal tahun ini. Tujuannya, tak khayal, adalah untuk membangun karakter anak khususnya pola perilaku kejujuran anak didik melalui kantin.

Dalam amanatnya, AKP Triyono juga menjelaskan sekikit tentang arti dan makna salam. “Salam itu adalah doa. “Jadi mau tidak saya doakan?” Tanya AKP Triyono kepada para peserta upacara yang kontan saja dijawab “Maauuu….” secara serempak oleh siswa-siswi SDN Mangunharjo 6 tersebut.

AKP Triyono, yang dalam kesempatan upacara pagi itu menggantikan Kapolsek Mayangan, AKP Kasman, SH.,  juga mengungkapkan kebahagiaannya karena pagi ini diberi kesempatan untuk mengungkapkan apa yang selama ini ada di hatinya.

“Saya dulu juga guru. Pernah mengajar. Saya berterimakasih atas kesempatan yang sudah diberikan kepada saya pagi ini. Terima kasih karena dapat tanggung jawab dari pimpinan untuk dapat menekspresikan apa yang selama ini ada di hati saya.” Ujar polisi yang pernah mengajar di SMP Islam Tajinan dan SMP PGRI Malang ini.

Saat Suara Kota bertanya lebih lanjut mengenai apa yang sebenarnya menjadi kerinduan hatinya, AKP Triyono mengungkapkan bahwasannya dirinya ingin agar profesi sebagai seorang polisi tersebut bisa benar-benar menjadi pelayan masyarakat.

“Polisi ada di mana-mana. Polisi sahabat masyarakat.” Ungkap Triyono.

Lebih lanjut, AKP Triyono juga menyampaikan bahwasannya kejujuran bukan hanya teori tapi juga harus diimplementasikan.

“Dan melalui kantin kejujuran ini, saya berharap para siswa dapat melatih kepribadian. Sikap dan perilaku yang jujur.” Harap polisi murah senyum ini dengan tegas.

Upacara yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, termasuk juga para orang tua wali murid anggota Komite Sekolah, pagi itu menjadi lebih spesial dengan kehadiran para mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dari STKIP PGRI Pasuruan. Kehadiran para mahasiswa STKIP PGRI Pasuruan ini, sebagai bagian dari peserta upacara adalah untuk me-launching sebuah program pendidikan dan pengajaran tambahan Bahasa Inggris yang akan mereka ajarkan kepada siswa-siswi SDN Mangunharjo 6 pada jam pelajaran ke-0 (baca: pukul 06.00 WIB) bertajuk English Breakfast.

Firani Alivia Raakhmi, perwakilan dari STKIP PGRI Pasuruan yang didaulat sebagai koordinator oleh kawan-kawannya menjelaskan bahwa tujuan mereka adalah mempraktekkan secara langsung ilmu yang sudah mereka dapat di tempat perkuliahan.

“Kegiatan ini punya dua tujuan. Kalau dari kami, agar ilmu yang kami terima saat kuliah itu tidak hanya berhenti di kampus atau kelas-kelas perkuliahan saja. Bisa dipraktekkan, diaplikasikan secara langsung. Bener-bener ngajar. Dan rupanya hal itu mendapat lampu hijau dari Pak Agus Lithanta (baca: Agus Lithanta, S.Pd., M.Pd., Kepala Sekolah SDN Mangunharjo 6). Beliau ingin agar anak didiknya tidak hanya pandai secara teori tapi juga prakteknya. “ Jelas Fira, panggilan Firani Alivia Raakhmi.

Selepas upacara bendera, sekitar pukul 07.45 WIB, AKP Triyono kemudian didaulat oleh Agus Lithanta untuk meresmikan Kantin Kejujuran yang kemudian diikuti oleh segenap warga sekolah yang hadir saat itu. Tak hanya itu saja, sebagai salah satu sekolah adiwiyata di Kota Probolinggo yang namanya sudah terkenal di tingkat nasional ini, tentu tak afdol kalau tidak mengadakan kegiatan penanaman pohon. Agus Lithanta kemudian mengajak AKP Triyono dan beberapa perwakilan  mahasiswa STKIP Pasuruan untuk melaksanakan penanaman pohon palem di halaman depan SDN Mangunharjo 6.

Berbicara soal penanaman pohon, sekolah asri yang terletak di jalan Basuki Rahman ini, juga telah mengadakan aksi penanaman pohon bersama dengan sekitar 80 orang warga dan staff Kel. Mangunharjo RW. 5 di awal tahun (15/1) dalam rangka Hari Pencanangan Gerakan 1 Juta Pohon yang setiap tahunnya diperingati pada tanggal 10 Januari. Harapannya, tentu agar semakin banyak warga masyarakat yang peduli terhadap pelestarian lingkungan dan menjadikan Kota Probolinggo ini kota yang sehat. (stebby)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: